Posisi Anda
Home > Teknologi > Cara Bikin Blog Adsense Professional Bagi Pemula

Cara Bikin Blog Adsense Professional Bagi Pemula

bikin-blog-adsense

Teknologi, Blogging – Cara bikin blog adsense secara professional memang harus dimulai dari awal pembuatan blog. Jika tujuan akhir dari kegiatan blogging kita adalah untuk mendapatkan penghasilan dari google. Hal ini berguna untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran blog ke adsense.

Sebelumnya juga pernah kami singgung mengenai cara agar daftar adsense di terima dengan cepat di artikel Mau Daftar Adsense Cepat Diterima, Ini Komitmen Yang Harus Dipegang. Kalau di posting tersebut berbicara kepada karakter blogger nya, disini kita akan membahas ke pembuatan blog nya.

Kalau soal langkah teknis bikin blognya, sebenarnya sama saja antara membuat blog untuk di daftarkan adsense atau pun tidak. Hanya saja ada beberapa tips dan trik tambahan yang harusnya anda lakukan untuk blog adsense dan itu harus di mulai dari pertama membuat blog.

Disini kita tidak perlu lagi bahas tentang apa itu adsense. Karena saya yakin pembaca sudah tahu semua. Bahkan mungkin sudah punya blog semua. Tapi belum semuanya yang blognya diterima oleh google adsense. Karena di beberapa grouf facebook dan forum-forum adsense, masih saja banyak yang menanyakan bagaimana supaya bisa menjadi publisher adsense tersebut.

Oleh karena itu mari kita pelajari cara bikin blog adsense dari awal supaya nanti saat di daftarkan adsense web tersebut bisa di approve dengan cepat. Tentu saja trik ini bukan jaminan 100% akan di setujui oleh google. Tapi bisa anda praktekkan dan buktikan. Bahkan jika anda sudah bertahun-tahun punya blog tapi belum juga bisa nayangin iklan adsense, cobalah anda buat blog baru dengan trik professional ini.

1. Mulai dari blogspot

Ini merupakan langkah awal. Anda tidak harus langsung bikin web dengan TLD domain atau domain mandiri. Tapi buatlah blog dengan fasilitas yang disediakan oleh google sendiri. Kenapa ? Karena blogspot adalah milik google dan adsense juga milik google. Dari sini kita sudah mulai terapkan triknya. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buat email gmail. Lengkapi data anda apa adanya sesuai dengan KTP atau data pribadi anda.
  • Baik nama, alamat, umur, nomor handphone, dan lain-lain.
  • Biarkan seting gmailnya tetap dalam bahasa Inggeris. Kalau anda pake bahasa Indonesia coba tukar dulu ke bahasa Inggeris.
  • Masuklah ke blogger.com menggunakan email anda tadi. Dan mulai buat blog anda.

Trik #1 : Tetap buat blog dalam seting bahasa Inggeris. Walaupun blog kita nantinya ber bahasa Indonesia. Karena pada umumnya jika seting bloggernya dalam bahasa Inggeris, nanti akan ada menu ‘Earning’ pada dashboard bloggernya. Menu ‘Earning’ ini merupakan seting penempatan iklan adsense di blog kita dan laporan pendapatannya.

Jadi secara tidak langsung blog kita sudah terhubung ke adsense tanpa harus daftar. Hanya saja persoalannya apakah sudah memenuhi syarat untuk menampilkan iklan adsense atau belum ? Karena blog sudah terkait ke adsense, otomatis akun adsense kita adalah akun hosted.

Itu tidak masalah. Jangan buru-buru untuk punya akun adsense non hosted dulu. Tapi tunjukkan dulu profesionalisme kita sebagai seorang blogger. Karena pada dasarnya syarat di terima jadi pengiklan adsense itu sama saja antara blog subdomain seperti blogspot dengan web domain mandiri.

