Posisi Anda
Home > Nasional > Beasiswa Kuliah S2 Gratis program Bantuan dana pendidikan di Jepang

Beasiswa Kuliah S2 Gratis program Bantuan dana pendidikan di Jepang

Beasiswa-kuliah-s2

Beasiswa, NasionalBeasiswa kuliah S2 untuk mendapatkan gelar Magister semakin banyak di incar oleh masyarakat. Kuliah gratis dengan program beasiswa penuh ini sangat didambakan bagi mereka yang ingin menambah wawasan ilmu pengetahuan namun tidak memiliki cukup dana.

Tahun ini banyak penawaran program bantuan dana pendidikan baik untuk Sarjana, Magister dan Doktoral. Salah satunya adalah Beasiswa pendidikan S2 untuk kuliah gratis di Jepang yang di tawarkan oleh Aichi Prefectural Government. Yaitu semacam pemerintah propinsi kalau di Indonesia.

Jika anda termasuk yang sedang mencari peluang untuk bisa kuliah gratis jenjang S2 dengan program beasiswa, bantuan dana pendidikan dari Negara Jepang ini bisa menjadi pilihan. Atau anda bisa mengikuti Peluang Beasiswa S2 dan S3 dari LPDP untuk Kuliah di Luar Negeri.

Apa saja kriteria untuk mendapatkan beasiswa penuh pada Aichi Scholarship Program 2017 di jepang ini ? Ketentuannya adalah sebagai berikut :

1. Warga Negara Sasaran, ( termasuk negara Indonesia ).

2. Umur maksimal pada pada 1 April 2017 34 tahun.

3. Sudah lulus s1 atau sarjana/sederajat.

4. Akhir Maret 2018 sudah lulus atau akan lulus dari pendidikan regular 16 tahun.

5. Pelamar harus berasal dari jurusan yang berkaitan dengan industri manufaktur Aichi pada bidang yang diakui.

6. Sehat jasmani dan rohani

7. Mampu berbahasa Jepang dengan cukup baik (nilai Japanese Language Profiency Test minimal tingkat N2) atau berpotensi dan berprospek punya kemampuan bahasa Jepang yang sesuai untuk studi dan bekerja di Aichi. ( Penerima beasiswa Aichi Scholarship diharuskan belajar bahasa Jepang selama enam bulan pertama pada periode penelitian).

8. Punya keinginan mencari kerja di perusahaan yang berkantor di Aichi baik kantor pusat atau kantor cabang, (meskipun penempatan kerja seharusnya di Jepang).

9. Harus ikut magang di perusahaan yang diperkenalkan Aichi Prefectural Government selama masa studi.

10. Tidak boleh menerima beasiswa atau bantuan dana dari lembaga lainnya.

11. Harus bisa hadir di Jepang pada 2 Oktober 2017.

12. Pelamar sudah diterima sebagai mahasiswa penelitian pada perguruan tinggi pascasarjana yang berada di wilayah Aichi Prefectural dari Oktober 2017 – Maret 2018.

13. Setelah berada di Jepang, calon mahasiswa harus terdaftar di sistem asuransi kesehatan Jepang.

Walaupun banyak lowongan untuk mendapatkan gelar Magister dengan bebas biaya kuliah, namun tidak semua orang mampu memenuhi persyaratan dan kriteria yang di minta. Karena biasanya program beasiswa penuh untuk S2 dan S3 membutuhkan tahapan seleksi yang ketat dan persyaratan yang berat.

Apalagi jalur pendidikan melalui bantuan biaya studi semacam beasiswa ini biasanya langsung dengan penempatan kerja. Jumlah penerimaan terbatas dan paling tidak lulusannya diakui oleh dunia perusahaan dan pemerintah.

Contohnya saja pada pendaftaran sekolah ikatan dinas 2017 secara serentak dan online yang di buka oleh beberapa Kementerian pada bulan Maret ini. Peminatnya banyak namun penerimaan terbatas. Lulusannya pun langsung jadi CPNS.

Seperti halnya beasiswa kuliah S2 gratis program bantuan dana dari salah satu propinsi di Jepang ini, anda diharuskan menyiapkan berkas-berkas persyaratan di bawah ini :

a. Formulir Pendaftaran ( Download )

b. Surat Perjanjian ( Download contoh )

c. Surat Keterangan Sehat yang diterbitkan 6 bulan terakhir ( Download contoh format )

Baca Juga :   Video Asli saat Bencana Longsor di Pangkalan Sumbar ini Bikin Merinding

d. Tanda Bukti Kelulusan (Fotocopy Ijazah atau Surat Status Mahasiswa, atau bukti yang menunjukkan tanggal rencana mahasiswa akan lulus (Proof of Expected Graduation) sebanyak 2 lembar.

e. Transkrip nilai akademik ( 2 lembar ).

f. Fotocopy Paspor tersertifikasi. Jika belum punya bisa menggunakan Akta Kelahiran atau KTP.

g. Surat Rekomendasi kepada Gubernur Propinsi Aichi (Aichi Perfecture) dalam bahasa Inggris oleh Dekan atau Kepala Jurusan dari perguruan tinggi asal pelamar. (tidak ada formulir khusus).

h. Surat Rekomendasi dalam bahasa Inggeris kepada calon supervisor Toyohashi University Technology dari supervisor dimana pelamar telah lulus / atau posisi yang lebih tinggi dari supervisor. (tidak ada contoh formulir)

i. Foto terbaru yang diambil 6 bulan terakhir (ukuran paspor, 4×3 cm sebanyak 3 lembar). Foto harus menghadap ke depan, tubuh bagian atas dan wajah harus terlihat jelas, dan tidak boleh memakai topi. Tuliskan nama dan negara di belakang setiap foto.

j. Sertifikat bahasa Inggris dan Jepang.

k. Terjemahan dalam bahasa Jepang untuk poin 14 (Study Plan) dan 15 (Proposed Work Plan After Completing the Program) yang tertera pada Formulir Pendaftaran.

l. Terjemahan dalam bahasa Jepang untuk Surat Rekomendasi kepada Gubernur Perfektur Aichi.

