Posisi Anda
Home > Nasional > Pengangkatan Honorer K2 Jadi PNS Akan Dipertimbangkan Menteri PAN-RB

Pengangkatan Honorer K2 Jadi PNS Akan Dipertimbangkan Menteri PAN-RB

pengangkatan honorer K2

Nasional – Masalah pengangkatan honorer K2 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali akan dipertimbangkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Asman Abnur. Hal ini Ia sampaikan di Kantor Kemenpan RB pada Kamis (1/3/2018) saat menerima kunjungan Gubernur Aceh, sebagaimana dilansir serambinews.com online edisi 2 Maret 2018.

Fenomena pemberkasan seleksi nasional bagi tenaga honorer yang dilakukan beberapa tahun lewat memang masih menjadi dilema, khususnya bagi para pegawai honor kategori 2.

Pasalnya tidak sedikit tenaga honorer K2 baik yang guru maupun pegawai umum hingga saat ini belum juga menerima SK CPNS untuk ditetapkan menjadi Aparatur Sipil Negara. Padahal ada sebagian guru honorer yang dinyatakan lulus Panselnas pada tahun 2013.

Harapan besar tentunya masih terus ditunggu ketidakjelasan ini. Namun sampai kapan belum ada kabarnya. Bahkan pihak BKN beberapa hari lalu melalui Kabiro Humas Mohammad Ridwan menyatakan bahwa pemerintah belum mengeluarkan kebijakan apapun terkait pengangkatan Honorer K2 menjadi PNS.

Kondisi seperti ini terkadang dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dengan menawarkan pengurusan kepada tenaga honor untuk bisa mendapat SK CPNS. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa kasus aduan tentang penipuan yang di terima pihak BKN pusat dari beberapa daerah.

Kejadian ini mungkin juga disebabkan antusiasme para Tenaga Honorer itu sendiri yang sangat kuat ingin jadi PNS sehingga terkadang tidak menyadari bahwa apa yang di imingi oknum tidak bertanggungjawab tersebut adalah penipuan.

Namun begitu Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur sepertinya memberi angin segar bahwa akan mempertimbangkan pengangkatan Honorer K2 menjadi CPNS.

Sebagaimana diberitakan serambinews.com Gubernur Aceh Irwandi Yusuf telah menghadap Menpan RB di Jakarta guna menyampaikan aspirasi para guru honorer K2 dari Aceh.

Sebelumnya para tenaga honor tersebut ditemui oleh Irwandi di Kantor Gubernur saat mereka mau mengadakan aksi damai guna mengadukan nasib mereka kepada Gubernur.

Gubernur berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Aceh tersebut dengan membawa langsung berkas ke Kemenpan RB di Jakarta.

Menurut Asman terhadap aduan dari Aceh tersebut dirinya akan mempertimbangkan untuk pengangkatan honorer K2 tersebut menjadi CPNS khsusnya yang dari Aceh. Ada sekitar 460 orang yang informasinya lulus Panselnas pada tahun 2013 namun nasibnya masih terkarung-katung.

Baca Juga :   Kementerian Desa PDTT Dirikan Perusahaan Mitra Bumdes Bersama Bulog

“Kalau Pak Gubernur bisa menyediakan datanya yang lengkap akan sangat membantu. Data melalui dinas pendidikan,” ujar Menpan RB kepada Irwandi di Jakarta.

“Tidak boleh ada data yang tidak sesuai, Kalau betul-betul mengabdi sekian puluh tahun, kita akan ambil kebijakan. Kalau betul-betul mengajar, itu harus kita pertimbangkan. Tapi kalau masuk di tengah jalan, itu tidak bisa.” Jelas Menteri.

Mudah-mudahan apa yang disampaikan Menpan akan menjadi kenyataan dan para guru honorer K2 dari Aceh bisa mendapatkan SK pengangkatan CPNS. Sehingga bagi mereka yang bernasib sama di daerah lain juga akan kebagian.

Dibagian lain beberapa kendala penetapan tenaga honor menjadi PNS antara lain terkait adanya PP Nomor 48 tahun 2005 tentang larangan pengangkatan tenaga honorer atau sejenisnya.

Selain itu regulasi tentang pengangkatan honorer menjadi CPNS telah berakhir. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2012 dan Surat Kepala BKN Nomor D 26-30/V224-1/99 tentang Batas Waktu Pengusulan Berkas Penetapan NIP CPNS dari Tenaga Honorer Kategori II (K2) Tahun Anggaran 2013 dan Tahun Anggaran 2014.

Walaupun demikian, bagi anda para guru honor atau pegawai tidak tetap anda tidak perlu panic dan khawatir jika belum juga ditetapkan jadi PNS. Karena yakinlah bahwa rezeki itu tidak akan kemana. Tidak sekarang, mungkin nanti. Dan PNS juga bukan satu-satunya sumber rezeki.

Jadi setelah anda mengusahakan melakukan pengurusan SK honorer anda menjadi SK Pegawai Negeri Sipil, anda tinggal menunggu hasilnya. Jangan sampai karena saking ambisinya ingin jadi ASN, anda menerima saja berbagai tawaran dari pihak yang tidak bertanggungjawab dan mengaku bisa mengurus Tenaga honor menjadi Pegawai. Sehingga ujung-ujungnya malah tertipu ratusan juta.

Toh anda masih bisa mencari sumber rezeki lain sambil melaksanakan tugas anda sebagai tenaga honor jika memang anda mau. Misalnya nyambi sambil jualan atau buka bisnis sambilan lainnya.

Bahkan jika anda yakin rezeki tidak hanya datang dari PNS saja, anda bisa mengambil peluang bisnis joybiz. Dimana dari bisnis ini anda berpotensi mendapatkan fassive income hingga ratusan juta. Bahkan perusahaan joybiz akan memberi reward berupa mobil mewah Mercedes CLA 200.

Untuk itu silahkan baca infonya di Peluang Usaha Bisnis Joybiz Bakal Heboh Tahun 2018, Daftar Sekarang ! (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Verifikasi Berkas CPNS 2014 Hanya Diumumkan Secara Online Tanggal 13 O... Bengkalis -  Pengumuman hasil verifikasi berkas CPNS 2014 untuk provinsi Riau akan dilaksanakan pada tanggal 13 oktober mendatang. BKD Riau sepakat akan mengumumkan hasil pemberkasan cpns tersebut sec...
Mengenal Gerakan Saemaul Undong Korea Dalam Membangun Desa Nasional – Gerakan Saemaul Undong yang diterapkan Korea dalam membangun desa telah berhasil membawa Negeri itu ber prediket Negara Maju di dunia. Dari pelosok daerah manapun di Indonesia, dan dari ...
Aturan Baru Tentang Daya Listrik Naik, Sedang dibahas Pemerintah Nasional – Tidak lama lagi Pemerintah akan menerapkan aturan baru mengenai daya listrik naik bagi rumah tangga. Karena saat ini sedang diadakan pembahasan antara Kementerian ESDM dan PT. PLN tentang h...
Barrack Obama Memuji Umat Muslim Di Mesjid Baltimore, Ini Pidatonya Nasional - Presiden Barrack Obama menghadiri pertemuan dengan pemimpin-pemimpin komunitas muslim Baltimore di sebuah mesjid. Dalam kesempatan itu beliau memuji umat muslim atas kontribusinya terhadap ...
Operator sumbang program internet masuk desa Rp 1,4 triliun Program pembangunan infrastruktur telepon dan internet di pelosok Tanah Air (Universal Service Obligation /USO) tahun lalu meraup dana besar. Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top