Posisi Anda
Home > Berita desa > Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Kesra Di Pemerintahan Desa

Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Kesra Di Pemerintahan Desa

bpmpd bengkalis
bikin website desa
Gambar hanya ilustrasi

Layanan – pedekik.com, Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat ( Kaur Kesra ) di pemerintahan desa juga mempunyai tugas dan fungsi yang tidak bisa dikatakan mudah. Karena perangkat desa yang membidangi Kesra ini langsung berhubungan dengan kondisi dan situasi di masyarakat desa. Terutama untuk urusan pemberdayaan, sosial budaya dan keagamaan.

Seperti halnya Kepala Urusan yang lain di dalam struktur pemerintahan desa, Kaur Kesra juga mempunyai pekerjaan utama dan fungsi lainnya. Dan pertanggungjawabannya langsung kepada Kepla Desa.

Berikut ini poin-poin tugas pokok dan fungsi Kaur Kesejahteraan Rakyat di Desa secara umum :

A. Tugas

Tugas pokok Kaur Kesra adalah membantu Kepala Desa untuk mempersiapkan bahan-bahan dalam perumusan kebijakan teknis penyusunan program keagamaan serta melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan sosial kemasyarakatan.

B. Fungsi

Fungsi dari Kepala urusan Kesejahteraan Rakyat antara lain :

  1. Penyiapan bahan untuk pelaksanaan program kegiatan keagamaan.
  2. Penyiapan dan pelaksanaan program perkembangan kehidupan beragama.
  3. Penyiapan bahan dan pelaksanaan program, pemberdayaan masyarakat dan sosial kemasyarakatan; dan
  4. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan Kepala Desa.
Baca Juga :   Peran Pemuda Desa dalam Program Inovasi Pemberdayaan

Selain dari tugas yang diberikan oleh Kades, perangkat desa bagian Kesra ini juga harus bisa bekerjasama dengan Sekretaris Desa untuk memperlancar administrasi sosial kemasyarakatan di kantor desa.

Tugas dan Fungsi diatas merupakan gambaran umum yang bisa jadi di pemerintahan masing-masing desa mencakup ruang lingkup lainnya. Tentunya melihat situasi dan kondisi masyarakat yang ada.

Demikian semoga bisa menjadi bahan perbandingan dan bermanfaat adanya. ( evo )

 

 

 

Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Kesra Di Pemerintahan Desa was last modified: April 4th, 2016 by admin

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Data Laporan Bulanan Desember 2014 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Desember Tahun 2014. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dal...
Rampung MUSDES II, PPIP Inbup Desa Pedekik Bengkalis Tinggal Menunggu ... Bengkalis - Program Inbup PPIP Kabupaten Bengkalis masih berjalan normal hingga akhir 2014 Tahun ini. Program dari Pemda Bengkalis yang di gagas oleh Bupati Kabupaten Bengkalis, Bpk Herliyan Saleh ini...
Contoh Format Surat SKTM dari RT RW dan Desa Info Desa, Pedekik.com - Pembuatan surat SKTM dari RT dan RW saat ini banyak di butuhkan oleh masyarakat. Hal ini karena banyak aturan yang mengharuskan memiliki surat keterangan tersebut dalam pengur...
Data Laporan Bulanan Februari 2015 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Februari Tahun 2015. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dal...
Tim 9 Desa Pedekik Berhasil Dibentuk Bengkalis - Pedekik.com, Hari Selasa 6 Januari 2015 pemerintah desa Pedekik telah membentuk Tim 9 melalui rapat umum di aula kantor desa. Rapat yang di mulai sekitar pukul 14.00 WIB tersebut selain me...

4 thoughts on “Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Kesra Di Pemerintahan Desa

  1. asalamualaikum,Wr,Wb….
    perkenalkan Nama Saya Karman,Jujur Posisi Saya tadinya Di Kepala Dusun (KADUS).
    dan belum lama ini saya beralih tugas menjadi kaur kesra..nah yang mau saya tanyakan apa saja tugas dan pembukuan yang harus saya persiapkan ?..
    kiranya itu saja dulu yang saya tanyakan.
    Mohon dibantu dan atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    Wasalam.

    KARMAN

  2. Terima kasih pak karman sdh berkunjung..
    Seperti tulisan diatas.. tugas anda tentunya berhubungan dgn kesejahteraan masyarakat yang terkait dgn kehidupan bersosial dan meberdayakan masyarakat di tempat bpk. Seperti membina bidang keagamaan, budaya atau adat istiadat setempat bahkan mungkin terkait dgn fasilitas kesejahteraan seperti masalah raskin dan pelayanan lainnya.
    Kalau utk pembukuan tentu sesuai dgn kegiatan yg di anggarkan dan dilaksanakan.
    baik dr daftar kelembagaan dan organisasi keagamaan atau lembaga adat yang ada dikampung bpak. Juga tentunya jadwal atau rencana kegiatan yang akan di programkan dan yg tdk boleh tertinggal adalah terkait pembukuan keuangan.. seperti RAB kegiatan, dan SPJ kegiatan nya.
    Ini saja semoga bermanfaat.
    Trims

  3. selamat pagi
    perkenalkan nama saya nina saya bru saja lulus ujian menjadi kasi kesra,klo boleh tw apakah tugas poko saya dalam PKK dan POSYANDU?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top