Posisi Anda
Home > Nasional > Kategori Desa Wisata Terbaik di Indonesia Dan Intersasional

Kategori Desa Wisata Terbaik di Indonesia Dan Intersasional

Desa wisata

Nasional – Menjadi Desa Wisata di Indonesia maupun di dunia Internasional memiliki keuntungan tersendiri bagi warga desa dan juga pemerintahan desa. Apalagi jika masuk ke dalam kategori desa wisata yang terbaik.

Karena dari namanya saja tentu orang sudah bisa menggambarkan bahwa desa wisata adalah desa yang memiliki potensi wisata untuk dikunjungi para wisatawan.

Di Indonesia ada beberapa desa yang masuk kedalam kategori desa wisata yang layak untuk tujuan pelancongan dan memiliki ciri khas masing-masing. Coba baca info tentang Memahami Maksud Kategori Desa Berkembang, Maju, Mandiri Dan Tertinggal.

Desa-desa itu telah terpilih sebagai desa wisata terbaik oleh Kementerian Desa PDTT pada tahun 2017.

Sementara untuk kelas internasional banyak sekali desa yang memiliki potensi pariwisata sebagai daerah yang layak untuk anda melakukan travelling saat liburan.

Kali ini pedekik.com akan mengulas beberapa kategori desa wisata di Indonesia dan dunia Internasional guna membuka wawasan bagi daerah-daerah yang punya wisata potensial untuk dikembangkan.

Berikut Kategori Desa Wisata terbaik di Indonesia dan di belahan dunia internasional lainnya :

1. Kategori Desa Wisata Alam Terbaik.

Desa Waturaka, Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Keindahan alam di daerah ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Yaitu Danau Kelimutu. Banyak wisatawan internasional yang berkunjung ke desa ini. Disamping alam desa nya yang menakjubkan, desa ini memiliki konsep yang unik diterapkan bagi turis mancanegara.

Para turis diharuskan tinggal dan berbaur bersama warga setempat. Bahkan mereka juga ikut kegiatan warga sehari-hari seperti mencangkul di ladang atau sawah.

Ada juga yang mengajarkan bahasa inggeris di sekolah. Bahkan ikut bergotong royong mengangkat batu untuk membangun rumah.

Tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi para bule yang berkunjung ke desa itu. Merasakan bagaimana jadi petani dan hidup di kampung Indonesia.

2. Kategori Desa Wisata Agrobisnis terbaik.

Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Obyek wisata di desa ini yang paling indah adalah Air Terjun Coban Sumber Pitu. Juga perpaduan gunung dan pesawahan yang menimbulkan pemandangan menyejukkan mata. Sangat indah terasa. Dan nyaman tentunya.

Masuk ke dalam kategori desa wisata agrobisnis disebabkan banyak kegiatan bisnis dan pertanian di desa ini yang sudah maju. Dikelola secara bagus sehingga menarik sebagai tempat kunjungan wisata.

Ada Rumah Kampung Lestari, perkebunan markisa, apel, jambu dan budidaya tanaman obat yang tertata dengan rapi. Juga terdapat dusun pengolahan susu sapi.

Sedang perjalanan di Jawa Timur ? Jangan lewatkan untuk berkunjung ke desa wisata agrobisnis ini. Dijamin menenangkan hati dan menyejukkan mata anda.

Punya potansi petanian yang perlu di kembangkan di desa anda? Silahkan datang ke Desa Pujon Kidul untuk studi banding dan belajar dari mereka.

3. Kategori Desa Wisata Adat Terbaik.

Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Desa ini juga dinobatkan sebagai desa wisata terbaik di Imdonesia dalam kategori desa adat. Dimana adat yang dipertahankan di desa ini adalah budaya tatto di masyarakat.

Bahkan dikatakan bahwa budaya tato masyarakat desa Madonak ini diklaim sebagai budaya tato tertua di dunia.

Tentang kebenrannya tentu butuh bukti dan penelitian lebih lanjut.

Namun begitu budaya mentato bagi masyarakat di madobak ini sudah turun temurun dan perlu di lestarikan. Sebenanya di pulau mentawai sebdiri masih terdapat desa adat yang lain.

Apakah anda termasuk orang yang hoby dengan tattoo ? Silahkan saja datang berwisata ria ke Madobak untuk melihat bagaimana kreatifitas dan macam ragam model tato yang di gunakan?

Bahkan anda bisa menikmati indahnya laut di Pulau Mentawai ini.

4. Kategori Desa Wisata Budaya Terbaik.

Desa Ubud, Kabupaten Gianyar, Propinsi Bali

Siapa yang tidak kenal Ubud? Desa ini sudah berkelas Internasional karena sudah masyhur di Mancanegara. Informasi budaya yang hidup di masyarakat Ubud ini tentu juga sudah sampai ke berbagai belahan dunia.

Sehingga tidak heran kalau pemerintah menetapkan desa ini sebagai desa wisata terbaik dalam kategori budaya.

Pantai Ubud juga merupakan wisata yang menjadi andalan masyarakat Bali menarik wisatawan datang ke desa tersebut.

Baca Juga :   Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Kesra Di Pemerintahan Desa

5. Kategori Desa Wisata Kreatif Terbaik.

Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau

Potensi wisata yang ada di desa ini adalah wisata Selancar di sungai. Tepatnya di Muara Sungai Kampar. Umumnya orang berselancar di pantai atau di laut dengan gelombang yang besar dan kuat. Namun di Desa Teluk Meranti, berselancar bisa dilakukan di sungai.

Inilah yang banyak menarik minat wisatwan datanag ke lokasi di Propinsi Riau tersebut.

Hal itu tidak lepas dari kreatifitas pemerintah dan masyarakat setempat dalam mengelola daerahnya menjadi obyek wisata.

