Posisi Anda
Home > Nasional > Berapa Kenaikan Gaji PNS 2019 ? Ini Info Terbaru Dari BKN

Berapa Kenaikan Gaji PNS 2019 ? Ini Info Terbaru Dari BKN

Kenaikan gaji PNS

Nasional – Kenaikan Gaji PNS 2019 diperkirakan akan mengalami peningkatan sebagaimana konsep yang sedang disusun oleh Direktorat Kompensasi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Berita gaji PNS naik memang selalu ditunggu oleh para Pegawai Negeri Sipil. Karena sudah beberapa tahun PNS tidak merasakan kenaikan gaji pokok. Walaupun sebelumnya pemerintah sudah memberikan gaji ke 13. Bahkan THR PNS 2018 Sudah Ditetapkan Pemerintah, Ini Besarannya.

Menurut berita yang dilansir Tribunnews.com (28/02/2018) kemungkinan besar gaji para ASN akan naik pada tahun 2019 mendatang. Hal ini diungkapkan Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan di situs BKN.go.id.

Penghasilan pegawai negeri terakhir kali naik pada tahun 2015 dengan angka mencapai 6%. Setelah itu belum ada lagi kenaikan gaji PNS hingga tahun 2018. Sebagai gantinya pemerintah memberikan gaji ke 13 dan Tunjangan Hari raya.

Tahun ini kebijakan THR tidak hanya diterima oleh Pegawai aktif, tetapi juga bagi ASN yang sudah purna tugas alias pensiun akan diberikan tunjangan lebaran.

Kembali dengan naiknya gaji pokok pns 2019, Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa Rancangan PP (Peraturan Pemerintah) tentang gaji, tunjangan dan fasilitas ASN hingga kini belum juga ditetapkan pemerintah.

Adapun regulasi yang mengatur tentang Gaji PNS masih menggunakan PP Nomor 7 Tahun 1997, yang pada tahun 2015 diterbitkan PP perubahannya dengan PP Nomor 30 / 2015.

Itulah sebabnya Lembaga Negara yang mengurus masalah Pegawai negeri sipil ini, berencana mengusulkan naiknya gaji pegawai kepada Pemerintah.

Kenaikan gaji PNS 2019 yang diusulkan oleh BKN selanjutnya akan dibahas dalam Forum antar Kementerian yang mana mencakup analisa anggaran dan dampak fiskalnya. Baru nanti masuk ke Rancangan APBN dan Nota Keuangan jika pengajuan usulan tersebut di setujui.

Baca Juga :   Daftar Nama PNS yang Tidak Terdata Di BKN, 57 Ribu Orang

Apalagi sampai saat ini masih santer diberitakan bahwa hutang Negara terus membengkak hingga ribuan triliun. Tentu butuh pertimbangan dan perhitungan yang matang jika pemerintah akan menaikkan gaji para PNS.

Mengingat jumlah PNS Nasional di seluruh Indonesia yang harus di biayai oleh Negara tidak sedikit. Sehingga anggaran yang diperlukan untuk menambah gaji pokok ASN tersebut supaya naik, juga sangat besar.

Namun begitu konsep untuk pengusulan kenaikan gaji ASN tersebut tetap dibuat BKN dengan harapan penghasilan PNS tahun depan benar-benar mengalami penambahan dan mampu membuat Pegawai lebih sejahtera.

Sedangkan informasi mengenai berapa Kenaikan Gaji PNS 2019, Direktur Kompensasi ASN Badan Kepegawaian Negara Aswin Eka Adhi, seperti diberitakan tribunnews.com menuturkan bahwa jumlah besarannya belum bisa dipastikan.

Karena tergantung dari hasil perhitungan kemampuan keuangan Negara dan kapasitas fiskal, yang mana hal itu akan digodok terlebih dahulu melalui forum pembahasan antar Lembaga dengan Kementerian Keuangan.

Jika gaji PNS pada tahun depan benar-benar mengalami kenaikan mungkin sedikit banyak akan berpengaruh terhadap tenaga honorer yang juga sangat berharap bisa menjadi Pegawai Negeri. Terutama bagi honorer K2 yang nasibnya sudah lama terkatung-katung.

Meski demikian ada kabar bahwa salah seorang Ketua DPR, Bambang Soesatyo akan memperjuangkan nasib tenaga honor tersebut supaya Komisi II DPR bisa memfasilitasi hal itu dengan Kemenpan RB. Berikut Informasi CPNS Honorer K2 Dari Kemenpan RB 2018. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Beasiswa Kuliah S2 Gratis program Bantuan dana pendidikan di Jepang Beasiswa, Nasional - Beasiswa kuliah S2 untuk mendapatkan gelar Magister semakin banyak di incar oleh masyarakat. Kuliah gratis dengan program beasiswa penuh ini sangat didambakan bagi mereka yang ing...
Bikin E-KTP Di Luar Domisili? Sekarang Bisa, Gratis Lagi! Nasional - Sekarang pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di luar alamatnya untuk bisa bikin E-KTP di luar domisili secara gratis. Program ini sudah berlaku mulai 1 April kema...
Penetapan Awal Ramadhan 1438 H Sudah dilakukan Muhammadiyah Nasional - Sebagaimana biasa menjelang masuk bulan puasa pihak-pihak yang berwenang dan berkompeten akan melakukan penetapan awal ramadhan untuk menentukan kapan mulai puasa. Dari pemerintah biasan...
Siswa SD Indonesia Akan pecahkan Rekor Dunia di Inggeris karena ini Nasional - Pencapaian rekor dunia kembali akan di pecahkan oleh siswa SD kelas lima asal Indonesia. Murid SD Universal Patebon Kendal Jawa Tengah ini akan unjuk kebolehan di London Inggeris pada bulan...
Do’a Kamilin Setelah Sholat Tarawih Alhamdulillah... Kita bersyukur kepada Allah SWT karena pada tahun ini Allah SWT telah berikan rahmat kepada kita berupa umur panjang sehingga bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan 1435 H. Dimana...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top