Posisi Anda
Home > Berita desa > Mengenal Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)

Mengenal Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)

Prukades

Info Desa – Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Kementerian Desa PDTT berhasil mengangkat nama Indonesia di dunia Internasional.

Prioritas Program Kementerian Desa Ini Akan Membuka Lapangan Kerja di desa dan diprediksi mampu mengentaskan kemiskinan di Negara kita.

Dalam waktu dekat ini ada 17 negara berkembang yang berada dalam regio Asia Pasifik akan datang ke Indonesia demi mengamati sekaligus mempelajari program dana desa dan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades).

Penyebabnya adalah Prukades memberikan janji manis perihal mengatasi masalah kemiskinan yang kerap terjadi dimana-mana, khususnya di banyak negara berkembang.

Lalu, mengapa harus prukades dari Indonesia yang dipilih ?

Tentu para perwakilan negara-negara di Asia Pasifik memilih Prukades di Indonesia sebagai bahan pembelajaran karena sejauh mata memandang, kreativitas yang hadir di tengah masyarakat untuk ciptakan prukades sangat menjanjikan untuk masyarakat desa.

Cepat atau lambat, berawal dari kemajuan yang muncul di desa akan memberi dampak positif terhadap pembangunan bangsa.

Prukades merupakan salah satu program yang digalakkan oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) demi menyukseskan perbaikan kehidupan masyarakat desa.

Sebenarnya, berbagai desa di seluruh pelosok negeri ini senantiasa didampingi melalui 4 program utama yang diluncurkan oleh Kemendes PDTT. Program-program prioritas yang diluncurkan Kemendes PDTT meliputi :

1. Pengembangan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades),
2. Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),
3. Pembangunan embung desa, dan
4. Penyediaan sarana olahraga desa.

Empat program tersebut adalah harapan pemerintah melalui Kemendes PDTT supaya mempercepat keberhasilan pembangunan Catur Desa.

Nah ternyata, dari ke-empat program tersebut, justru Prukades dinilai sebagai sang Catur Desa yang paling menjanjikan.

Mungkin itu juga yang dipandang para negara tetangga hingga membuat mereka berkenan untuk belajar dari Prukades yang ada di Indonesia.

Mau tau ulasan lebih lanjut tetang sang Catur Desa yang paling menjanjikan ini ? Berikut ulasan lebih lanjut mengenai seluk-beluk Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades).

Prukades merupakan sebuah program Kemendes PDTT yang mana melibatkan banyak pihak. Salah satunya tentu peranan pemerintah pusat agar dapat memberikan pendampingan dan pembinaan masyarakat desa.

Tujuannya yakni supaya masyarakat desa kelak mampu membentuk suatu kluster ekonomi. Setelah itu, peran lain dibutuhkan lagi dalam lembaga perekenomian tersebut, di antaranya peranan yang berasal dari :

• Masyarakat luas,
• Pemerintah pusat dan daerah,
• Dunia usaha, dan
• Dunia perbankan.

Ke depannya dengan perkembangan era globalisasi, bisa saja pemangku kepentingan pada prukades tak hanya berasal dari stakeholder atau pihak yang berasal dari dalam negeri, namun bisa saja melibatkan beragam pihak dari luar negeri.

Hal itu tidak dipungkiri semakin mungkin terjadi seiring dengan peraturan yang lebih longgar terkait hubungan kerja-sama dengan pihak asing.

Dengan begitu, Prukades yang diciptakan lebih berkembang dan tak ayal bisa saja go internasional alias memiliki kualitas mendunia untuk menduduki kancah internasional.

Penyebab lain mengapa Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) bisa menjadi catur desa yang paling menjanjikan ialah karena program ini bisa jadi promotor alias penggerak bagi kelangsungan program lainnya.

Selain itu, Prukades sukses membuat masyarakat desa mampu memenuhi berbagai kebutuhannya termasuk :

• Sandang alias pakaian,
• Pangan alias kebutuhan nutrisi,
• Papan alias tempat tinggal,
• Kesehatan,
• Pendidikan, maupun
• Berbagai kebutuhan lainnya sesuai dengan masing-masing rumah tangga.

Baca Juga :   Pedoman Teknis Pembangunan Embung Desa Menurut Kementerian Pertanian

Selepas itu, sang catur desa yang paling menjanjikan ini juga memberi harapan akan adanya penguatan hubungan antar desa.

Caranya yakni melalui Prukades, berbagai desa dalam sebuah kabupaten bisa menjalin kera sama demi mewujudkan pembangunan bangsa berbasis kawasan setempat.

Selanjutnya kerja sama ini akan semakin baik tatkala Bumdes memberi dukungan dengan pemberian modal besar supaya bisnis berskala ekonomis ini berjalan dengan dinamis dan lancar.

Dengan begitu, penyelenggaraan bisnis bersama secara leluasa bisa diwujudkan seraya mengolah seluruh suplai dan usaha tambahan dari bisnis utama.

