Posisi Anda
Home > Bisnis > 5 Dasar Panduan Membuka Usaha Bagi Pemula Menuju Sukses

5 Dasar Panduan Membuka Usaha Bagi Pemula Menuju Sukses

panduan membuka usaha

Bisnis, Pedekik.com – Pengetahuan dasar tentang bisnis sebagai panduan membuka usaha mestilah anda pelajari sebelum memulai bisnis. Khususnya bagi pemula yang ingin usahanya berkelanjutan menuju sukses.

Ketahuilah ! Tidak ada kata sukses bagi seseorang melainkan ia mengetahui ilmunya. Anda bisa cari di dunia ini orang sukses tanpa ilmu dibidang yang ia terjuni. Seorang menanam padi di sawahpun harus tahu tentang ilmu nya menanam padi. Apalagi untuk terjun ke bisnis.

Hanya saja ada yang ilmu itu di dapat dari belajar terlebih dahulu, ada yang hanya melihat dan mendengar, ada juga yang hanya membaca buku atau internet dan ada yang belajar sambil praktek. Paling tidak pun pengetahuan paling dasar sudah ia ketahui terlebih dahulu.

Begitu juga jika anda ingin membuka suatu usaha. Cari informasi dulu sebagai dasar pegangan anda sebelum melangkah. Walaupun nantinya pengetahuan dasar itu akan berbeda di lapangan ketika sudah di praktekkan.

Disini akan kami paparkan mengenai pengetahuan dasar yang bisa menjadi panduan membuka usaha bagi anda yang ingin menjalani bisnis sebagai sumber penghasilan dalam hidup anda.

Dari lima dasar pengetahuan tentang seluk-beluk bisnis ini, walaupun nantinya anda tidak menguasai secara detail, paling tidak anda sudah kenal dan bisa mendeteksi sejak dini dimana kelemahan dari bisnis yang anda jalankan.

Inilah 5 pengetahuan dasar yang perlu anda ketahui sebagai panduan untuk membuka usaha bagi pemula yang ingin sukses :

Baca Juga :   Cara Meyakinkan Calon Pembeli Online Agar Bisnis Di Internet Jadi Laris Dan Terpercaya

1. Kenali Produk Yang Anda Jual

Produk merupakan syarat anda untuk berbisnis. Taka ada produk berarti tak ada bisnis. Walaupun produknya jenis jasa, tetap saja produk namanya. Untuk itu kenali dan kuasai produk anda. Pelajari seluk beluk produk anda secara detail antara lain : Bahannya, Sumbernya, Manfaat, Kekurangannya, Kelebihan, Perbandingan dengan produk lain, Cara menggunakan, dan banyak lagi.

Langkah pertama yang paling tepat, gunakan sendiri produk anda terlebih dahulu. Dan anda bayangkan seandainya anda menjadi konsumen atau pembeli. Respon apa kira-kira yang akan di lakukan atau dirasakan konsumen.

2. Pelajari Target Konsumen

Panduan dasar berikutnya, pelajari dan kenali karakter serta spesifikasi target anda. Jika pelanggan atau konsumen anda berasal dari berbagai kalangan, kelompokkan ia menjadi beberapa kelompok. Misalnya dari aspek usia, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Dengan menguasai karakter terhadap segmen pasar yang kita bidik akan mempermudah dalam kita membuat inovasi dan menawarkan produk tersebut. Kita akan tahu apa sebenarnya yang mereka butuhkan. Kapan, bagaimana dan mengapa mereka harus membeli produk kita.

3. Intip Komparator Bisnis yang Sama

Saat ini agak sulit mencari ide bisnis yang benar-benar orisinil. Belum pernah dibuat orang misalnya, tidak ada di daerah anda atau menemukan produk dan metode yang benar-benar baru. Jadi bagi pemula cukup menambahkan nilai plus pada produk atau jasa anda.

Baca Juga :   Tips Menjalankan Bisnis Laundry Dan Cara Naikkan Omsetnya

Oleh karena itu sebagai pemula dalam memulai usaha, intip bisnis kompetitor anda. Buat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan mereka. Pelajari dan ketahui bagaimana mereka mengelola bisnisnya.

Hal itu bisa dilakukan dengan berpura-pura menjadi konsumen mereka. Atau menyuruh orang lain untuk membeli dan menggunakan produk kompetitor tersebut. Jadikan kekurangan mereka sebagai kelebihan kita. Dan jangan pesimis dengan kelebihan yang mereka miliki.

