Posisi Anda
Home > Teknologi > 3 Template Website Desa Keren Dan Responsive Yang Perlu Anda Coba

3 Template Website Desa Keren Dan Responsive Yang Perlu Anda Coba

Template Website Desa

Tekno Desa – Mencari template website desa yang keren dan bagus itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena sebenarnya semua template web atau blog bisa digunakan.

Dibilang susah karena kebanyakan template website desa yang ada, tampilannya cukup sederhana. Bahkan kurang enak untuk dilihat.

Tetapi sebenarnya bagus tidaknya tampilan template website untuk portal desa tergantung bagaimana anda mengatur tata letaknya saja. Coba baca Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintah Desa #1.

Jika anda mau sedikit berimprovisasi, template apa saja bisa di terapkan untuk website desa. Baik tema blog seperti blogger, cms wordpress, joomla dan lain-lain.

Nah yang paling penting adalah bagaimana anda memahami struktur sebuah interface dari tema web desa yang anda inginkan.

Dan pada dasarnya membuat website untuk desa itu sama saja dengan membuat website pada umumnya. Maksudnya ada halaman statis, ada halaman dinamis dan ada widget-widget tertentu.

Sebelum kita sampai pada pembahasan 3 template website desa yang keren dan responsive, disini sedikit kami berikan gambaran bagaimana memahami struktur sebuah blog atau website untuk desa.

Supaya anda nantinya bisa mengatur dan menata posisi atau letak komponen-komponen yang akan anda tampilkan di blog desa tersebut.

Struktur atau bagian yang perlu kita tuangkan di website desa antara lain :
– Profile Desa, Ini gambaran secara umum tentang pemerintahan desa.
– Kelembagaan Desa seperti Karang Taruna, PKK, Linmas, Bumdes dan lain-lain.
– Pelayanan yang ada di Desa, misalnya surat-menyurat, layanan social, kesehatan teknologi dan lainnya.
– Data Desa, Data desa ini banyak sekali. Seperti kependudukan, pembangunan, keuangan, inventaris dan lainnya.
– Regulasi, Ini juga perlu kita tampilkan. Seperti Perdes dan aturan-aturan yang terkait dengan program dan pelayanan yang ada di desa.

Itu beberapa gambaran singkat saja. Selebihnya bisa anda gali sendiri dan pelajari semua komponen dan bagian yang ada di desa agar mudah menuangkannya sebagai menu atau widget blog desa.

Oke, kembali lagi kepada template website desa yang keren dan responsive di atas, disini kami berusaha untuk browsing keliling guna melihat tampilan-tampilan interface dari berbagai web desa yang ada di internet.

Dan hasilnya adalah 3 template yang bagus dan keren menurut versi kami dan bisa anda jadikan rujukan untuk membuat website desa anda.

Berikut 3 Template Website Desa yang cantik alias keren dan juga responsive :

1. Desa Pedekik.

Coba anda lihat webnya di laman : www.pedekik.desa.id.

Nah, bagaimana tanggapan anda? Bagus kan ? Web desa pedekik tersebut di buat menggunakan CMS WordPress.

Jika di lihat pada halaman homepage tak ubahnya seperti tampilan untuk website company profile. Menu-menu yang ada pun terbilang lengkap. Halaman depannya dibuat tanpa kolom sidebar.

Yang kelihatan keren adalah cara mengimplementasikan modul atau widget menjadi kelihatan menarik dan serasi.

Coba anda lihat cara menampilkan widget visi misi di halaman hompage nya. Terkesan lain dari yang lain. Sangat Inovatif dan kreatif. Juga widget kata sambutan dari Sekdes nya.

Pada website atau blog desa lain juga banyak di tampilkan widget kata sambutan dan visi misi. Namun tampilan nya sangat sederhana.

Selain itu di halaman profile perangkat desa juga terdapat fitur animasi yang keren. Gak percaya, cek aja di Menu Profile – Pemerintahan desa – Perangkat Desa.

Kemudian anda letakkan kursor anda pada gambar-gambar perangkat dan staff. Akan muncul tampilan animasi yang ciamik.

Template website desa pedekik ini memiliki banyak fitur, modul dan layout yang elegant, keren serta responsive. Kita tinggal mengatur tata letak dan penggunaan sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga :   Teknologi Produk Sharp Terbaru, Kulkas Berlapis Emas

Disamping bawaan temanya memang bagus, karena menggunakan blog CMS wordpress, maka bisa di tambah dengan plugin-plugin wordpress untuk melengkapi dan menutupi fasilitas yang terasa kurang.

Untuk lebih puasnya silahkan anda kunjungi sendiri website desa pedekik dan buka-buka fitur apa saja yang ada dan terpasang di setiap halaman web tersebut.

2. Desa Simpang Ayam.

Silahkan lihat web nya di laman http://simpangayam.desa.id.

Website desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis ini juga memiliki tema yang keren. Sepertinya tema desa ini menggunakn framework PHP Codeigniter (CI).

