Posisi Anda
Home > Lifestyle > Cara Menghilangkan Rasa Takut Anak Saat Tampil Di Depan Umum

Cara Menghilangkan Rasa Takut Anak Saat Tampil Di Depan Umum

Menghilangkan Rasa Takut Anak

Lifestyle, Pedekik.com – Banyak anak yang merasa malu dan takut ketika harus tampil di depan orang banyak. Baik itu tampil saat acara resmi atau hanya sekedar di tempat yang bukan lingkungannya.

Dan sebagai orang tua tentunya tidak ingin anak nya memiliki sifat minder, pemalu apalagi penakut. Sebaiknya anda berusaha untuk menghilangkan rasa takut anak anda agar mereka berani tampil di depan umum.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seorang anak tidak pede ketika harus berhadapan dengan orang banyak. Bahkan untuk mengeluarkan suaranya pun mereka terkadang takut. Sifat ini sebenarnya normal. Mungkin karena karakternya memang pemalu. Namun jika berlebihan tentu tidak baik.

Untuk itu jika anak anda termasuk orang yang pemalu dan takut saat berada di kerumunan orang banyak, latihlah mereka sejak dini. Karena jika dibiarkan sifat ini akan terbawa hingga anak tumbuh dewasa. Dan emosinalnya jadi tidak berkembang.

Disini ada beberapa tips yang bisa membantu anda bagaimana caranya menghilangkan rasa takut anak yang berlebihan. Terutama saat mereka harus tampil di depan umum. Karena umumnya anak tidak malu saat berkomukasi dengan orang tuanya. Sementara kepada orang lain muncul rasa minder.

Cara yang paling baik membina mental anak sebenarnya dikonsultasikan ke pakar psikologi anak. Namun hal itu tentu butuh biaya. Mendatangi pakar anak cukup dilakukan jika kondisi mental anak benar-benar mengkhawatirkan.

Jadi untuk menghilangkan rasa takut anak yang masih dalam kategori normal bisa kita latih sendiri dan cukup memberikan perhatian terhadap anak kita. Oleh karena itu silahkan simak tips sederhana di bawah ini :

1. Untuk melatih mental anak ketika dia akan membuat penampilan anda usahakan agar anak anda menguasai materi tentang apa yang akan di tampilkan. Ajari mereka dengan cara praktek tentang materi itu.

Buatlah latihan dengan menganggap bahwa dirinya sedang berada di panggung atau tempat di mana ia akan tampil. Jika perlu panggil anak-anak lainnya untuk melihat dia latihan.

2. Jangan selalu menghakimi anak saat ia membuat kesalahan. Tetapi berikan koreksi dan support yang positif. Perbaiki kesalahannya dengan cara menuntun dan tunjukkan bagaimana seharusnya.

Jika anda selalu menyalahkan atau menghakimi, maka dia akan beranggapan orang lain pun akan melakukan hal yang sama dengan anda ketika ia salah diatas panggung.

Baca Juga :   Pernikahan Artis Nani Wijaya (72 tahun) dengan Sastrawan Ajip Rosidi (79 tahun)

3. Jika harus memberikan kritik, maka lakukanlah dengan bahasa yang halus dan tidak membentak. Jika perlu dengan sedikit lelucon.

Lelucon biasanya akan mencairkan suasana. Hati anak menjadi gembira dan tidak canggung. Ini juga efektif menghilangkan rasa takut anak anda walaupun hanya sebentar. Dengan kata lain megalihkan suasana hati sebentar ke kondisi santai.

4. Beri penilaian positif dengan menghargainya. Misalnya dengan kata-kata ‘Mantap !’ atau ‘Hebat !’. Yakinkan pada dirinya jika penampilannya nanti bagus seperti yang anda ajarkan maka orang akan senang pada dirinya. Dan katakan sebagai orang tua anda juga akan ikut senang.

5. Latihlah anak untuk bersuara bebas atau lepas. Jangan di tahan saat ia berbicara atau bergerak. Berikan semangat dengan mengatakan lebih baik salah dari pada tidak mau tampil seperti orang lain.

