Posisi Anda
Home > Berita desa > Inilah 5 Tips Memajukan Bumdes Bagi Pengurus Dan Masyarakat Desa

Inilah 5 Tips Memajukan Bumdes Bagi Pengurus Dan Masyarakat Desa

Tips memajukan Bumdes

Info Desa – 5 Tips memajukan bumdes ini merupakan modal dasar jika Badan usaha di desa anda ingin sukses. Meskipun masih banyak cara lain dan langkah yang bisa dilakukan bagi pengurusnya sendiri maupun oleh masyarakat desa.

Kata siapa sukses hanya dimiliki mereka yang terlahir kaya raya ? Atau bisa saja sebagian kelompok orang berpikir bahwasanya kesuksesan cuma identik dengan mereka yang hidup di perkotaan. Percayalah semua pemikiran tersebut merupakan kekeliruan besar.

Jangan pernah pesimis. Terlalu cepat menyerah hanya boleh dilakukan oleh para pencundang. Selepas memiliki semangat membara dan tak mudah mengalah dengan keadaan, maka orang desa punya kesempatan yang sama tuk meraih kesuksesan.

Orang desa bisa mendapat keberhasilan hingga miliki kehidupan yang berkecukupan, bahkan tak jarang mereka yang telah bergelimang harta. Coba Baca Info Desa Penghasil Rumput Laut Dapat Bantuan Dari Kemendes Pusat ini. Kemauan yang tinggi, tekad yang bulat, serta bekerja cerdas, lagi doa yang tiada henti merupakan 4 poin utama supaya siapapun, termasuk orang desa bisa sukses.

Meraih kesuksesan bisa melalui apa saja. Salah satunya dengan Badan Usaha Milik Desa atau yang kerap dikenal dengan BUMDes. Mengapa memilih BUMDes ? Itu karena lembaga ini dianggap bisa menjadi sebuah wadah untuk menaungi masyarakat desa supaya memilki kehidupan perekonomian sejahtera.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara meraih keberhasilan dengan terlibat di dalam BUMDes ? Nah, simak terus ulasan kami mengenai Tips memajukan Bumdes dan kiat yang bisa dilakukan orang desa agar sukses melalui BUMDes.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai berbagai kiat secara indiviual, jangan lupa bahwa para individu yang tergabung dalam BUMDes akan membentuk suatu sistem kepengurusan. Sistem tersebut harus tersusun atas struktur yang jelas diiringi pembagian hak dan kewajiban masig-masing sesuai dengan amanah yang diberikan.

Kalau sudah ada sistem yang tidak semerawut alias berantakan, jalannya kehidupan BUMDes bisa efektif dan efisien guna mencapai hasil yang optimal.

Usai kepengurusan BUMDes terstruktur dengan baik, maka barulah kita masuk ke pembahasan inti mengenai apa saja sebenarnya kiat yang harus dilakukan oleh pengurus bumdes dan masyarakat desa, agar orang desa sekalipun bisa sukses melalui Bumdes.

Berikut ini ulasan tentang 5 Tips memajukan Bumdes yang harus diperhatikan agar badan usaha di desa anda sukses :

1. Open minded

Open minded alias memiliki pikiran yang terbuka, yakni orang desa harus selalu menyeimbangkan berbagai nilai kearifan lokal dengan berbagai pengetahuan yang global. Seiring berjalannya waktu, pengetahuan terus berkembang disertai kemajuan teknologi yang kian pesat.

Di era globalisasi, banyak sekali hal modern tercipta disertai berbagai unsur budaya orang barat menyebar luas ke seluruh penjuru. Tak ada salahnya mengadaptasi hal-hal baik dari arus global yang datang. Namun, jangan sampai kebudayaan dan nilai luhur di negeri sendiri menjadi luntur karenanya.

Jadi, untuk memajukan bumdes perlu juga di seimbangkan kearifan lokal yang sifatnya hakiki dengan selalu update alias memperbaharui pengetahuan dan keterampilan terbaru supaya bisa sukses melalui BUMDes.

2. Hasrat belajar dan membenahi diri yang tinggi

Keinginan tuk selalu belajar adalah penyerta dari pikiran terbuka yang telah dibahas pada poin pertama.

Jangan sampai orang lain berkata ndeso pada masyarakat desa dari daerah Anda. Karena memang perkembangan pengetahuan dan keterampilan selaras dengan kemajuan tekonologi yang semakin pesat.

Baca Juga :   Di Desa ini, Semua Warga Harus Mematikan Televisi Selama 2 jam

Oleh karena itu, supaya bisa sukses melalui BUMDes, masyarakatnya tak boleh bermalas-malasan, baik selalu berkerja maupun senantiasa belajar berbagai hal.

3. Berjiwa bak seorang kapten

Tips memajukan bumdes berikutnya yakni anda harus merasa bak seorang kapten alias pimpinan. Setidaknya dimulai dari mampu memimpin diri sendiri.

Pertama kali ya memang wajib melakukan tata kelola pada diri sendiri. Mampu menyesaikan semua kewajiban, lalu dapatkan hasilnya sesuai pembagian hak yang seimbang dalam ketentuan.