Catatan : Bagi pemberi rekomendasi gunakan “Application Check Sheet”.

Fasilitas Beasiswa
– Biaya hidup sebesar 150.000 Yen per bulan.
– Biaya pendidikan termasuk biaya tes masuk, pendaftaran, dan biaya untuk penelitian (tuition) maupun program pascasarjana.
– Biaya berangkat ke Jepang (sekali jalan)
– Periode beasiswa selama 2,5 tahun mulai dari Oktober 2017 dan akhir Maret 2020.

Adapun subjek program beasiswa Aichi Scholarship ini menyangkut industri manufaktur Aichi. Pelamar yang terpilih dan diterima akan berangkat ke Aichi Jepang dan akan tedaftar di perguruan tinggi pascasarjana setelah enam bulan masa penelitian guna mempelajari bidang studi terspesialisasi.

Setelah selesai studi, mahasiswa sangat diharapkan untuk bekerja di Aichi. Sebelum mendaftar, anda harus menghubungi dan berdiskusi dengan supervisor dari Toyohashi University of Technology. Pelamar dapat memilih jurusan di fakultas dengan mengecek Departement Information dan Faculty Member List.

Proses Pendaftaran
Seluruh berkas pendaftaran beasiswa kuliah S2 gratis di Jepang ini harus dikirim lewat email lebih dulu kemudian harus dikirim lewat pos juga.

Alamat email: ryugaku@office.tut.ac.jp

Alamat via pos:
International Affairs Division, Toyohashi University of Technology
1-1 Hibarigaoka, Tempaku-cho, Toyohashi, Aichi, 441-8580 Japan
Telepon: +81 532 44 6577
Fax: +81 532 44 65577

Batas pendaftaran berakhir pada tanggal 31 Maret 2017. Untuk informasi selengkapnya bisa di akses di Aichi Scholarship Program 2017. Hanya 10 kandidat yang terpilih akan diterima sebagai penerima Aichi Scholarship.

Dengan banyaknya tawaran Beasiswa untuk kuliah gratis di berbagai Universitas baik S1, S2 dan S3, diharapkan anda waspada dan berhati-hati terhadap penipuan beasiswa dengan modus meminta uang dan kemungkinan lainnya. Nah, terkait dengan penipuan ini mungkin anda tertarik untuk membaca Cara Mengecek Ijazah Asli atau Palsu dan Terdaftar di Kemenristekdikti. (pdk)

Beasiswa Kuliah S2 Gratis program Bantuan dana pendidikan di Jepang was last modified: March 6th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Perangkat Desa Se Indonesia Akan Dipanggil Ke Istana Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) baru-baru ini bertemu dengan Calon Presiden terpilih Jokowi  di Wonogiri. Dalam pertemuan dengan perwakilan PPDI dari 18 provinsi tersebut, Jokowi berjanji ak...
Pengurusan KTP Elektronik Dihentikan Sementara Bengkalis - Pengurusan E-KTP untuk sementara waktu dihentikan oleh pemerintah. Penghentian ini sifatnya hanya sementara hingga Januari 2015. Hal ini disebabkan karena adanya dua data base yang dijadik...
Pendamping Desa Pusat PNPM Mandiri Statusnya Sudah Dijelaskan Kemendes... Nasional - Dilema pendamping desa pusat bekas PNPM Mandiri era Presiden SBY kini statusnya sudah dijelaskan oleh Kemendesa Marwan Ja'afar. Menurut beliau program pemberdayaan masyarakat tersebut bukan...
Kementerian Desa PDTT Dirikan Perusahaan Mitra Bumdes Bersama Bulog Nasional - Guna mempercepat pertumbuhan ekonomi di pedesaan Kementerian Desa PDTT mendirikan perusahaan PT. Mitra Bumdes Nusantara (MBN) bekerjasama dengan Bulog dan BUMN. Hal ini dilakukan dengan ala...
Warga Pedekik Bengkalis Jadi Peserta MTQ Nasional Ke-25 2014 Batam Bengkalis - Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional ke-25 di Batam akan dibuka tanggal 6 Juni 2014. Berlokasi di Dataran Engku Putri Batam, para kafilah seluruh provinsi yang ada di Indonesia akan...
Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan Desa, RI gaet Australia Nasional - Dalam upaya meningkatkan Kapasitas kepemimpinan Desa di nusantara, Kemendesa PDTT akan menggaet Australia untuk bekerjasama. Diharapkan para pemimpin desa nantinya akan lebih profesional da...
Inilah Video Saat Longsor di Lima Puluh Kota Propinsi Sumbar Nasional - Longsor di Lima Puluh Kota Propinsi Sumbar telah terjadi pada hari Jum'at yang lalu. Akibat hujan yang terus menerus menyebabkan banjir dan longsor terjadi tanpa di duga-duga di daerah perb...
Menteri Desa bicarakan Investasi dari Malaysia mengatasi listrik Nasional - Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjoyo bertemu dengan Duta besar Malaysia untuk Indonesia guna membicarakan investasi. Pertemuan itu berlangsung saat kunjungan Dubes Malaysia ke kantor Kement...

Leave a Reply

Top