Posisi Anda
Home > Berita desa > Jumlah Desa Tertinggal Di Indonesia Masih Tinggi

Jumlah Desa Tertinggal Di Indonesia Masih Tinggi

desa-tertinggal

Berdasarkan Indeks Pembangunan Desa (IPD) 2014, terdapat 20.168 desa tertinggal. Angka ini merupakan 27,22 persen dari jumlah total desa yang ada di Indonesia, yang mencapai 74.093 desa.

Adapun sebaran desa tertinggal terbanyak di Pulau Papua, dengan jumlah mencapai 6.139 desa.

Sementara itu desa berkembang dan desa mandiri paling banyak ada di Pulau Jawa-Bali. Di Pulau Jawa-Bali jumlah desa berkembang mencapai 20.827 desa, dan desa mandiri mencapai 2.253 desa.

IPD 2014 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pada hari ini, Selasa (20/10/2015) dimaksudkan menjadi acuan bagi pemerintah untuk program pengembangan desa.

Kepala BPS Suryamin dalam peluncuran buku IPD 2014 menyampaikan, agenda RPJMN 2015-2019 yakni pembangunan desa bisa memanfaatkan data IPD 2014 ini.

“Mengentaskan 5.000 desa tertinggal menjadi desa berkembang, dan mengentaskan 2.000 desa berkembang menjadi desa mandiri,” tutur Suryamin.

Suryamin memaparkan, ada 43 indikator dalam mengukur IPD 2014. Lima dimensi yang dilihat dari perkembangan sebuah desa yakni dimensi pelayanan dasar, dimensi infrastruktur dasar, dimensi transportasi, dimensi pelayanan publik, serta dimensi penyelenggaraan pemerintah.

Dari hasil pengukuran tersebut, desa di Indonesia diklasifikasikan menjadi tiga desa, yakni desa mandiri, desa berkembang, dan desa tertinggal.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil berharap, buku IPD 2014 memberikan manfaat baik bagi pembangunan desa.

Meski begitu, dia menambahkan, ke depan perlu dilakukan perbaikan akurasi. Hal ini diperlukan agar program pembangunan desa yang dilakukan pemerintah tidak kontraproduktif.

“Saya lihat sekarang ini banyak program tidak ekonomis. Misalnya, semua kabupaten buat pelabuhan. Padahal pelabuhan itu kalau skalanya kecil malah tidak ekonomis. Jadi yang diinvestasikan malah wasted,” ucap Sofyan.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Data Laporan Bulanan Oktober 2013 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Oktober Tahun 2013. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dala...
Memahami Maksud Kategori Desa Berkembang, Maju, Mandiri Dan Tertinggal Info Desa – Apa sih sebenarnya maksud dari kategori desa berkembang, desa mandiri, maju dan tertinggal? Walaupun ungkapan ini sering kita dengar, tetapi pengertian aslinya mungkin masih ada yang belum...
Smart Village Desa Wisata Di Jawa Timur, Bagaimana Sistemnya? Top Info Desa – Smart village desa wisata merupakan sebuah sistem pengembangan pengelolaan potensi pariwisata secara cerdas dan modern. Di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang sistem smart villa...
Bara’an ; Jadwal Dan Rute Silaturrohiem Idul Fitri 2014 Desa Ped... Hari Raya Idul Fitri 1435 H / 2014 tak lama lagi akan menjelang. Menurut hitungan di kalender nasional 2014, Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Senin tanggal 28 Juli 2014. Namun begitu unt...
Motivasi Pemuda Desa Agar Aktif, Kreatif Dan Inovatif Untuk Membangun Info Desa – Motivasi Pemuda Desa perlu dibangkitkan dalam pembangunan agar desa cepat maju dan berkembang. Libatkan mereka, perankan mereka dan gerakkan mereka. Pembangunan desa bukan semata-mata m...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top