Sehingga wajar kalau desa Teluk Meranti di tetapkan sebagai kategori desa wisata terbaik dari sisi kreaifitasnya.

Jika anda berkunjung ke Propinsi Riau , jangan lupa menyempatkan diri ke desa ini untuk melihat keindahan ombak sungai yang terkenal dengan ombak Bono ini. Bahkan anda bisa mencoba berselancar disana.

6. Kategori Desa Wisata Pemberdayaan Masyarakat Terbaik.

Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa tengah.

Tidak asing lagi. Bagi kalangan penggiat Bumdesa sudah sangat akrab dengan bahasa Ponggok.

Ya, Desa yang terletak di Klaten ini mampu menarik Menteri Desa datang ke desa itu karena pemdes nya mampu memberdayakan masyarakatnya untuk mengemnbangkan obyek wisata melalui Bumdes.

Dimana atas inisiatif pemuda desa, sebuah embung yang di sulap menjadi tempat wisata mendatangkan banyak kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Atas kerja keras dan kerja sama masyarakat desanya, telah membuahkan hasil yang tidak bisa diangap sepele.

Dimana dari hasil pemberdayaan masyarakatnya telah mampu menyumbangkan PAD (Pendapatan Asli Desa) hingga milyaran pertahun.

Inilah kenapa desa Ponggok masuk kedalam kategori desa terbaik dalam pemberdayaan masyarakat dibidang Pariwisata.

Nah, diatas adalah kategori desa terbaik yang ada di Indonesia. Untuk kelas Internasional banyak sekali desa wisata terindah yang wajib dikunjungi jika anda melakukan travelling dan liburan ke luar Negeri.

Berikut ini beberapa desa yang termasuk memiliki obyek wisata terindah di dunia Intersnasional.

1. Simiane-La-Rotonde Village.

Desa ini terletak di Provence, Prancis. Tepatnya dekat dengan pegununguan alpine.

Karena berada di sekitar pegunungan tentu dareah ini meiliki udara yang sejuk dan pemandangan dari atas yang bagus.

Selain itu di Simiane-La-Rotonde Village Ini terdapat hamparan ladang bunga lavender yang luas. Saat musim bunga mekar tiba, desa ini akan menjadi desa dengan pemandangan warna ungu yang menakjubkan.

Kalau anda punya kebiasaan berkunjung ke Francis, mampirlah ke desa dengan obyek wisata yang menakjubkan itu.

2. Hallstatt Village.

Hallstatt village berada di pegunungan wilayah Austria. Desa ini juga memiliki danau Hallstatter yang indah untuk tempat berwisata ria.

Berkunjung ke sini anda akan merasa kehidupan desa yang nyaman dan tenang. Karena penduduknya hanya sedikit.

Jika anda sudah jenuh dengan berbagai macam persoalan kerja, keluarga atau bisnis, datanglah berlibur ke desa Haalstatt di Austria ini.

3. Marsaxlokk Village.

Lokasi nya berada di Negara Malta. Negara ini tidak begitu terkenal. Tetapi salah satu desanya termasuk memiliki obyek wisata dalam kategori kelas Internasional.

Tidak hanya daerah pegunungan yang menjadi tempat wisat terindah. Daerah pesisir laut juga mampu menarik wisatawan dan pemandangan suasana alam yang menakjubkan. Salah satunya di desa Marsaxlokk ini.

4. Reine Lofoten Village.

Desa wisata Internasional ini terletak di Norwegia. Lokasinya di apit oleh pegunungan. Keindahan alamnya memang cocok sebagai obyek wisata terbaik.

Penuh dengan kenyamanan dan santai serta tenang. Begitulah kesan kehidupan di desa ini. Karena penduduk desanya hanya berjumlah 350 orang saja.

Itulah beberapa desa wisata yang terbaik di Indonesia dan di dunia Internasional. Walupun anda tidak kebayang akan sampai ke desa-desa itu, paling tidak kita pernah mendengar nama desa-desa yang indah di berbagai wilayah nusantara dan dunia.

Mungkin anda juga tertarik untuk membaca artikel Inilah Desa Unik Internasional Dihuni Puluhan Ribu Ekor Ular.

Kategori Desa Wisata Terbaik di Indonesia Dan Intersasional was last modified: April 30th, 2018 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan Desa, RI gaet Australia Nasional - Dalam upaya meningkatkan Kapasitas kepemimpinan Desa di nusantara, Kemendesa PDTT akan menggaet Australia untuk bekerjasama. Diharapkan para pemimpin desa nantinya akan lebih profesional da...
Menteri Desa bicarakan Investasi dari Malaysia mengatasi listrik Nasional - Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjoyo bertemu dengan Duta besar Malaysia untuk Indonesia guna membicarakan investasi. Pertemuan itu berlangsung saat kunjungan Dubes Malaysia ke kantor Kement...
Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya Santri, Nasional - Kartu Indonesia Pintar tidak saja di peruntukkan bagi para pelajar disekolah-sekolah negeri. Santri yang mondok di pesantren pun berhak mendapatkan kartu pintar program pemerintah i...
NAMA DOMAIN: Rancangan Peraturan Menteri Diuji Publik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang pengelolaan nama domain siap diuji publik pada bulan ini. RPM tersebut mengatur tata cara pendaftaran registri dan registrar domain, serta keamanan domain ...
Ini Ketentuan Pencabutan Subsidi Listrik PLN Sampai Bulan Mei Mendatan... Nasional - Pemerintah telah menetapkan pencabutan subsidi listrik mulai bulan Januari kemarin. Pengurangan subsidi dilakukan secara bertahap. Yaitu per dua bulan sekali. Tahap pertama dari bulan Janua...

Leave a Reply

Top