Site icon Top Info

Panduan Bikin Peta Sketsa Desa Bagi Pemerintahan Desa (Download)

rumah desa

Info Desa – Bagi para perangkat desa khususnya mereka yang ditugaskan dalam tim penyusunan RPJMDes setidaknya harus memahami panduan bikin peta sketsa desa. Karena peta ini dibutuhkan dalam pembuatan rencana pembangunan bagi Pemerintahan Desa.

Pola pembangunan di desa harus melibatkan masyarakat secara langsung. baik dalam perencanaan, perumusan, pelaksanaan hingga kepada pengawasan.

Untuk perencanaan pembangunan di bentuk tim yang jumlahnya antara 7 – 11 orang yang nantinya akan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk masa 6 tahun kedepan.

Nah, dalam perumusan rencana inilah dibutuhkan sebuah peta sketsa desa. Yakni peta yang menggambarkan secara sederhana keadaan suatu wilayah perkampungan atau desa yang dibuat dengan gambaran kasar tanpa harus memakai titik koordinat maupun skala.

Lantas bagi anda perangkat desa atau penggiat desa yang mungkin masih baru dalam pemerintahan desa tentu harus bisa menggambarkan keadaan di wilayah desa anda secara garis besar. Dan yang paling penting bagaimana cara menuangkannya menjadi sebuah peta sketsa.

Tentang beberapa manfaat peta sketsa sudah kami bahas di artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat Peta Sketsa Lingkungan Desa. Untuk cara membuat peta sketsa nanti akan kami berikan ebook panduannya.

Namun disini sedikit kami tuliskan langkah-langkah cara bikin peta sketsa bagi perangkat desa secara ringkas seperti berikut ini :

1. Siapkan alat tulis / spidol beserta kertas ukuran besar seperti karton.
2. Anda tentukan posisi arah mata anginnya. Mana utara, selatan, barat dan timur.
3. Anda gambarkan dulu jalan-jalan utama di wilayah desa anda.
4. Tentukan wilayah yang di anggap tengah-tengah desa secara garis besar. Misal wilayah yang dianggap tengah adalah wilayah permukiman penduduk, atau persawahan atau juga pasar. Tergantung kondisi di desa anda.
5. Anda tinggal melanjutkan ke bagian-bagian perbatasan (sebelahan) dengan wilayah tengah tadi hingga sampai ke perbatasan desa.

Langkah diatas hanya gambaran ringkas saja. Sebenarnya cukup mudah bikin peta sketsa desa ini. Namun sebaiknya dibuat mengikuti aturan yang lebih tertib.

Nah, Jika anda membutuhkan buku panduan cara bikin peta sketsa yang lebih tertib lagi silahkan anda tuliskan alamat email anda di kolom komentar bawah postingan ini. Kami akan kirimkan link unduhan ebook Panduan Cara bikin peta sketsa ke email anda.

Sebelumnya mohon maaf karena disini saya tidak bisa memberikan link download langsung. Ada beberapa hal teknis terkait dengan maintenance website ini.

Atau jika anda keberatan menuliskan alamat email di kolom komentar, karena tidak mau email anda terpublikasi, silahkan anda gunakan halaman Kontak, dan isikan formnya disitu kemudian kirim.

Tautan untuk mendownload buku panduannya akan saya kirimkan ke email anda.

Demikian saja cara download ebook panduan bikin peta sketsa desa bagi pemerintahan desa. Sebelum meninggalkan halaman ini mungkin anda tertarik untuk membaca fakta bahwa Jumlah Desa Tertinggal Di Indonesia Masih Tinggi.

Exit mobile version