Selepas mampu memimpin diri sendiri, barulah perlahan tapi pasti kita bisa berada di posisi paling atas selaku pimpinan BUMDes.

Jika memang diamanahkan untuk menjadi seorang pemimpin suatu kelompok, maka harus bisa memberi arahan pada BUMDes supaya bisa terarah. Kalau sudah begitu, jalan sukses melalui BUMDes bisa terlihat jelas di depan mata.

Salah satu cara untuk memfasilitasi hasrat belajar yang tinggi yaitu dengan mengadakan berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Pengurus BUMDes maupun masyarakat desa secara luas diberikan bimbingan teknis, entah itu pembinaan dari pemerintah atau pihak swasta.

4. Saling melakukan pengendalian

Hal pertama yang harus dikendalikan adalah dari diri sendiri. Sama seperti jiwa kepemimpinan, seseorang mesti sanggup mengendalikan ego pada dirinya supaya mampu menjauhi diri dari segala bentuk pembajakan yang membuat penyimpangan anggaran dana BUMDes.

Selain bentuk manajemen dan standar operasional prosedur alias SOP suatu BUMDes, anggaran dana juga selalu dirumuskan setiap tahunnya. Kemudian, kalau dana tersebut dinikmati oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, apalagi tanpa ada kaitan dengan keberlangsungan BUMDes, maka orang desa mustahil untuk meraih sukses melalui BUMDes.

Semua individu mungkin bisa saling mengingatkan satu sama lain supaya dapat mekakukan pengontrolan diri.

Cara mewujudkannya yakni dengan melakukan pertemuan dan pengawasan secara rutin ;

– Pertemuan diadakan supaya sama-sama menilai sudah sejauh mana melangkah dan hal apa saja yang telah diraih melalui BUMDes. Menelaah masalah apa saja yang mendera perjalanan BUMDes, lalu mencari apa solusi yabg terbaik. Tak lupa pula bertemu untuk mendiskusikan target yang kelak ingin dicapai.

– Pengawasan dilakukan oleh pengurus internal BUMDes maupun masyarakat desa secara umum. Hal ini bertujuan agar langkah sukses melalui BUMDes yang diambil bisa tercapai tanpa ada kekeliruan maupun penyimpangan.

5. Nilai gotong-royong yang tak boleh luntur

Selain semangat mesti selalu membara dalam diri pribadi masing-masing, masyarakat desa juga harus saling bahu membahu dalam menjalankan segala program maupun bentuk perencanaan lainnya.

Tanpa ada kerja sama, mimpi akan sukses melalui BUMDes cuma berupa bualan dan khayalan belaka.

Oleh karena itu, gotong royong sebagai sebuah nilai kearifan lokal yang berasal dari para leluhur masyarakat Indonesia terdauhulu, harus dilestarikan layaknya sebuah warisan berharga yang tak boleh musnah.

Nah, itu tadi pembahasan 5 Tips memajukan Bumdes supaya bisa menjadi orang desa yang sukses. Semoga informasi yang diberikan tak hanya jadi teori yang menguap begitu saja, melainkan Anda bisa terapkan dan implementasikan dalam kehidupan nyata.

Sehingga Badan Usaha di desa anda menjadi Bumdes terbaik seperti halnya Desa Ini Miliki Bumdes Terbaik Di Bengkalis, Ternyata Bidang Usahanya Sangat Sederhana. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Koramil Bengkalis Mengadakan Karya Bhakti Di Monumen Perjuangan Pedeki... Bengkalis - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke-68 jajaran Koramil Bengkalis mengadakan Karya Bhakti dengan melakukan normalisasi dan pembersihan Tugu Monumen Perjuangan yang berlokasi di d...
Puluhan Hektar Lahan Perkebunan Pedekik Bengkalis Terbakar Bengkalis - Kebakaran hutan dan lahan perkebunan di Bengkalis semakin menjadi - jadi. Khususnya di Desa Pedekik dan desa - desa lainnya. Setidaknya hingga hari ini puluhan hektar lahan perkebunan ...
Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Umum Di Pemerintahan Desa Layanan - Pedekik.com, Kepala Urusan Umum atau Kaur Umum di pemerintahan desa juga mempunyai tugas yang cukup berat disamping harus profesional. Walaupun secara teknis Kepala Urusan Umum lebih ...
Jadwal Dan Rute Silaturrohiem (Bara’an) Hari Raya Idul Fitri 143... Perkiraan Jadwal dan rute perjalanan Silaturrohiem Hari raya Idul Fitri 1434 H Dusun II dan III Desa Pedekik Bengkalis. Untuk Penentuan tanggal Hari Raya mengikuti pengumuman dari Pemerintah. Bagi rum...
Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintah Desa #1 Bengkalis - pedekik.com. Selamat malam sobat-sobat netizen... Daripada nganggur aku, lebih baik ku isi dengan nulis-nulis yang kira-kira patut ku tulis he..he..he... Sebenarnya posting ini saya tul...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top