Posisi Anda
Home > Nasional > Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya

Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya

karti pintar santri

Santri, Nasional – Kartu Indonesia Pintar tidak saja di peruntukkan bagi para pelajar disekolah-sekolah negeri. Santri yang mondok di pesantren pun berhak mendapatkan kartu pintar program pemerintah itu.

Untuk penyaluran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) santri ini, Kementerian Agama telah menganggarkan dana Rp. 148 Milyar lebih. Dana KIP sebanyak ini untuk disalurkan kepada pondok pesantren salafiyah di Indonesia.

Hal ini untuk membantu biaya pendidikan para santri yang sedang menuntut ilmu agama. Ada sekitar 194 ribu santri yang akan mendapat bantuan dari Program Indonesia Pintar ini. Yakni santri yang sedang berada di tingkat Ula, Wustha dan Ulya.

Adapun kriterianya bukan berdasarkan jenjang kelas atau pendidikan. Melainkan berdasarkan umur santri. Mereka yang termasuk santri Ula yaitu yang berusia antara 6 – 12 tahun. Sedangkan Santri wustha adalah mereka yang umurnya 13 – 15 tahun. Dan kategori santri Ulya adalah yang berumur 16 – 21 tahun.

“Tahun 2017 ini, KIP akan disalurkan kepada santri yang jumlahnya lebih dari 194 ribu santri, terdiri dari 34 ribu santri Ula, 106 ribu santri Wustha, dan 53 ribu santri Ulya,” ujar Kasubdit Santri Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi, di Jakarta.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya telah merevisi regulasi untuk penyaluran KIP santri. Diharapkan tahun ini proses dan prosedur penyaluran akan lebih optimal. Menurutnya capaian target yang akan di realisasikan mencapai 97%.

Baca Juga :   Program Beasiswa S1 Tahun 2017 dari Institut Teknologi HB Bandung

Adapun regulasi yang dimaksud Kamaruddin diantaranya, surat keterangan tidak mampu (SKTM) cukup dikeluarkan oleh pimpinan pondok. Aturan sebelumnya bahwa SKTM harus diterbitkan oleh lurah atau kades asal daerah santri. Prosedur ini menjadi masalah tersendiri bagi santri yang jauh dari pondok.

Lantas Siapa saja santri yang akan mendapat KIP dan apa saja syaratnya ?

Seperti biasa, persyaratan untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) sebagaimana yang terapkan kepada siswa-siswi sekolah negeri yaitu santri-santri yang tergolong tidak mampu. Dan harus memiliki Surat Keterangan tidak Mampu dari Pimpinan Pondok Pesantren. Selain itu KIP atau Kartu Pintar ini juga akan diberikan kepada santri yatim.

Berbicara seputar dunia santri, ternyata ada Kisah nyata Hantu Santri di Lamongan yang Hidup kembali. (pdk)

Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya was last modified: March 9th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Perangkat Desa Se Indonesia Akan Dipanggil Ke Istana Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) baru-baru ini bertemu dengan Calon Presiden terpilih Jokowi  di Wonogiri. Dalam pertemuan dengan perwakilan PPDI dari 18 provinsi tersebut, Jokowi berjanji ak...
Menteri Desa bicarakan Investasi dari Malaysia mengatasi listrik Nasional - Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjoyo bertemu dengan Duta besar Malaysia untuk Indonesia guna membicarakan investasi. Pertemuan itu berlangsung saat kunjungan Dubes Malaysia ke kantor Kement...
Download Ebook Khutbah Jum’at Tentang Isra’ Mi’raj Sebelum saya menyajikan tentang ebook khutbah jum’at yang bertema Isro’ Mi’roj nya Nabi SAW, mungkin ada baiknya sedikit kita mengenang kembali beberapa poin yang berhubungan dengan Isro’ Mi’roj. P...
THR PNS 2018 Sudah Ditetapkan Pemerintah, Ini Besarannya Nasional – Pemerintah telah mengatur besaran THR PNS 2018 untuk para pegawai yang aktif. Walaupun gaji PNS tahun ini tidak naik, namun Pemerintah telah memberikan Tunjangan sebagai uang tambahan untuk...
Inilah Video Saat Longsor di Lima Puluh Kota Propinsi Sumbar Nasional - Longsor di Lima Puluh Kota Propinsi Sumbar telah terjadi pada hari Jum'at yang lalu. Akibat hujan yang terus menerus menyebabkan banjir dan longsor terjadi tanpa di duga-duga di daerah perb...

Leave a Reply

Top