Posisi Anda
Home > Teknologi > Ingin Mengetahui Berita Hoax? Deteksi Menggunakan Facebook

Ingin Mengetahui Berita Hoax? Deteksi Menggunakan Facebook

berita hoax

Facebook, Pedekik.com – Anda pasti sudah sering mendengar istilah berita hoax di internet. Tidak tahu persis dari mana istilah itu muncul. Namun saat ini berita hoax memang sudah kelewat batas. Bahkan media-media besar pun terkadang ikut menyebarkan berita hoax ini.

Berita hoax atau berita palsu alias info abal-abal entah apa lagi namaya, memang sangat merugikan dan memprihatinkan. Sampai-sampai pemerintah pun dibuat sibuk dengan istilah hoax ini.

Terlepas dari itu semua, bagaimana sih cara mengetahui sebuah berita atau informasi itu termasuk hoax atau palsu? Pertanyaan ini memang sulit dijawab. Kecuali bagi orang yang melihat langsung dengan mata kepala sendiri, mendengar lewat telinganya sendiri dan berada di lokasi kejadian dimana sumber berita itu berasal.

Apalagi penyebaran informasi saat ini sangat mudah di lakukan lewat media sosial. Sementara pengguna jaringan sosial itu sendiri tidak selektif dalam menerima informasi.

Tidak ketinggalan pula dengan medsos facebook yang memang rajanya jaringan media sosial di internet. Ada jutaan akun yang menshare berita lewat facebook setiap harinya. Baik itu berita hoax ataupun informasi yang diakui keabsahannya.

Nah, untuk itulah kita harus bisa mendeteksi dan mengetahui berita hoax yang di share di media sosial itu benar adanya atau tidak. Lantas bagaimana cara mendeteksinya ?

Untuk mengetahui sebuah berita itu hoax atau bukan, kita cukup menggunakan fitur penangkal berita hoax yang diperkenalkan facebook baru-baru ini.

Fitur ini sebenarnya sudah muncul akhir 2016 lalu. Namun tidak banyak yang tahu dan penggunaannya belum populer. Baru sekarang mulai di kenal oleh pengguna secara umum. Seperti dilansir liputan6, Jum’at (24/3/2017).

Fitur yang diluncurkan hasil kerjasama facebook dengan organisasi penguji fakta ini, disematkan dalam aplikasi facebook guna mengurangi penyebaran informasi palsu yang memang marak akhir-akhir ini.

Baca Juga :   Agar Selamat dari Hacker, Terapkan Cara ini di Gadget Anda

Karena secara tidak langsung facebook sebagai media sosial yang paling banyak penggunanya di dunia, punya andil dalam menjamurnya berita hoax di internet. Yakni lewat status share artikel di dinding facbook.

Hal ini juga sebagai rasa tanggung jawab yang dilakukan facebook guna menekan lajunya peredaran berita hoax di dunia maya. Dengan fitur ini bisa diketahui apakah berita itu mengadung hoax atau tidak.

Dengan fasilitas penangkal berita palsu ini, orang yang berusaha untuk menshare berita di wall facebook akan dapat peringatan lewat jendela munculan atau pop up.

Facebook akan memberi warning bahwa artikel atau berita tersebut telah diperdebatkan alias kontroversial. Jika peringatan itu diabaikan oleh pengguna, tampilan pop up akan muncul lagi dan menegaskan bahwa banyak organisasi penguji fakta memperdebatkan akurasi artikel tersebut dan meragukan kebenarannya.

Jika link berita itu tetap di publish atau di share akan muncul juga namun akan ditandai sebagai peringatan.

Namun sayangnya fitur yang bisa digunakan untuk mengetahui berita hoax di facebook ini, penggunaannya masih terbatas sehingga belum semua pengguna akun facebook mendapat fasilitas tersebut.

Mudah-mudahan nanti di Indonesia fitur ini sudah bisa digunakan sehingga para facebooker bisa mengetahui berita hoax atau palsu di media sosial.

Begitulah kenyataannya efek negatif dari perkembangan teknologi saat ini. Baik disadari atau tidak, kita sebagai pemakai teknologi pun akan kena imbasnya. Bahkan perusahaan penyedia teknologi sekalipun akan tetap memiliki resiko. Sebagaimana Google Diboikot Perusahaan Ternama Gara-gara Konten ini. (pdk)

Ingin Mengetahui Berita Hoax? Deteksi Menggunakan Facebook was last modified: March 25th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Penemuan Teknologi Terbaru, Alat Penambal Ban Anak SMK Indonesia Teknologi - Penemuan bidang teknologi terbaru terus bermunculan seiring dengan perkembangan pemikiran manusia yang cenderung akan pola hidup yang praktis, simpel, cepat, mudah dan murah. Salah satu pe...
Teknologi Terbaru Firmware PS4 Versi 3.50 Telah dirilis Dengan Berbaga... Teknologi - Teknologi terbaru Software PS4 yang sudah dirilis beberapa waktu lalu kini mulai di uji cobakan kepada para gamer. Ada beberapa fitur-fitur tambahan yang akan memanjakan maniac game. Pa...
Teknik Budidaya Tanaman Kenaf Di Lahan Gambut Lahan gambut tergolong lahan bermasalah, karena mempunyai sifat-sifat antara lain: ketebalan gambut yang cepat menyusut, daya tahan rendah, sifat mengerut yang sulit kembali yang mengakibatkan daya re...
Teknologi Baru Robot Canggih Mirip Artis Hollywood, Cantik Banget! Teknologi - Seorang warga Hongkong yang bukan ahli bidang teknologi baru-baru ini telah berhasil membuat sebuah robot canggih yang sangat mirip dengan artis hollywood Scarlet Johansen. Dengan mengg...
Teknologi Produk Sharp Terbaru, Kulkas Berlapis Emas Teknologi - Perusahaan Sharp baru-baru ini meluncurkan produk terbaru untuk peralatan rumah tangga. Yakni Kulkas yang di beri label Shine Refrigerator dan sebuah lemari es berlapis emas. Sejak pert...
Indonesia Jadi Sasaran Besar Ahli Cyber Crime China Teknologi - Baru-baru ini sebuah perusahaan keamanan dan perlindungan data asal California Amerika menginformasikan bahwa Indonesia jadi sasaran besar para cyber crime china. Perusahaan bernama Fir...
Google Diboikot Perusahaan Ternama Gara-gara Konten ini Teknologi, Pedekik.com - Sejumlah perusahaan ternama melakukan pemboikotan terhadap google. Bahkan pemerintah Ingggeris juga ikut melakukan somasi tersebut. Hal ini tentu sedikit banyak menurunkan nam...
Mengenal Tanaman Kenaf Dan Prospeknya Kenaf merupakan salah satu tanaman semusim penghasil serat selain tanaman sejenis lainnya seperti rami, rosella, dan yute. Serat yang dihasilkan merupakan serat alam yang ramah lingkungan. Serat kenaf...

Leave a Reply

Top