Posisi Anda
Home > Bengkalis > Antrian E-KTP di Disdukcapil Bengkalis Capai 6000 Lembar Lebih

Antrian E-KTP di Disdukcapil Bengkalis Capai 6000 Lembar Lebih

disdukcapil bengkalis

Bengkalis – Antrian KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis semakin hari semakin meningkat. Hal ini karena ketersediaan blangko E-KTP telah habis sejak bulan September 2016 Kemarin.

Kepala Disdukcapil Bengkalis melalui Sekretarisnya Nurfaridinsyah mengatakan bahwa saat ini Dinas Capil Kabupaten Bengkalis telah mengeluarkan sebanyak 6973 lembar Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik.

“Sejak blangko habis mulai September 2016 lalu sampai Maret ini sudah diterbitkan lebih dari enam ribu SKP, dan langsung ditandatangani pimpinan Disdukcapil,” ungkap Nurfaridinsyah sebagaimana dilansir bengkaliskab.go.id Rabu (22/3/2017).

Adapun surat SKP pengganti Kartu Penduduk tersebut fungsinya sama dengan KTP elektronik aslinya. Dan bisa digunakan seperti KTP-El untuk mengurus berbagai keperluan. Karena format surat tersebut megikuti aturan dari Kementerian terkait.

Namun menurut Nurfaridinsyah Surat Keterangan Pengganti (SKP) E-KTP tersebut hanya bisa diberikan kepada warga yang sudah pernah melakukan perekaman KTP-El. Atau mereka yang sudah pernah punya KTP Elektronik dan kemudian bermasalah. Entah itu patah atau rusak akibat lainnya.

“SKP itu sah untuk kepentingan yang bersangkutan. Karena format dan aturannya sudah sesuai petunjuk dari kementerian,” tambah Sekretaris Disdukcapil Bengkalis tersebut.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu meragukan SKP yang diterbitkan dinas capil Bengkalis tersebut. walaupun bentuknya hanya selembar kertas yang berisi keterangan identitas sebagaimana yang ada di E-KTP.

Apalagi pada bulan September 2016 lalu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin telah mengeluarkan Surat Edaran dengan No. 470/DKPS-DATA/2016/303 yang menerangkan bahwa KTP Elektronik yang sudah habis masa berlakunya masih tetap bisa digunakan.

Karena sesuai dengan Undang-undang No. 24 tahun 2013 pasal 101 huruf C yang berbunyi “KTP-El yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang No 24 tahun 2013 tetap berlaku seumur hidup, walaupun di dalam KTP-El tersebut masih tertulis berlaku lima tahun, dengan kata lain KTP-El tetap berlaku seumur hidup dan tidak perlu di perpanjang lagi”.

Dengan surat edaran bupati tersebut, Disdukcapil Bengkalis mengeluarkan Surat Keterangan Pengganti kepada warga dikarenakan banyak warga yang E-KTP nya rusak dan tidak bisa dipergunakan lagi. Atau warga yang Kartu Identitasnya hilang.

Diluar itu menurut informasi terbaru dari Kementerian dalam negeri kemungkinan blangko KTP elektronik akan tersedia mulai bulan April 2017 ini. Karena proses lelang pengadaan blangko EKTP sudah selesai sehingga bisa mulai di cetak bertahap.

Namun belum bisa dipastikan apakah ketersediaan masalah blangko kartu identitas itu akan secepatnya didistribusikan ke daerah-daerah pada bulan April ini juga. Mengingat kekosongan blangko Kartu tanda penduduk terjadi di seluruh Indonesia. Sehingga bagaimanapun butuh waktu untuk memenuhi hal tersebut.

Bagi kita selaku masyarakat Bengkalis tidak perlu terburu-buru untuk mendapatkan KTP Elektronik yang aslinya. Sebab surat edaran dari Bupati sudah jelas dan keterangan dari Disdukcapil Bengkalis tentang Surat keterangan Pengganti KTP-El juga bisa dikeluarkan. Apalagi sudah ada angin segar dari Kemendagri tentang Kapan Blangko KTP Elektronik Tersedia? Ini Penjelasannya. (pdk)

Antrian E-KTP di Disdukcapil Bengkalis Capai 6000 Lembar Lebih was last modified: April 4th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Warga Duri Keluhkan Biaya Proyek Trotoar Kabupaten Bengkalis 1,9 M Bengkalis - Pemkab Bengkalis melalui Dinas TKTRP telah membangun trotoar bagi pejalan kaki di Kota Duri Kecamatan Mandau. Namun salah seorang warga Duri mengeluhkan biaya pembangunan proyek trotoar ya...
Penyanyi Bengkalis Akan Melaju ke Tingkat Nasional Dalam Lomba Lagu Da... Bengkalis - Salah seorang warga Desa Pedekik Farhan Md, kembali meraih prestasi di ajang lomba menyanyi lagu daerah tingkat Propinsi di Pekanbaru. Anak watan asli kelahiran Pedekik ini mewakili Kodim ...
PT Meskom Bengkalis Di Demo Masyarakat Pekerja Tempatan Bengkalis - PT Meskom Agro Sarimas (MAS) yang berlokasi di desa Pangkalan Batang Barat Bengkalis di demo masyarakat tempatan beberapa hari lalu. Masyarakat yang melakukan unjuk rasa ke perusahaan yang...
Ini Tempat Layanan Pembuatan Website Di Bengkalis Bengkalis – Sekarang mencari jasa layanan pembuatan website di Bengkalis sudah bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat. Walaupun sudah banyak yang mampu bikin web sendiri, namun karena kesibukan ses...
Peringatan Maulid Nabi 2014 Desa Pedekik Bengkalis Bengkalis - Peringatan Maulid Nabi Desa Pedekik kali ini agak berbeda dari peringatan Maulid Nabi SAW yang sering dilaksanakan di mesjid-mesjid dalam lingkungan Desa Pedekik. Kalau biasanya acara maul...
Baca Juga :   Desa Kembung Luar Kecamatan Bantan Pusat Penyelenggaraan MTQ

Leave a Reply

Top