Posisi Anda
Home > Bisnis > Inilah Kunci Sukses Bisnis Facebook Yang Perlu Anda Tiru

Inilah Kunci Sukses Bisnis Facebook Yang Perlu Anda Tiru

kunci sukses bisnis

Bisnis, Pedekik.com – Anda seorang yang hobi dengan bisnis ? Atau ingin memiliki dan membuka bisnis ? Kali ini kami akan sajikan sebuah panduan bisnis tentang kunci sukses bisnis facebook milik Mark Zuckerberg ini.

Tiga belas tahun yang lalu, facebook hanyalah sebuah pekerjaan coding yang di lakukan oleh Mark Zuckerberg di kamar asramanya. Sama dengan coding bahasa program lainnya seperti mereka-mereka yang sedang belajar ilmu komputer.

Namun saat ini facebook adalah sebuah bisnis global yang telah menghasilkan lebih dari $ 4 milyar dan telah digunakan oleh 1/8 penduduk dunia. Sehingga nilai bisnis facebook ini mencapai angka lebih dari $ 100 milyar.

Ketika itu ada puluhan jaringan media sosial lainnya yang sudah berjalan di internet. Namun sekarang facebook berhasil menduduki urutan pertama dan mengalahkan media sosial lainnya.

Pertanyaannya adalah mengapa dan bagaimana facebook bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini ?

Berikut ini kami bocorkan kunci sukses bisnis facebook yang perlu anda tiru dalam berbisnis. Karena pada dasarnya apa yang Mark Zuckerberg lakukan dengan bisnis facebooknya, berlaku juga pada bisnis yang lainnya.

1. Zuckerberg bergerak cepat

Saat membuat coding facebook versi pertama, Mark Zuckerberg hanya sekedar mengisi waktu luang di kamar asramanya di Harvard. Dia tidak berfikir akan menjadikan facebook sebuah bisnis yang besar.

Sehingga Zuckerberg pun tidak membuat rencana-rencana bisnis layaknya seorang wirausaha yang akan membuka bisnis. Butuh modal berapa? Bagaimana prospeknya? Apa saja yang perlu di persiapkan? Tidak kepikiran tentang itu semua. Apalagi melakukan riset pasar dan tetek bengek lainnya.

Dia hanya ingin membuat sebuah aplikasi web media sosial yang simpel dan bermanfaat. Sehingga Zuckerberg hanya butuh masukan dari teman-temannya tentang ide apa yang sedang mereka pikirkan. Dan meminta nasehat serta masukan saran tentang aplikasi yang sedang dibuatnya. Dan Akhirnya lahirlah Facebook.

2. Ide Bukan Faktor Penting memulai bisnis

Kunci sukses bisnis facebook selanjutnya adalah ide. Ya, ide memang harus ada. Tapi hanya sekian persennya saja dari berbagai faktor utama lainnya. Ide-ide untuk membuka dan memiliki suatu usaha merupakan bagian kecil saja. Yang paling penting adalah buat, mulai dan jalankan.

Saat facebook baru diluncurkan, muncul pertanyaan besar yang jadi polemik tentang ide siapa ini? Sehingga bisa sesukses sekarang.

Dua orang senior di Harvard mengaku bahwa itu ide mereka. Dan dicuri oleh Mark Zuckerberg. Sehingga menjadi persengketaan hukum yang berlangsung hampir satu dekade.

Sementara itu di luar kampus Harvard, ada banyak pengusaha lain yang mempunyai ide yang sama. Dan mereka pun berusaha untuk mewujudkannya. Tetapi sampai saat ini facebook lah yang menjadi juara. Mengapa?

Karena ide hanya merupakan bagian kecil saja dari bisnis. Tidak terlalu penting. Sehingga tidak ada alasan orang belum bisa membuka usaha karena belum memiliki ide. Yang paling penting adalah mewujudkan ide itu secepatnya.

3. Buatlah se simpel mungkin

Jadikan produk anda se simple mungkin. Tidak terlalu rumit. Baik cara mendapatkannya, cara penggunaannya dan jika perlu harganya. Kalau usaha anda di bidang jasa, sediakan layanan yang mudah dan simpel. Tidak merepotkan.

Begitulah yang terjadi pada facebook. Simpel inilah yang menjadi salah satu kunci rahasia kesuksesan mengapa bisnis facebook berkembang cepat.