Kemudian, bagaimana peranan para pemangku kepentingan lainnya yang telah disebutkan dalam perwujudan Prukades ?

1. Peran Pemerintah

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa pemerintah berperan aktif dalam memberikan pendampingan dan pembinaan masyarakat desa.

Selanjutnya, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, tak luput dalam pengawasan keberlangsungan produksi Prukades supaya bisa memberi manfaat sebanyak mungkin bagi masyarakat desa itu sendiri maupun dampak baiknya kepada negeri ini.

2. Peran Pihak Swasta dan Perbankan

Kedua pihak tersebut memiliki peran utama sebagai promoter yang mana partisipasi mereka berupa melakukan promosi Prukades supaya lebih dikenal dan akhirnya nilai jualnya pun lambat laun mengalami peningkatan.

Selain jadi promoter, kedua pihak tersebut juga bisa saja memberi dukungan berupa modal tambahan. Tujuannya supaya membuat Prukades bisa lebih berkembang dan inovatif yang disesuaikan dengan pangsa pasar serta perkembangan zaman.

Lalu, hal apa saja yang bisa dijadikan sebuah Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) sebagai sang Catur Desa yang menjanjikan ?

Kriteria yang patut dipertimbangkan dalam sebuah produk hinga kelak dijadikan Prukades di antaranya meliputi :

1. Pemberdayaan potensi sumber daya lokal, baik yang alam (SDA) maupun manusianya (SDM).

Itulah tadi mengapa disebutkan bahwasanya terciptanya Prukades atas peran pemerintah membina sekaligus mendampingi masyarakat desa.

Bahan bakunya pun harus berasal dari potensi SDA yang ada supaya pengolahan yang dilakukan bisa optimal.

Tak luput juga menambahkan bumbu kreativitas agar produk yang dihasilkan memiliki ciri khas dan nilai tambah ketika dibandingkan dengan produk lainnya.

2. Pangsa pasar jelas

Hal ini bertujuan agar pemasaran produk jelas karena sudah ada target pembelinya. Dengan begitu, kemungkinan mengalami kerugian bisa diminimalisasi sekecil mungkin.

3. Roda kehidupan perekenomian senantiasa berputar dan dinamis

Ketika Prudakes berjalan dengan baik, maka siklus kehidupan perekenomian terus berlangsung dengan baik seiring dengan kemampuan setiap pihak memenuhi kebutuhannya dan saling membantu satu sama lain untuk pemenuhan kebutuhan tersebut.

4. Tidak mematikan usaha lain

Keunggulan Prukades yang paling baik adalah produk tersebut bisa menduduki pangsa pasar dengan baik tanpa menjatuhkan atau bahkan mematikan suatu produk lainnya.

Oleh karena itu, kehidupan perekonomian di Indonesia bisa berlangsung sesuai dengan nilai Pancasila, yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Baiklah itu dulu yang bisa kami sampaikan tentang seluk beluk Produk Unggulan Kawasan Desa (Prukades) yang utamanya menjadi sang catur desa paling menjanjikan.

Jadi setiap desa saat ini diharapkan sudah memiliki produk yang diunggulkan di daerah atau kawasan masing-masing. Sebagaimana di Propinsi Riau Ini 4 Jenis Produk Unggulan Desa Di Kabupaten Bengkalis. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Ini Andalan Unit Usaha Bumdes Terbaik Di Pulau Jawa Info Desa, Bumdes – Memiliki satu unit usaha bumdes yang bisa dijadikan andalan sebagai sumber pendapatan bagi desa merupakan target awal yang harus dibidik oleh pengurus Bumdesa. Namun untuk mewujudk...
Download Aplikasi Website Desa Terbaik Gratis Berita Desa - Pedekik.com, Kali ini kami dari Pedekik.com ingin berbagi sedikit info kepada teman-teman para penggiat desa atau perangkat desa di Nusantara. Tulisan ini bisa dikatakan lanjutan dari ar...
Syarat Pengurusan Pindah Datang Ke Kantor Desa Layanan - Pedekik.com. Banyak masyarakat karena beberapa alasan penting harus pindah tempat tinggal ke daerah lain. Baik pindah karena alasan pekerjaan atau dinas, karena pernikahan, karena faktor ala...
Sejarah Tanaman Karet Di Indonesia Tanaman Karet di temukan pertama kali di Benua Amerika. Pada saat Christopher Columbus menemukan Benua Amerika pada tahun 1476, ia melihat suku asli Amerika, Indian bermain bola dengan sesuatu yang bi...
Download Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2016 Tentang Perubahan PP No... Download - Pemerintah telah menerbitkan Peraturan No. 8 Tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas PP no. 60 tahun 2014 mengenai aturan Dana Desa yang bersumber dari APBN. Dasar hukum ini merupakan tuntu...

One thought on “Mengenal Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)

  1. Terima kasih atas informasi dan pencerahannya mengenai Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) sangat bermanfaat sekali.

    Salam

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top