Posisi Anda
Home > Bisnis > Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini

Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini

agar bisnis bertahan

Bisnis, Pedekik.com – Memiliki bisnis sendiri tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Mulai dari membuka usaha sendiri, menarik pelanggan, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan layanan dan lainnya, semua itu butuh ketekunan dan kerja keras. Agar usaha yang sudah kita jalankan bisa bertahan untuk jangka waktu lama.

Oleh karena itu sangat penting sekali untuk mempelajari dan mengetahui trik bagaimana cara agar bisnis bertahan lama di awal-awal usaha. Khususnya bagi pemula yang baru terjun di dunia bisnis.

Cara mempertahankan bisnis yang sudah berjalan sebenarnya lebih berat lagi dibanding saat awal kita membuka dan memulai usaha. Karena tidak ada jaminan 100% usaha kita tidak akan bangkrut. Semakin tinggi pohon, makin kencang pula anginnya. Begitu kira-kira.

Pasti banyak kendala dan masalah yang akan muncul. Dan semua itu harus di carikan solusinya. Adapun cara yang terbaik bukanlah mengatasinya setelah problem bisnis itu terjadi. Namun lebih baik menghindari dan menjaga agar jangan sampai persoalan itu muncul pada bisnis yang kita usahakan.

Namun begitu, ada beberapa tips yang bisa dijadikan pengetahuan dasar agar bisnis bertahan lama. Paling tidak ini sebagai langkah awal jaga-jaga sebelum problem bisnis benar-benar datang.

Adapun solusi yang harus kita pelajari dan kita ketahui sebelumnya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Bangunlah jaringan yang kuat
Jaringan bisnis adalah pertimbangan pertama yang perlu kita pelajari. Jika sudah ada jaringan bisnis yang terbentuk, usahakan kita bisa masuk kedalamnya.

Kalau belum ada, bangunlah jaringan itu sebagai persiapan kita ke depan. Buatlah pertemuan-pertemuan dengan sesama pebisnis khususnya yang sejenis. Walaupun pertemuan itu hanya sekedar kumpul-kumpul biasa atau tidak formal.

Membentuk jaringan dengan tujuan agar bisnis bertahan dalam waktu yang lama dapat dilakukan antara sesama pelaku usaha, dengan pelanggan dan juga kepada suplier. Mengikuti seminar-seminar atau pelatihan tentang bisnis juga langkah yang baik untuk mencari jaringan. Termasuk juga bergabung ke dalam group-group bisnis di media sosial.

Karena dengan memiliki sistem jaringan yang kuat merupakan aset besar bagi pelaku bisnis. Banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita dapatkan dari sesama jaringan. Sehingga silaturrahmi antar pengusaha dan rasa saling membantu akan muncul dari sistem jaringan ini.

2. Mempelajari dan mengenal tentang sistem pembiayaan bisnis
Dalam berbisnis sudah pasti membutuhkan modal. Baik itu modal bergerak ataupun modal tetap. Baik modal awal maupun modal untuk pengembangan. Bahkan salah satu yang perlu kita persiapkan adalah modal untuk septi atau jaga-jaga di saat terjadi permasalahan.

Baca Juga :   Model Kaos Olahraga Terbaru, Desainnya Paling Keren

Jika anda ingin agar bisnis bertahan lebih lama, tidak ada salahnya anda menjajaki dan mengenal sistem pembiayaan bisnis yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga keuangan.

Namun perlu anda catat bahwa pola pembiayaan itu harus anda pelajari terlebih dahulu. Terutama tentang untung rugi nya jika kita memang harus memanfaatkan sistem itu. Baik di awal, di tengah maupun di saat-saat bisnis kita mengalami penurunan.

Biasanya pembiayaan bisnis banyak ditawarkan oleh koperasi, bank dan oleh perusahaan-perusahaan yang mencari mitra bisnis. Produk dan sistemnya juga beragam.

Yang harus anda ingat, jangan sampai sistem pembiayaan bisnis ini justeru malah menjerat dan menghancurkan bisnis kita.