Atau jika memang belum maksimal saat ia latihan katakan bahwa untuk tahap awal tidak masalah melakukan kesalahan. Nanti lama-lama juga akan terbiasa. Intinya sekarang kita sedang melatih mentalnya bagaimana agar ia mau tampil di depan umum. Belum sepenuhnya kepada kualitas materi yang akan dibawakannya.

6. Usahakan agar anak datang lebih awal ketika dia akan tampil. Hal ini agar anak beradaptasi dengan suasana di lingkungan sebelum dirinya naik ke panggung.

Sebaiknya anda ikut mengantar atau mendampingi anak anda ke acara penampilan tersebut. Dan contohkan suasana yang rileks saat berada di kerumunan pengunjung acara.

Jika perlu anda berkomunikasi dengan anak-anak lainnya agar anak anda juga ikut terbawa suasana seperti teman-temannya. Berikan sedikit pujian kepada anak anda di depan teman-temannya.

Demikianlah tips sederhana bagaimana cara menghilangkan rasa takut anak kita saat dirinya ditunjuk untuk membawakan suatu penampilan di depan pengunjung yang ramai.

Dari tips diatas, bisa di ambil kesimpulan bahwa untuk melatih agar anak anda memiliki mental yang berani, otomatis anda sebagai orang tua juga harus belajar berani tampil di muka umum. Namun jika tidak anda bisa mencari orang lain untuk melatihnya dan anda harus ikut mengontrol atau memberikan suport kepada anak saat ia latihan. (pdk)

Cara Menghilangkan Rasa Takut Anak Saat Tampil Di Depan Umum was last modified: April 4th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Lindsay Lohan pakai hijab, Di tahan di bandara Inggeris Lifestyle - Aktris Hollywood Lindsay Lohan mengaku dirinya telah ditahan oleh pihak Bandara Heathrow di London karena ia mengenakan hijab. Dia menceritakan kisahnya itu saat acara talkshow ketika dia ...
Lucu, Tak bisa Bahasa Inggeris, Atlet ini jawab pertanyaan Wartawan pa... Lifestyle, Pedekik.com - Walaupun tidak menguasai bahasa Inggeris, seorang atlet Jepang berhasil melakukan wawancara dalam bahasa Inggeris yang membuat tertawa para penonton. Bagaimana ia menjawab per...
Gunakan Tips Merawat Kulit Secara Alami Ini. Dijamin Anda Tetap Cantik Lifestyle - Bagi mereka yang peduli akan kecantikan dan penampilan pasti juga tidak meninggalkan perawatan terhadap kulit. Apalagi bagi cewek yang belum menikah atau masih usia muda. Mereka akan berus...
Kenapa Tahun Baru Imlek Identik Dengan Lampion Merah Dan Petasan ? Ini... Imlek - Pedekik.com, Pada setiap tahun baru Imlek, masyarakat Tionghoa sering memasang lampion merah yang umumnya digantung di teras rumah, jalan-jalan, kelenteng dan tempat umum lainnya. Unikn...
Shireen Sungkar Diserang Fans Ayu Ting Ting, Begini ceritanya Lifestyle - Shireen Sungkar beberapa waktu lalu telah diserang oleh fans berat Ayu Ting Ting. Dia juga heran kok bisa terkait masalah polemik Ayu Ting Ting. Shireen menceritakan kisahnya saat diwaw...
Marshanda Tidak Gengsi Mengakui Ayahnya Jadi Pengemis Setelah beberapa hari lalu ayah Marshanda terjaring oleh petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) di Jakarta Selatan, masyarakat di buat heboh dengan gosip tersebut. Namun setel...
Efek Negatif Facebook Menyita Banyak Waktu Ketimbang Bermasyarakat Lifestyle - Facebook sebenarnya memiliki banyak efek negatif jika anda tidak selalu waspada. Salah satu efek negatif facebook dalam kehidupan bermasyarakat adalah membuat waktu untuk bersosialisasi da...
Kiper Sepakbola Malaysia Tersambar Petir Ketika Sedang Main Dilapangan Entertainment - Seorang Kiper sepak bola Klub Melaka United Malaysia, tersambar petir pada hari Selasa 5 April lalu saat asyik bermain dilapangan. Salah satu temannya juga mengalami nasib yang sama. Y...

Leave a Reply

Top