2. Buat blog dengan satu niche saja

Maksudnya adalah tema dari blogspot kita di khususkan membahas satu masalah saja. Misalnya blog dengan tema pembahasan seputar pertanian saja, atau tips bisnis saja, atau blog tentang pelajaran matematika saja.

Cara bikin blog adsense dengan satu niche blog, akan memudahkan kita dalam mencari bahan untuk posting artikel kita nantinya. Karena jika anda buat blog dengan tema gado-gado, maka anda harus banyak mencari sumber posting dengan tema yang berbeda pula.

Trik #2 : Blog yang cuma memiliki satu tema, akan mempermudah dan mempercepat dalam penyebaran backlink. Sehingga anda tidak perlu mencari backlink banyak-banyak dengan sumber backlink dari web yang temanya berbeda-beda. Backlink yang sedikit tapi berasal dari sumber yang terpercaya lebih baik dari pada banyak backlink tapi dari web yang mengandung spam. Apalagi jika dilakukan dengan cara spam pula.

3. Tulis artikel sendiri, jangan copy paste

Langkah ini akan menunjukkan kepada google bahwa kita adalah seorang blogger professional. Walapun tema artikel atau posting kita bersumber dari blog orang lain, tapi tulislah dengan gaya bahasa kita sendiri. Kalaupun harus mengcopy sebagian, rubahlah atau edit redaksi penyampaiannya sebisa mungkin. Jadi mulai dari awal bikin blog untuk adsense, tanamkan untuk tidak copy paste.

Selain itu, tulislah artikel dengan panjang mencapai 1000 kata. Minimal 700 kata. Yakinkan pada diri anda sendiri, bahwa saya akan menulis posting sebanyak 1000 kata. Meskipun nanti target itu tidak tercapai, paling tidak kita sudah bisa menulis hingga 700 kata.

Bagi pemula mungkin sedikit berat menulis artikel yang panjang. Tapi ini harus anda latih dari awal cara bikin blog adsense. Sebab disinilah google akan menilai kita professional atau tidak. Toh lama-lama anda akan terbiasa sendiri. Bahkan jika sudah mahir, tidak puas rasanya kalau nulis artikel pendek atau singkat.

Trik #3 : Artikel yang panjang secara tidak langsung menandakan pembahasan dalam tulisan anda lengkap. Sehingga pembaca di perkirakan sudah mendapat informasi yang jelas dan lengkap pula. Sisi positifnya, durasi pengunjung blog anda akan menjadi panjang. Dengan kata lain waktu kunjungan pembaca ke blog anda lebih lama. Sehingga google menganggap pembaca betah berkunjung di blog anda.

4. Sebar dan cari Banklink Secara Profesional

Cara bikin blog adsense ala professional selanjutnya adalah mencari backlink yang menuju ke blog kita. Namun sebelum cara ini di lakukan, prosedur-prosedur umum pembuatan blog sudah anda sempurnakan terlebih dahulu.

Prosedur umum yang saya maksud antara lain sebagai berikut :

  • Membuat halaman kontak, privacy policy, sitemap, disclaimer dan lain-lain.
  • Pastikan tema atau template blog. Artinya sudah mantap dengan tema yang kita pilih. Tidak diganti-ganti lagi.
  • Bangun widget yang di perlukan, buat kategori posting, dan pasang menu yang bagus.
  • Atur seo on page sedemikian rupa dalam blog kita dan setiap penulisan artikel.
  • Dan lain-lain.
Baca Juga :   Agar Selamat dari Hacker, Terapkan Cara ini di Gadget Anda

Untuk menerapkan langkah-langkah di atas bisa anda pelajari caranya dengan googling di internet dan ikuti panduannya. Proses ini di buat untuk memastikan google bahwa blog kita sudah selesai di bangun dan siap menerima tamu yang akan berkunjung. Tahap ini saya anggap anda sudah selesai.