3. Mencari dukungan lembaga bisnis terkait
Dukungan lembaga bisnis juga sangat diperlukan agar bisnis bertahan seperti yang kita harapkan. Jalinlah hubungan dengan lembaga-lembaga bisnis terkait. Walaupun lembaga itu seolah tidak berperan secara langsung terhadap perkembangan dan kemajuan bisnis kita.

Karena dunia bisnis merupakan pasar yang kompetitif. Orang akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan mereka. Terutama Keuntungan finansial. Sehingga terkadang ada trik-trik halus yang tidak kita sadari bisa meruntuhkan usaha kita secara perlahan.

Disaat muncul permasalahan pada bisnis yang sedang kita jalani, dan sulit menemukan solusi untuk mengatasinya, lembaga ini bisa membantu. Paling tidak akan menjadi tempat pengaduan yang tepat dan memudahkan urusan kita.

Itulah beberapa trik agar bisnis bertahan lama sehingga bisa menjadi sumber penghidupan keluarga. Masih banyak trik bisnis yang juga bisa di pelajari dan diterapkan untuk kelangsungan usaha kita di masa yang akan datang.

Selain dari poin di atas dalam membangun sebuah bisnis anda juga harus memiliki kunci yang bisa mengantarkan kesuksesan bisnis anda.

Sebagaimana jaringan sosial facebook yang menjadi rajanya media sosial di dunia. Dimana keberhasilan itu bisa terwujud karena Mark Zuckerberg mempunyai kuncinya. Untuk itu coba ketahui Inilah Kunci Sukses Bisnis Facebook Yang Perlu Anda Tiru. (pdk)

Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini was last modified: March 29th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Usaha Jasa Cuci Sepatu, Peluang Bisnis Baru yang langka Bisnis, Pedekik.com - Membuka usaha jasa cuci sepatu menjadi salah satu alternatif peluang bisnis baru untuk dijalankan. Sekarang memang sedang tren buka usaha dibidang cuci-mencuci di kalangan masyar...
Bunga Pinjaman di Pegadaian per Bulan Paling Murah, Hanya 0,01% Bisnis - Tahun 2016 ini merupakan Tahun Pelayanan bagi PT. Pegadaian Indonesia sebagai wujud keseriusannya dalam melayani masyarakat. Betapa tidak, bunga pinjaman di Pegadaian per bulannya bisa di bil...
Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati Bisnis, Pedekik.com - Ketika mulai membuka usaha, prinsip dasar bisnis tidak boleh anda tinggalkan. Karena itulah sejatinya modal bisnis anda. Yaitu prinsip atau sikap yang harus anda taati jika usaha...
Tips Cara Mengetahui Investasi Ilegal Sebelum Menjadi Korban Bisnis, Pedekik.com - Di indonesia tidak sedikit jumlah koperasi yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Namun ternyata banyak pula koperasi yang menyalahi aturan dengan melakukan praktek bisnis ileg...
Apa Sebab Ekonomi Tidak Meningkat ? Ternyata Karena Faktor Ini Bisnis - Setiap orang pasti mengharapkan punya penghasilan yang lebih, yang banyak dan mapan. Apalagi bagi yang sudah mempunyai tanggungan keluarga. Kebutuhannya semakin lama juga semakin tinggi. T...
Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Sering Terjadi Di Kalangan Pemula Bisnis - Bagi pemula yang baru belajar merintis bisnis sendiri selalu mengalami kendala di awal perjalanan usahanya. Sebenarnya kegagalan dalam menjalankan usaha pada masa-masa belajar ini adalah hal ...
Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis Badan Pusat Statistic (BPS) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau umumkan hasil seleksi rekruitmen petugas Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Nama-nama pelamar yang lolos s...
5 Dasar Panduan Membuka Usaha Bagi Pemula Menuju Sukses Bisnis, Pedekik.com - Pengetahuan dasar tentang bisnis sebagai panduan membuka usaha mestilah anda pelajari sebelum memulai bisnis. Khususnya bagi pemula yang ingin usahanya berkelanjutan menuju sukse...

Leave a Reply

Top