Di halaman depan juga menampilkan modul kata sambutan, Video desa, arsip berita dan slider yang tertata dengan rapi. Template ini mengusung tema minimalis responsive.

Modul yang tertanam dalam template desa simpang ayam ini antara lain modul statistic, agenda, struktur perangkat desa dan modul lainnya yang cantik dan memang di butuhkan untuk website desa.

Selain itu dibagian back end dashboard admin juga memiliki struktur tema yang tidak kalah menarik. Karena menggunakan template boostrap yang ramah handphone dan tidak membosankan.

Sehingga bagi operator website desa yang masih pemula cukup mudah untuk mempelajari bagaimana cara mengolah website desa nya. Walaupun operatornya tidak memiliki background pengetahuan blog.

3. Template Desa WP-Ndeso.

Demonya bisa anda lihat di http://wpndeso.com/.

Ini jelas merupakan template desa WordPress yang memang di rancang untuk kebutuhan tema web desa. Bagi anda yang sudah familiar dengan blog wordpress tentu bisa menggambarkan bagaimana struktur php dari CMS opensource yang terkenal ini.

Yang membuat tema ini termasuk kategori bagus dan keren karena di lengkapi dengan widget-widget untuk kebutuhan desa. Seperti laporan keuangan, informasi pembangunan, pengumuan dan editorial Kades.

Karena menggunakan wordpress, biasanya banyak plugin tersedia yang bisa digunakan gratis untuk melengkapi fitur yang terasa kurang lengkap.

Seperti menampilkan grafik statistic, struktur perangkat, dan juga peta desa. Semua bisa memanfaatkan plugin wordpress.

Jadi itulah beberapa template website desa yang keren dan responsive untuk anda jadikan rujukan dalam membuat blog resmi desa.

Dari ketiga tema diatas yang jelas masih banyak tema atau template lain yang bagus dan sesuai untuk di terapkan pada portal resmi desa anda.

Yang penting intinya anda mau sedikit berimprovisasi agar interface nya kelihatan elegant. Terutama di halaman depan.

Kalau memang menginginkan yang benar-benar keren dan lengkap anda bisa membeli template premium. Namun bukan hanya sekedar tampilan dari website desa nya yang keren.

Yang sangat penting sekali adalah informasi yang disajikan dalam web tersebut. Kalau bisa selalu di update dan benar-benar bisa menjadi informasi bagi masyatakat desa dan mendukung transparansi dana desa.

Sebab pemerintah saat ini sedang menggenjot pembangunan desa melalui dana desa yang di transfer setiap tahun untuk mendorong agar desa-desa di Indonesia jadi desa mandiri.

Bahkan pemerintah akan melakukan pendataan potensi desa pada bulan mei ini untuk menentukan status dan kategori setiap desa yang ada di nusantara.

Jadi website desa anda juga harus segera anda selesaikan atau di maksimalkan pengelolaannya. Supaya desa anda bisa tergolong kategori desa mandiri atau desa maju.

Untuk itu coba fahami Maksud Kategori Desa Berkembang, Maju, Mandiri Dan Tertinggal. (Ev0)

3 Template Website Desa Keren Dan Responsive Yang Perlu Anda Coba was last modified: April 26th, 2018 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

5 Cara Mencegah Banjir Secara Alami Di Desa Dan Kota Indonesia Teknologi – Cara mencegah banjir dengan biaya paling murah dan mudah tentunya bisa dilakukan secara alami dan lebih baik ketimbang menggunakan teknologi yang mahal. Banjir menjadi persoalan yang pe...
Google Diboikot Perusahaan Ternama Gara-gara Konten ini Teknologi, Pedekik.com - Sejumlah perusahaan ternama melakukan pemboikotan terhadap google. Bahkan pemerintah Ingggeris juga ikut melakukan somasi tersebut. Hal ini tentu sedikit banyak menurunkan nam...
Begini Ternyata Cara Hacker Meretas Laptop Anda Teknologi - Para peretas di internet selalu berusaha menggunakan berbagai cara untuk menghacker perangkat orang lain. Tanpa kita sadari trik yang mereka gunakan terkadang cukup sederhana. Dan peluang ...
Mengenal Teknologi Baru Produksi Garam Dengan Ulir Filter Geomembran Info Tekno – Teknologi Baru Produksi Garam dengan cara Ulir Filter Geomembran merupakan inovasi peningkatan produk garam rakyat yang mulai banyak dikembangkan. Sekitar pertengahan tahun 2017 yang l...
Teknologi Terbaru, Gedung Pencakar Langit Ternyata Bisa Dibangun Hanya... Seorang arsitek bernama Greg Lynn berpendapat bahwa untuk masa yang akan datang gedung-gedung pencakar langit di dunia bisa di bangun hanya dengan menggunakan perekat atau lem. Bangunan - bangunan tin...

Leave a Reply

Top