Mari lanjutkan untuk penyebaran backlink dan membawa tamu ke rumah anda.

Untuk mempermudah tahap penyebaran atau pencarian backlink yang bagus, disini saya bagi kedalam dua langkah.

a. Langkah wajib pertama. Ini langkah membuat backlink yang wajib anda lakukan. Caranya sebagai berikut :

  • Daftarkan blog anda ke webmaster google dan analytic google.
  • Buat akun youtube dengan email yang sama dengan yang kita gunakan untuk blog. Upload
  • beberapa video asli. Dan atur channel youtube sedemikian rupa. Sehingga Url atau alamat blog kita bisa terkait di cahnnel tersebut.
  • Daftarkan blog anda ke mesin pencari lainnya seperti yahoo, bing, baidu dan lain-lain.
  • Buat akun twitter, linkedin, digg, flickr, googleplus, dan lain-lain. Tautkan alamat blog ke semua akun tersebut.
  • Buat halaman facebook untuk blog kita. Masukkan alamat web atau blog kita di fan page facebook tersebut.

Soal bagaimana menerapkan cara-cara di atas, silahkan anda pelajari sendiri dengan browsing di internet. Banyak sekali panduan yang menjelaskan hal diatas. Tinggal pilih dan praktekkan.

Untuk mempermudah posting berita atau artikel ke facebook, pasang widget share ke facebook di blog kita. Namun kalau ada masalah saat ngeshare artikel seperti gambar yang tidak muncul di dinding feacebook, anda bisa baca cara Mengatasi Gambar Tidak Muncul Di Facebook Saat Share Web WordPress.

b. Langkah wajib kedua. Langkah ini anda terapkan setiap kali selesai mempublikasikan artikel. Yaitu menyebar link artikel yang baru anda terbitkan ke semua akun media social yang anda buat tadi.

Dan setiap selesai posting, usahakan mencari backlink ke post tersebut dengan cara komentar di blog orang lain. Namun harus anda lakukan secara professional. Jangan bikin spam. Berkomentarlah yang sopan, dan tulis komentar agak panjang tentang tanggapan anda terhadap blog orang lain tersebut.

Usahakan paling tidak anda mendapatkan 10 backlink ke artikel baru anda setiap kali anda selesai posting artikel. Lagi-lagi di tahap ini anda butuh kesabaran. Sesuaikan komentar anda di blog yang relevan dengan tulisan anda.

Trik #4 : Cara professional bikin blog adsense yaitu dengan tidak melakukan spam baclink. Walaupun cara ini lambat tapi di jamin kualitasnya dan blog kita akan di percaya oleh google. Karena seo yang bagus itu bisa bertahan lama di rangking halaman google.

5. Tulis artikel secara rutin

Dalam tahap ini blog anda sudah oke. Backlink juga sudah ada walaupun sedikit. Selanjutnya tulislah artikel yang panjang secara rutin. Paling tidak 2 hari sekali. Dan jangan lupa sebar dan cari backlink secara professional setiap kali publish artikel baru. Lakukan langkah ini hingga mencapai 50 artikel di blog anda.

Untuk itu paling tidak membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 bulan. Selama waktu ini, biasanya backlink menuju posting kita sudah mulai bekerja. Artikel dan blog biasanya juga sudah mulai di deteksi mesin pencari. Coba anda cek kata pencarian yang anda targetkan saat menulis artikel terdahulu. Tes di mesin pencari google, yahoo dan bing.

Trik#5 : Jika sudah ada yang terdeteksi di pencarian google, tingkatkan intensitas anda menulis artikel atau posting baru. Dan buatlah link internal ke posting atau artikel yang sudah terdeteksi tadi. Usahakan bangun link internal di dalam blog kita sendiri secara optimal. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Untuk artikel dengan panjang 700 sampai 1000 kata minimal ada 3 tautan internal blog.

