Posisi Anda
Home > Bengkalis > Antrian E-KTP di Disdukcapil Bengkalis Capai 6000 Lembar Lebih

Antrian E-KTP di Disdukcapil Bengkalis Capai 6000 Lembar Lebih

disdukcapil bengkalis

Bengkalis – Antrian KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis semakin hari semakin meningkat. Hal ini karena ketersediaan blangko E-KTP telah habis sejak bulan September 2016 Kemarin.

Kepala Disdukcapil Bengkalis melalui Sekretarisnya Nurfaridinsyah mengatakan bahwa saat ini Dinas Capil Kabupaten Bengkalis telah mengeluarkan sebanyak 6973 lembar Surat Keterangan Pengganti KTP Elektronik.

“Sejak blangko habis mulai September 2016 lalu sampai Maret ini sudah diterbitkan lebih dari enam ribu SKP, dan langsung ditandatangani pimpinan Disdukcapil,” ungkap Nurfaridinsyah sebagaimana dilansir bengkaliskab.go.id Rabu (22/3/2017).

Adapun surat SKP pengganti Kartu Penduduk tersebut fungsinya sama dengan KTP elektronik aslinya. Dan bisa digunakan seperti KTP-El untuk mengurus berbagai keperluan. Karena format surat tersebut megikuti aturan dari Kementerian terkait.

Namun menurut Nurfaridinsyah Surat Keterangan Pengganti (SKP) E-KTP tersebut hanya bisa diberikan kepada warga yang sudah pernah melakukan perekaman KTP-El. Atau mereka yang sudah pernah punya KTP Elektronik dan kemudian bermasalah. Entah itu patah atau rusak akibat lainnya.

“SKP itu sah untuk kepentingan yang bersangkutan. Karena format dan aturannya sudah sesuai petunjuk dari kementerian,” tambah Sekretaris Disdukcapil Bengkalis tersebut.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu meragukan SKP yang diterbitkan dinas capil Bengkalis tersebut. walaupun bentuknya hanya selembar kertas yang berisi keterangan identitas sebagaimana yang ada di E-KTP.

Apalagi pada bulan September 2016 lalu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin telah mengeluarkan Surat Edaran dengan No. 470/DKPS-DATA/2016/303 yang menerangkan bahwa KTP Elektronik yang sudah habis masa berlakunya masih tetap bisa digunakan.

Baca Juga :   PNPM Mandiri Perdesaan Rehab Ruang Belajar MTS Nurul Jadid Pedekik

Karena sesuai dengan Undang-undang No. 24 tahun 2013 pasal 101 huruf C yang berbunyi “KTP-El yang sudah diterbitkan sebelum Undang-Undang No 24 tahun 2013 tetap berlaku seumur hidup, walaupun di dalam KTP-El tersebut masih tertulis berlaku lima tahun, dengan kata lain KTP-El tetap berlaku seumur hidup dan tidak perlu di perpanjang lagi”.

Dengan surat edaran bupati tersebut, Disdukcapil Bengkalis mengeluarkan Surat Keterangan Pengganti kepada warga dikarenakan banyak warga yang E-KTP nya rusak dan tidak bisa dipergunakan lagi. Atau warga yang Kartu Identitasnya hilang.

Diluar itu menurut informasi terbaru dari Kementerian dalam negeri kemungkinan blangko KTP elektronik akan tersedia mulai bulan April 2017 ini. Karena proses lelang pengadaan blangko EKTP sudah selesai sehingga bisa mulai di cetak bertahap.

Namun belum bisa dipastikan apakah ketersediaan masalah blangko kartu identitas itu akan secepatnya didistribusikan ke daerah-daerah pada bulan April ini juga. Mengingat kekosongan blangko Kartu tanda penduduk terjadi di seluruh Indonesia. Sehingga bagaimanapun butuh waktu untuk memenuhi hal tersebut.

Bagi kita selaku masyarakat Bengkalis tidak perlu terburu-buru untuk mendapatkan KTP Elektronik yang aslinya. Sebab surat edaran dari Bupati sudah jelas dan keterangan dari Disdukcapil Bengkalis tentang Surat keterangan Pengganti KTP-El juga bisa dikeluarkan. Apalagi sudah ada angin segar dari Kemendagri tentang Kapan Blangko KTP Elektronik Tersedia? Ini Penjelasannya. (pdk)

Antrian E-KTP di Disdukcapil Bengkalis Capai 6000 Lembar Lebih was last modified: April 4th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Desa – Desa Di Kabupaten Bengkalis Akan Mendapatkan Ambulance Se... Bengkalis - Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh, MSc menjelaskan pada 2015 seluruh Desa yang ada di Kabupaten Bengkalis akan kebagian bantuan Ambulance. Saat ini sampai akhir tahun anggaran 2013 hany...
Karang Taruna Pedekik Bengkalis Membagikan Masker Gratis Bengkalis - Karang Taruna Desa Pedekik yang telah menerima penghargaan sebagai Karang Taruna terbaik 2013 se Kabupaten Bengkalis menunjukkan bukti nyata kepeduliannya terhadap masyarakat. Kepedulian i...
MTQ Kecamatan Bukit Batu Di Buka Resmi Bupati Bengkalis Bengkalis - Mtq Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis telah dibuka secra resmi oleh Bupati Bengkalis, Amril Mukminin pada hari Kamis malam (28/04/2016) di Desa Tanjung Leban. Pembukaan MTQ ke- 27 i...
Lomba Membuat Makanan Dan Kerajinan Pekan Industri Kabupaten Bengkalis... Bengkalis - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar acara lomba membuat makanan dan kerajinan pada ajang Pekan Industri 2014 di Lapangan Tugu Bengkalis. ...
Polsek Bengkalis Buka Rapat Kordinasi Pra Pilkades Bengkalis - Menjelang Pilkades, Polsek Bengkalis mengadakan rapat kordinasi bersama para Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa se Kecamatan Bengkalis. Hal ini perlu di lakukan agar tercipta suasana yang...
Turnamen Futsal Pepda Cup, Motivasi Olahraga Pemuda Bengkalis Bengkalis - Pedekik.com. PEPDA, Pemuda Pembangun Desa atau yang lebih dikenal dengan PEPDA merupakan salah satu Organisasi Pemuda di Desa Pedekik yang berdomisili tepatnya di Dusun III Pedekik Dar...
Lomba Pembuatan Miniatur Tugu Perjuangan Desa Pedekik Bengkalis - Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November dan sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Pemerintah Desa Pedekik mengadakan lomba membuat miniatur Tugu Perjuangan Pedek...
Setiap Rupiah Dana Desa, Harus Di Infokan Ke Warga. Pesan Wabup Bengkalis - Dana desa di Bengkalis harus di informasikan secara transparan kepada masyarakat walaupun satu rupiah. Pesan ini disampaikan oleh wakil bupati Bengkalis, Muhammad pada pembukaan acara pela...

Leave a Reply

Top