Posisi Anda
Home > Nasional > 3 Pilihan Mudah Cara Pengaduan Listrik Bagi Masyarakat Desa

3 Pilihan Mudah Cara Pengaduan Listrik Bagi Masyarakat Desa

Cara Pengaduan Listrik

Nasional – Cara Pengaduan Listrik bagi masyarakat yang tinggal di desa bisa dilakukan antara lain dengan 3 cara yang cukup mudah dan murah.

Masyarakat dulu seringkali mengeluhkan pelayanan berbagai lembaga di Indonesia begitu lama dan juga ribet. Sistem birokrasi mebuat segala proses pelayanan berberlit-belit. Harus pergi kesana kemari. Belum lagi tahapan yang dilakukan sering bertele-tele dengan sumber informan yang tidak jelas.

Namun, sekarang ini keluhan tersebut kian lama semakin berkurang seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan cepat.

Hal itu pun menyebabkan pelayanan bisa berlangsung dengan cepat. Prosesnya tidak lagi ribet dan tahapannya pun ringkas. Termasuk masalah cara pengaduan listrik di daerah perdesaan.

Berbicara mengenai listrik, bisa dibilang listrik bak sebuah kebutuhan pokok. Masyarakat akan merasa sulit ketika hidup tanpa listrik. Apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa hidup dengan segala peralatan yang memerlukan suplai listrik.

Pemerintah juga telah berusaha mengatasi masalah kebutuhan listrik dalam negeri dengan menarik investor asing. Seperti langkah yang dilakukan Menteri Desa Bicarakan Investasi Dari Malaysia Mengatasi Listrik.

Masalah listrik bisa memberi dampak buruk berupa masalah baru yang lain. Misalnya saja, kehidupan perindustrian jadi terhambat ketika ada masalah listrik. Produksi bisa menurun dan perusahaan mengalami kerugian karenanya.

Selain itu khusus bagi masyarakat desa yang memiliki Usaha kecil atau industry rumahan (Home Industry) tentunya ini sangat merugikan.

Jadi, masalah listrik harus segera diadukan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini bertujuan supaya jalan keluar bisa segera dicari, hingga tak alami kerugian yang berarti.

Sebelum berlanjut kepada topik cara pengaduan listrik bagi masyarakat di desa mungkin sedikit kami beri pengetahuan mengenai keberadaan perusahaan listrik yang ada di Negara kita.

PLN adalah sebuah lembaga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa energi listrik. Sejak tahun 1972, PLN telah disahkan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK). Tentunya tugas utama PLN menyediakan suplai listrik bagi kepentingan umum. Lambat kaun, kebijakan pemerintah melonggar hingga memberi izin bagi pihak swasta untuk terlibat di dalam PLN. Alhasil, sejak lebih kurang 24 tahun lalu, yakni pada tahun 1994, PLN yang semula merupakan Perusahaan Umum kemudian diubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) sekaligus juga PKUK bagi suplai listrik ke seluruh penjuru negeri.

Kehadiran PLN membantu para penduduk di seluruh pelosok negeri ini selaku pelanggan bisa merasalan manfaat dari listrik. Segala aspek dalam kehidupan pelanggan, khususnya yang berbasis teknologi, sangat terbantu dengan suplai listrik yang diberikan.

Otomatis kalau listrik bermasalah, maka pengaduan harus segera diajukan kepada PLN selaku pihak utama yang terkait. Jika sebelumnya masyarakat kerap mengalami kesulitan dengan proses pelayanan yang diberikan oleh PLN, namun kini hal tersebut telah bisa diminimalisasi.

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi berkembang semakin pesat. Alhasil, pelayanan PLN berbasis teknologi bisa berlangsung dengan begitu ringkas serta praktis.

Oleh karena itu, berikut ini kami berikan tips dan trik cara pengaduan listrik ke PLN supaya bisa selesai dengan mudah dan cepat.

Cara 1–Pengaduan Melalui SMS

Pengaduan masalah listrik ke PLN kini tak perlu lagi dilakukan dengan mesti datang ke kantor PLN terdekat. Cukup ajukan pengaduan melalui pesan singkat dari handphone alias short message service (SMS). Telepon genggam alias hape yang diperlukan pun tak usah hape pintar layaknya sekarang telah banyak berkembang di peredaran.

Baca Juga :   Pengumuman Daftar Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemprov Riau 2016

Silahkan kirim sms dengan hape biasa saja, maka pengaduan masalah listrik ke PLN cepat dan mudah. Gimana cara melakukannya ? Ketik sms berisi INFO lalu kirim ke 0838 8888 123 terlebih dahulu supaya Anda mendapat info lanjutan terkait hal-hal berikut ini :
• Nomor rekening,
• Pelaporan listrik padam,
• Pengaduan berbagai masalah listrik, dan
• Informasi tagihan listrik bulanan yang berjalan.