6. Daftar ke adsense

Ini langkah terakhir cara bikin blog adsense professional. Untuk mendftarkan blog anda ke adsense cukup dengan memanfaatkan menu ‘Earning’ yang terdapat di dashboard blog anda seperti yang saya sebutkan di awal.

Karena yang kita daftarkan adalah blogspot, tentunya kita akan diberi akun adsense hosted oleh google. Tunggu tim adsense melakukan review terhadap blog anda. Sementara google mengevaluasi kelayakan blog anda, tetap lakukan publish artikel seperti langkah yang kita praktekkan dari awal.

Trik #6 : Mendaftar adsense menggunakan blog adalah langkah awal kita untuk memiliki akun adsense non hosted ke depannya. Jika cara ini berhasil maka kita tinggal bikin web professional dengan domain mandiri atau TLD domain. Praktekkan cara pembuatan web self hosted tersebut seperti langkah-langkah yang sudah anda terapkan pada blogspot anda.

Trik #7 : Jika semua sudah anda lakukan sesuai prosedur di atas, baru anda ajukan website domain mandiri anda ke google agar akun adsense hosted anda menjadi akun adsense non hosted.

Demikian saja ulasan cara bikin blog adsense professional bagi pemula yang berusaha mendaftar jadi publisher iklan adsense tapi tidak kunjung di setujui oleh google. Cara dan langkah-langkah pembuatan blog yang kami paparkan di atas bukan jaminan 100% anda akan di terima adsense.

Karena sebenarnya persyaratan yang di tetapkan google untuk bisa menayangkan iklan adsense di blog kita banyak sekali. Namun begitu, jika anda berusaha menerapkan langkah-langkah di atas dan ternyata berhasil, jangan lupa kembali lagi ke blog ini, dan berikan kesan pesan anda di kolom komentar.

Terkait dengan pendaftaran blog ke adsense, mungkin ada di antara pembaca yang pernah mendaftar adsense belum di terima, kemudian merasa jenuh dan malas mengelola blog lagi. Namun setelah membaca posting ini anda ingin membuka dan menelusuri kembali akun adsense anda yang lama, tapi sudah lupa emailnya. Untuk tu anda bisa baca informasi tentang Cara Menemukan Kembali Email Akun Adsense yang terlupa. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Penemuan Teknologi Terbaru, Alat Penambal Ban Anak SMK Indonesia Teknologi - Penemuan bidang teknologi terbaru terus bermunculan seiring dengan perkembangan pemikiran manusia yang cenderung akan pola hidup yang praktis, simpel, cepat, mudah dan murah. Salah satu pe...
Mengenal Teknologi Baru Produksi Garam Dengan Ulir Filter Geomembran Info Tekno – Teknologi Baru Produksi Garam dengan cara Ulir Filter Geomembran merupakan inovasi peningkatan produk garam rakyat yang mulai banyak dikembangkan. Sekitar pertengahan tahun 2017 yang l...
Mengatasi Gambar Tidak Muncul Di Facebook Saat Share Web WordPress Teknologi, Blogging - Mengatasi gambar tidak muncul di facebook bagi pemilik website yang menggunakan CMS wordpress sebenarnya banyak cara yang bisa digunakan. Namun terkadang dari sekian banyak tutor...
Teknologi Terbaru Firmware PS4 Versi 3.50 Telah dirilis Dengan Berbaga... Teknologi - Teknologi terbaru Software PS4 yang sudah dirilis beberapa waktu lalu kini mulai di uji cobakan kepada para gamer. Ada beberapa fitur-fitur tambahan yang akan memanjakan maniac game. Pa...
Teknik Budidaya Tanaman Kenaf Di Lahan Gambut Lahan gambut tergolong lahan bermasalah, karena mempunyai sifat-sifat antara lain: ketebalan gambut yang cepat menyusut, daya tahan rendah, sifat mengerut yang sulit kembali yang mengakibatkan daya re...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top