Jika perlu tiru kelebihannya dan carikan solusi kekurangannya untuk kemudian kita tambahkan pada produk kita sebagai nilai plus.

4. Promosikan produk Anda dengan cara yang tepat

Panduan membuka usaha berikutnya yang perlu anda ketahui adalah cara anda mengenalkan produk kepada calon konsumen. Jualan tanpa promosi akan memperlambat produk anda dikenal orang.

Promosikan produk anda dengan cara menjual kelebihannya terlebih dahulu. Bukan harganya. Kalau bisa pakai cara yang unik agar calon pelanggan menjadi penasaran.

Perlu anda ketahui, promosi adalah mengenalkan produk pada konsumen. Jadi jika setelah promosi belum ada yang membeli, bukan berarti promosi anda gagal. Tapi butuh waktu.

Banyak cara yang bisa kita jadikan sebagai media promosi. Saat ini lagi trend promosi lewat media sosial. Namun kalau terus-terusan melihat jualan orang lain di dinding facebook kita, rasanya bosan juga. Bahkan kadang mendongkol. Oleh karena temukan cara yang promosi yang tidak menyinggung dan menyakiti orang lain.

Baca Juga :   Langkah Membuka Usaha Kue Basah Bagi Ibu Rumah Tangga Dan Trik Menjualnya

5. Kalkulasikan Kebutuhan dan Pengeluaran Awal

Untuk panduan ini cukup simpel dan mudah dilakukan. Namun begitu tetap harus di perhitungkan agar dalam memulai usaha bisa menggunakan anggaran dan modal se efisien mungkin.

Catat apa yang wajib di beli terlebih dahulu, mana yang merupakan kebutuhan prioritas, mana yang menjadi kebutuhan pendukung dan mana yang hanya sebagai pelengkap saja.

Tuliskan apa-apa saja yang merupakan aset tetap dan aset bergerak. Cari tahu dimana dan bagaimana cara mendapatkan kebutuhan awal tersebut dengan modal yang seminimal mungkin.

Wajib anda ingat ! Bagi pemula bisnis dalam memulai usaha, Jangan campurkan modal usaha anda dengan uang yang anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari anda.

Demikianlah 5 panduan membuka usaha bagi pemula yang harus anda ketahui walaupun secara dasarnya saja. Karena pengetahuan ini juga bisa anda pelajari sambil anda mulai menjalankan usaha.

Terakhir jangan anda tinggalkan berdoa untuk kesuksesan anda. Karena doa ini akan menanamkan rasa optimisme yang kuat pada diri anda. Dan bisa menjadi benteng jika usaha anda belum berhasil.

Selain 5 dasar panduan membuka usaha di atas ada baiknya anda juga mengetahui Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati. (pdk)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Jangan Remehkan 6 Jenis Usaha Jajanan Anak Sekolah Ini Walau Kelihatan... Usaha Jajanan anak sekolah yang dulu sering kita temukan kini mulai banyak dijual kembali. Ini membuktikan prospek jualan makanan ringan buat jajan anak sekolah juga cukup menjanjikan. Jajanan ana...
Tips Cara Mengetahui Investasi Ilegal Sebelum Menjadi Korban Bisnis, Pedekik.com - Di indonesia tidak sedikit jumlah koperasi yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Namun ternyata banyak pula koperasi yang menyalahi aturan dengan melakukan praktek bisnis ileg...
Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dengan Modal Minim, Bahkan Tanpa Modal Peluang Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa sebenarnya ada dimana-mana. Jika mau yang modalnya minim bisa mencoba bisnis online. Bagi pebisnis pemula, Anda mungkin terbatas pada anggaran yang ketat ke...
Berniat Mulai Bisnis Dari Nol? Ikuti 10 Langkah Sukses Ini Top Info Bisnis – Mulai Bisnis dari nol biasanya dipandang suatu permasalahan berat oleh kebanyakan orang. Untuk itu butuh langkah-langkah jitu agar bisa sukses. Apalagi mereka yang tidak memiliki ...
Solusi Menambah Modal Dagang Untuk Mengembangkan Usaha Tanpa Berhutang Solusi menambah modal dagang untuk mengembangkan sebuah usaha yang sudah berjalan paling baik dilakukan tanpa harus berhutang atau melalui pinjaman berjasa. Saat ini, memiliki bisnis pribadi sudah...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top