Banyak perusahaan yang terlena dan bersemangat ingin membuat produknya memiliki fitur yang lengkap dan sempurna. Sehingga mereka lupa saking komplitnya fitur yang disediakan, sampai-sampai konsumen tidak tahu cara menggunakannya.

Di sisi lain saking sempurnanya produk yang mereka ciptakan, sehingga butuh waktu yang lama untuk memproduksinya. Begitu selesai dan siap dipasarkan, ternyata mereka sudah di salip oleh yang lainnya.

Saat diluncurkan pertama kali, aplikasi Facebook versi pertama ini sangat sederhana. Dan ini merupakan awal yang bagus. Baru kemudian Zuckerberg dan timnya melakukan perbaikan dan pengembangan. Namun ia tetap menjaga bagaimana facebook bisa di gunakan semudah mungkin.

“Tidak merepotkan orang lain adalah suatu hal yang sangat berharga. Tapi jarang orang yang memperhatikan hal itu”.

4. Ketahui apa yang bikin usaha bisa mandek

Hal ini harus dicari, temukan dan jaga jangan sampai hal itu terjadi pada bisnis anda. Faktor ini penting untuk kesuksesan bisnis anda ke depan. Ini juga lah yang menjadi kunci sukses bisnis facebook.

Setelah mulai dan melakukan perbaikan serta pengembangan flatform facebook, Mark Zuckerberg bersama timnya menjaga sekuat mungkin jangan sampai bisnisnya menjadi mandek hingga bisa bangkrut.

Baca Juga :   Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis

Banyak orang yag lupa bahwa facebook bukanlah jaringan media sosial pertama yang ada. Di Colombia dan Stanford sudah ada media sosial yang muncul sebelum facebook. Tahun 2001 sudah ada jaringan sosial Nexus. Namun karena aplikasinya yang rumit membuat ia tidak bisa bertahan menghadapi pesaingnya.

Contoh nyata lainnya adalah media sosial Friendster dan MySpace yang menghilang disebabkan aplikasinya bermasalah hingga kalah dalam persaingan di dunia maya. Friendster pun akhirnya mandek dan tewas.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena Friendster tidak membatasi penggunanya dan tidak mempertimbangkan kemampuan infrastruktur servernya serta tidak mempersiapkan kemungkinan ini dari awal.

Pengguna dan pendaftaran akun di friendster semakin banyak. Karena infrastruktur nya tidak kuat membuat aplikasi ini lambat di akses. Semakin lama layanannya semakin buruk.

Barulah kemudian perusahaan berusaha untuk mengatasai masalah tersebut dan memperbaiki aplikasinya. Namun setahun kemudian saat ia sedang berbenah, sebagian besar pengguna friendster di Amerika telah ber paling ke jaringan media sosial lainnya.

Namun tidak demikian dengan yang dilakukan Zuckerberg. Dia sudah mengantisipasi hal ini sejak dini. Facebook cukup hati-hati dalam mengontrol pelayanan. Sehingga pengguna facebook pun pernah dibatasi. Mungkin ini juga yang menyebabkan pertemanan di facebook hanya terbatas sampai 5000 orang saja.

Sehingga sampai saat ini facebook masih tetap eksis sebagai pemenang. Dan menikmati hasil kesuksesannya yang bernilai milyaran dolar itu. Dia berusaha untuk tidak menjadi mangsa dari perkara yang bisa membuat bisnisnya mandek.

5. Fokuslah terhadap Produk

Kunci sukses bisnis yang diterapkan facebook selanjutnya adalah menjaga kualitas produk. Mark Zuckerberg yang jadi terkenal itu awalnya tidak tertarik untuk menjadikan facebook sebuah bisnis. Sebaliknya ia memusatkan perhatiannya kepada produk. Yaitu aplikasi facebook itu sendiri.

Obsesinya untuk terus meningkatkan dan menjaga kualitas facebook ini, membuat ia menolak tawaran pemasangan iklan di facebook. Karena ia tidak mau dengan tampilan iklan di facebook akan mengganggu dan memeperburuk tampilan aplikasi tersebut. Mark ingin agar facebook tetap nyaman di akses penggunanya.

Facebook terus berkembang dan zuckerberg masih tetap fokus menjaga kualitas aplikasi facebooknya. Sampailah akhirnya ia memutuskan untuk menyewa dua orang eksekutif senior yang dipercayakan menjalankan perusahaannya dan mengelola keuangan. Yaitu Sheryl Sandberg dan David Ebersman.