Cara 2–Pengaduan Melalui Telepon

Bagi Anda yang tak nyaman jika pengaduan listrik dilakukan melalui lisan, maka Anda bisa mengajukan cara pengaduan masalah listrik ke PLN melalui telepon. Cara melakukannya tak kalah mudah dibadingan pengaduan melalui sms, yaitu dengan telepon ke nomor 123.

Cara lebih detail untuk melakukan pengaduan, yaitu hubungilah dengan gunakan kode telepon sesuai area Anda. Misalnya, Anda bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek kodenya 021, maka Anda hubungi “021-123”. Sementara contoh lain untuk wilayah Sumatera Utara kodenya 061. Jadi, tekan nomor “061-123”

Telepon Anda akan tersambung ke operator PLN yang mana pihak tersebut akan memberikan arahan lebih lanjut terkait pengaduan masalah listrik maupun bentuk pelaporan lainnya. Tugas Anda hanya perlu mengikuti seluruh arahan yang diberikan si operator supaya tersambung ke pihak yang terkait masalah listrik Anda.

Cara 3–Pengaduan Secara Online

Cara pengaduan listrik berikutnya adalah dengan memanfaatkan internet atau online. Ajukan pengaduan secara online sangat cocok bagi Anda yang tak ingin keluarkan banyak pulsa alias mau gratisan. Anda bisa saja andalkan sumber wifi terdekat. Jika tak ada wifi, cukup gunakan sedikit kuota internet Anda untuk pengaduan ini.

1. Anda bisa mengadu melalui website PLN. Isi formulir yang terletak pada menu kontakdi sisi kanan atas halaman situs PLN. Selepas mengisi formulir, pengaduan masalah listrik yang Anda ajukan akan segera diproses untuk didapatkan solusinya.

2. Pengaduan juga bisa melalui berbagai lini masa alias media sosial (medsos) yang aktif dan resmi dikelola oleh PLN. Cukup kirim pesan singkat pada medson PLN berikut ini, maka pengaduan akan segera diproses lebih lanjut.

Kelebihan utama pelayanan PLN ini untuk proses pengaduan adalah layanan kontak berlangsung selama 24 jam. Jadi kapan pun Anda perlu melakukan pengaduan, maka layanan kontak PLN dalam medsos sangat cocok untuk Anda pilih.

 Email : pln123@pln.co.id
 Twitter : @pln_123
 Facebook : PLN 123

Aplikasi berbasis online ini dapat melayani para pelanggan tanpa perlu repot pergi ke kantor PLN. Kemudahan pelayanan yang diberikan antara lain keluhan dan pengaduan pelanggan.

Selain itu, pelanggan juga dapat mengakses pengajuan penambahan maupun pengurangan daya, penyambungan listrik sementara, maupun bentuk informasi pelanggan lainnya.

Baiklah, masyarakat desa pun tak boleh gagap teknologi supaya prihal cara pengaduan listrik ke PLN bisa terasa lebih mudah dan cepat. Semoga tips yang kami berikan bisa membantu Anda.

Selain itu informasi tentang Cara Pengaduan Listrik Jika Pembayaran Tagihan Anda Naik ini mungkin perlu juga anda baca. (Ev0)

3 Pilihan Mudah Cara Pengaduan Listrik Bagi Masyarakat Desa was last modified: May 12th, 2018 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Daftar Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri Tahun 2018 Bagi Siswa SLTA Nasional – Bagi siswa yang sedang duduk di kelas 3 saat ini bisa ikut mendaftar peluang Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri untuk kuliah tahun 2018. Ini merupakan kesempatan emas untuk adik-adik yang ingin...
Beasiswa Kuliah S2 Gratis program Bantuan dana pendidikan di Jepang Beasiswa, Nasional - Beasiswa kuliah S2 untuk mendapatkan gelar Magister semakin banyak di incar oleh masyarakat. Kuliah gratis dengan program beasiswa penuh ini sangat didambakan bagi mereka yang ing...
Ini Syarat Beasiswa Kuliah S1 Di Malaysia 2018, Segera Daftar Nasional, Pendidikan – Mau kuliah di Malaysia ? Syarat beasiswa S1 untuk pedidikan tinggi di negeri Jiran ini bisa dijadikan pilihan. Namun anda harus segera daftar agar cepat di terima jadi mahasiswa...
Inilah 9 Komitmen Propinsi Riau Untuk Cegah Korupsi Di Setiap Kabupate... Nasional - Pemerintah propinsi Riau baru-baru ini mengadakan kesepakatan bersama antar Kabupaten dan Kota dalam rangka memberantas terjadinya tindak pidana korupsi di masing-masing daerah. Acara Ra...
Do’a Kamilin Setelah Sholat Tarawih Alhamdulillah... Kita bersyukur kepada Allah SWT karena pada tahun ini Allah SWT telah berikan rahmat kepada kita berupa umur panjang sehingga bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan 1435 H. Dimana...

Leave a Reply

Top