Posisi Anda
Home > Berita desa > Peran Wanita Dalam Membangun Desa, Begini Kata Camel Petir

Peran Wanita Dalam Membangun Desa, Begini Kata Camel Petir

Camel Petir

Info Desa – Peran wanita sangat menentukan dalam membangun desa. Bahkan menurut Camel Petir termasuk dalam aspek pertanian.

Kemajuan desa juga sangat dipengaruhi oleh Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Kunci Keberhasilan Dana Desa.

Belum lama ini Pembina Dharma Wanita Persatuan Kementerian Desa Ibu Riri Eko Putro Sandjojo mengatakan di hadapan para wanita di Desa BejiRuyung Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Jawa Tengah bahwa salah satu persoalan yang perlu ditangani oleh wanita Indonesia adalah tingginya angka stunting.

“Tantangan wanita di desa adalah masalah tingginya angka stunting di Indonesia, yakni pada fase 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),” kata Riri Eko Putro Rabu (28/2/2018) seperti dilansir Liputan6.

Memang dalam kasus ini wanita lebih memiliki peran dominan ketimbang laki-laki. Permasalahan gizi dan kesehatan anak biasanya lebih dikuasai oleh wanita.

Itulah salah satu fungsi PKK yang ada di desa. Memperhatikan Kesehatan Keluarga lewat program kerja yang ada dalam POKJA PKK.

Selanjutnya menurut isteri Menteri Eko Putro yang nama lengkapnya adalah Sri Mega Darmi ini untuk berperan dalam pembangunan di desa, para wanita bisa dengan membantu memperhatikan pendidikan dan kesehatan anak.

“Kaum perempuan agar lebih ditingkatkan dalam memperhatikan pertumbuhan anak yang berkarakter, untuk itu kita sebagai wanita harus perhatian terhadap anak dari sisi pendidikan dan kesehatan,” lanjut Sri Darmi.

Dalam kunjungan ke Sempor pada acara gerakan percepatan penanganan stunting dan festival pelayanan sosial dasar Ibu Riri juga menyampaikan bahwa pihaknya dari DWP Kemendes PDTT akan terus melakukan sosialisasi pemberdayaan peran wanita dalam membangun desa.

Pemerintah desa juga seharusnya tidak melupakan untuk merangkul para wanita di desa dalam pembangunan.

Apalagi sudah menjadi amanah Undang-undang bahwa wanita wajib diikutsertakan dalam membangun desa.

Baik itu dalam perekrutan anggota BPD, LPMD atau KPMD. Terlebih lagi pada pelaksanaan Musdes di desa, kaum perempuan wajib dilibatkan.

Peran Wanita Menurut Camel Petir

Lain Ibu Menteri Desa lain pula pendapat artis Camel Petir. Menurutnya wanita tidak hanya berperan dalam keluarga. Para perempuan desa juga bisa memainkan peran di dunia pertanian.

Dia mengatakan partisipasi wanita di sector pertanian dan peternakan harus dikembangkan lebih baik lagi karena perannya sangat menentukan. Begitu yang dilansir Liputan6 online edisi 4/3/2018.

Baca Juga :   Klasifikasi Desa Menurut Tingkat Perkembangannya.

Tidak dijelaskan lebih rinci peran yang bagaimana yang dimaksud meskipun data statistic menunjukkan lebih banyak laki-laki yang jadi petani.

Sebagai Ketua Bidang Perempuan pada Organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), artis dengan nama asli Camelia Panduwinata Lubis ini mengamati bahwa kedepan persoalan kedaulatan pangan di negeri ini bisa menimbulkan tantangan berat.

Pasalnya semakin hari minat masyarakat untuk menjadi petani semakin menurun.

“Disini peran perempuan dalam pertanian bisa menjadi sangat sentral. Sebab dari situlah nanti akan ada nilai lebih yang bisa dihasilkan para petani,” jelas Camelia kepada wartawan.

Untuk mengatasi persoalan pertanian dan ketahanan pangan kata Camel Petir kalau bisa petani minimal mempunyai lahan produktif 2 hektare. Dimana saat ini Indonesia memiliki 23 juta hectare lahan yang menganggur.

Dia juga berharap supaya masyarakat desa memanfaatkan lahan di daerahnya dengan maksimal untuk peningktan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Peran Wanita Dalam Membangun Desa

Disisi lain yang tidak kalah pentingnya peran wanita dalam membangun desa adalah menciptakan suasana damai dalam keluarga dan masyarakat.

Terutama pendidikan moral terhadap anak dalam keluarga. Ini merupakan sumber yag tidak bisa kita pungkiri memainkan peran dalam pembangunan.

Ketika anak-anak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang tidak sehat, tidak beretika, dan kurang perhatian dalam rumah tangga, maka kedepan akan berpengaruh terhadap prilaku mereka dalam berpartisipasi pada pembangunan desa.

Disinilah wanita memainkan peran yang sangat penting dalam mendorong terciptanya pembangunan desa agar lebih kondusif dan berjalan lancar.

Tentunya yang tidak ketinggalan adalah dalam memberikan semangat kepada bapak-bapak di semua aspek kehidupannya. Baik pekerjaan, rumah tangga maupun pembangunan desa.

Dengan dorongan dari para wanita dalam membangun desa bukan tidak mungkin mereka akan sukses walaupun hanya sebagai petani yang hidup di desa.

Sebagaimana yang telah di buktikan oleh seorang peternak yang sukses walaupun cuma tamatan SD. Coba cek beritanya di Kisah Inspirasi, Walau Tamatan SD Tapi Jadi Peternak Sukses Dengan Omset Milyaran. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Inilah Program Jaringan Internet Gratis Seluruh Indonesia, 500 Desa Info Desa - Pemerintah melalui Kemenkominfo kembali meluncurkan program jaringan internet gratis kepada desa-desa di seluruh Indonesia. Program yang di sebut dengan desa broadband terpadu ini sudah mu...
Peresmian Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Pedekik Bengkalis - Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Kabupaten Bengkalis beberapa waktu yang lalu secara resmi telah menetapkan Kebun Bibit Desa Kelompok Wanita 'Nabati Yasa' sebagai Kawasan Rumah Pangan ...
Pembukaan Turnamen Volley Ball IPD II Cup Pedekik Bengkalis Bengkalis - Hari Olah Raga Nasional yang jatuh tanggal 9 September beberapa waktu lalu tidak disia-siakan oleh pemuda-pemuda Desa Pedekik. Khususnya pemuda dusun II yang tergabung dalam IPD II ( Ikata...
Wisuda Taman Pendidikan Al Quran Tarbiyyah Ihsaniyyah Pedekik Bengkali... Bengkalis - Taman Pendidikan Al Quran Tarbiyyah Ihsaniyyah telah sukses mewisuda 32 orang santrinya pada Minggu 2 Juni 2013 kemarin. Wisuda Angkatan IX santri Tarbiyyah Ihsaniyyah bengkalis ini di lak...
Persyaratan Membuat Pengantar Akte Kelahiran Ke Kantor Camat Bengkalis Untuk Warga Negara Indonesia yang belum memiliki Akte Kelahiran berhak untuk mendapatkan Pencatatan Kelahiran (Akte Kelahiran). Baik Ia baru lahir atau pun sudah berumur. Berikut ini adalah Persyar...

One thought on “Peran Wanita Dalam Membangun Desa, Begini Kata Camel Petir

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top