Facebook pun siap untuk go publik. Mulailah ia membuka penawaran kepada pemegang saham dan menyampaikan bahwa tujuan pertama perusahaannya adalah fokus pada misi sosial dan bisnis adalah tujuan kedua.

Tidak mengherankan kemudian muncul berita di wall street bahwa apa yang disampaikan zuckerberg hanya sebagai kedok ata basa basi. Karena menurut wall street sudah seharusnya sebuah perusahaan itu lebih fokus mengutamakan keuntungan pemegang saham nya ketika ia menawarkan bisnisnya. Sehingga harga sahamnya bisa naik. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh perusahaan web amazone dan lainya.

Namun demikian, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan harga saham dan menguntungkan bagi para pemegang saham dalam jangka panjang kedepan, adalah fokus terhadap kualitas produk dan kepuasan konsumen.

Kalau produk dan pelanggan terjaga, maka otomatis terdapat nilai bisnis di situ, dan keuntungan akan datang. Sehingga perusahaan tidak terjerumus kepada kesalahan yang berakibat fatal. Yakni mengutamakan dan fokus pada keuntungan bisnis namun lupa menjaga produk yang berkualitas.

Trik bisnis diatas adalah beberapa kunci sukses bisnis facebook yang perlu di tiru dalam menjalankan usaha. Walaupun masih ada beberapa poin lagi yang membuat bisnis facebook mencapai titik keberhasilan yang memuaskan.
Akan sangat baik jika anda mempelajari seluk beluk kesuksesan orang lain sebagai persiapan anda sebelum membuka usaha dan menjalankan bisnis. Disamping itu sebagai pribadi yang ingin memiliki bisnis sendiri, anda perlu membaca 5 Dasar Panduan Membuka Usaha Bagi Pemula Menuju Sukses.

Dan jangan lupa beri apresiasi terhadap tulisan ini dengan memberi LIKE pada Fan Page Facebook Pedekik.com yang ada di sebelah kanan web ini.

Semoga bermanfaat dan Share artikel ini jika tidak keberatan. Trims ! (pdk)

Inilah Kunci Sukses Bisnis Facebook Yang Perlu Anda Tiru was last modified: March 24th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Usaha Jasa Cuci Sepatu, Peluang Bisnis Baru yang langka Bisnis, Pedekik.com - Membuka usaha jasa cuci sepatu menjadi salah satu alternatif peluang bisnis baru untuk dijalankan. Sekarang memang sedang tren buka usaha dibidang cuci-mencuci di kalangan masyar...
Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati Bisnis, Pedekik.com - Ketika mulai membuka usaha, prinsip dasar bisnis tidak boleh anda tinggalkan. Karena itulah sejatinya modal bisnis anda. Yaitu prinsip atau sikap yang harus anda taati jika usaha...
Tips Cara Mengetahui Investasi Ilegal Sebelum Menjadi Korban Bisnis, Pedekik.com - Di indonesia tidak sedikit jumlah koperasi yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Namun ternyata banyak pula koperasi yang menyalahi aturan dengan melakukan praktek bisnis ileg...
Bunga Pinjaman di Pegadaian per Bulan Paling Murah, Hanya 0,01% Bisnis - Tahun 2016 ini merupakan Tahun Pelayanan bagi PT. Pegadaian Indonesia sebagai wujud keseriusannya dalam melayani masyarakat. Betapa tidak, bunga pinjaman di Pegadaian per bulannya bisa di bil...
Prospek Bisnis Online Paling Menjanjikan Di Internet Bisnis - Jika anda sedang mencari bisnis online yang punya prospek paling menjanjikan untuk dijalani, maka anda harus baca artikel ini hingga selesai. Karena mendapatkan penghasilan melaui media onlin...
Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini Bisnis, Pedekik.com - Memiliki bisnis sendiri tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Mulai dari membuka usaha sendiri, menarik pelanggan, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan layanan dan lainn...
Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Sering Terjadi Di Kalangan Pemula Bisnis - Bagi pemula yang baru belajar merintis bisnis sendiri selalu mengalami kendala di awal perjalanan usahanya. Sebenarnya kegagalan dalam menjalankan usaha pada masa-masa belajar ini adalah hal ...
Apa Sebab Ekonomi Tidak Meningkat ? Ternyata Karena Faktor Ini Bisnis - Setiap orang pasti mengharapkan punya penghasilan yang lebih, yang banyak dan mapan. Apalagi bagi yang sudah mempunyai tanggungan keluarga. Kebutuhannya semakin lama juga semakin tinggi. T...

Leave a Reply

Top