Posisi Anda
Home > Berita desa > Unit Usaha Bumdes Terbaik Nasional Ini Perlu Dicontoh

Unit Usaha Bumdes Terbaik Nasional Ini Perlu Dicontoh

unit-usaha-bumdes

Info Desa – Unit Usaha Bumdes terbaik tingkat nasional sudah pasti akan menjadi acuan bagi Badan Usaha Milik Desa lainnya yang ingin berkembang. Karena mewujudkan bumdesa yang mampu menyerap tenaga kerja dan meghasilkan PAD yang besar bukanlah perkara mudah.

Dengan digalakkannya pendirian Bumdes di setiap desa oleh pemerintah, merupakan kabar baik bagi warga desa. Karena dengan begitu diharapkan akan muncul produk unggulan desa dan terciptanya lapangan kerja. Tentunya juga akan menambah PAD desa yang bisa mendorong percepatan pembangunan kemajuan desa.

Namun menemukan sebuah unit usaha yang mampu mencapai tujuan ekonomis bagi bumdes bukanlah semudah mendirikan warung kelontong kecil-kecilan sebagaimana yang ada di desa-desa. Tinggal butuh modal dan belanja kemudian jalan.

Tetapi jika pengurus Bumdesa itu sendiri benar-benar mau bekerja secara optimal, bukan tidak mungkin unit usaha bumdes justeru mengantarkan masyarakat desa menjadi kelas menengah keatas walaupun backgroundnya tinggal di pedesaan.

Saat ini terdapat sekitar 29.000 unit Bumdes yang ada di tingkat nasional. Dari jumlah itu lebih kurang 7000 Badan Usaha Milik Desa ada di propinsi Aceh. Dengan jumlah itu tentu tidak sedikit unit usaha bumdes yang ada sekarang.

Dan menurut Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi sudah banyak bumdes yang mampu mencapai omset diatas 500 juta per tahun. Bahkan ada yang mencapai milyaran rupiah. Sebagaimana Desa Ponggok mampu meraih PAD milyaran dari Badan Usaha Milik Desa yang salah satu unit usahanya pengembangan objek pariwisata.

Sementara itu sekitar awal Desember lalu Kemeterian Desa telah menampilkan unit usaha bumdes terbaik nasional pada acara Sabang Wonderful and Marine Expo 2017 yang di gelar di Sabang Aceh. Salah satu Badan Usaha Milik Desa dari Sabang ini pernah meraih prediket terbaik nasional untuk kategori partispatif.

Badan Usaha Desa dari Sabang tersebut adalah BUMG Blang Krueng. BUMG singkatan dari Badan Usaha Milik Gampong. Desa bahasa aceh nya Gampong. Jadi disingkat BUMG, bukan Bumdes.

Unit usaha yang dijadikan andalan BUMG Blang Krueng ini antara lain Bank sampah, kuliner kue karah, penggemukan sapi, homestay, hand tractor dan lainnya. Mereka mampu mengangkat ekonomi masyarakat dari unit usaha yang dijalankan. Tidak hanya peningkatan perekonomian, tetapi juga bisa memberikan nilai edukatif bagi warganya. Yaitu norma hidup bersih dengan memanfaatkan sampah menjadi produk yang bisa mendatangkan duit.

Baca Juga :   Alokasi Modal Bumdes Dapat Perhatian Khusus Dari Dana Desa

Produk unggulan desa yang berhasil mereka angkat adalah makanan kuliner kuekarah. Dimana pemasarannya sudah merambah ke berbagai took-toko makanan dan jajanan khas Aceh. Sehingga ibu-ibu menjadi bersemangat untuk menciptakan inovasi produknya.

Jadi untuk menemukan unit usaha bumdes sebagai andalan kegiatan bisnis di desa, cobalah berangkat dari produk ciri khas yang ada di desa. Baik itu makanan, produk pertanian, kerajinan, pariwisata dan lainnya. Selain itu bisa juga dengan menciptakan jenis usaha yang sifatnya produk tersebut banyak terdapat di desa.

Banyak Bumdes sudah di bentuk oleh Pemerintah desa. Namun tidak sedikit pengurusnya yang bingung mau menjalankan usaha apa. Apa lagi kalau orientasinya melulu bagaimana cepat dapat uang banyak. Ruang berfikirnya akan menjadi sempit. Kreatifitas dan inovasinya menjadi terbatas.

Jadi jangan dulu buru-buru berpikir ingin menjadi Bumdes terbaik nasional. Tetapi berusaha menciptakan jenis usaha yang bersentuhan dan berhubungan langsung dengan masyarakat desa. Walaupun dari sisi komersial untungnya tidak banyak tapi bisa membantu permasalahan yang di hadapi masyarakat desa. Sehingga walaupun secara ekonomi belum mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, tapi secara social mereka sudah merasa terbantu dengan kehadiran Bumdes di desanya.

Adapun bercita-cita agar unit usaha bumdes yang dijalankan bisa menjadi bumdes terbaik nasional itu boleh-boleh saja. Tetapi harus benar-benar memiliki potensi kearah itu. Faktor pendudkungnya perlu di perhitungkan. Jangan karena ber ambisi ingin cepat dapat uang banyak lalu lupa melakukan studi kelayakan yang baik bagi bumdes nya.

Bagaimana cara menemukan unit usaha bumdes yang di anggap layak untuk dijalankan, tentu tantangan tersendiri bagi pengurusnya. Jika mau berpikir, ber usaha, ber kolaborasi dan banyak belajar kepada para pebisnis sukses, hal itu akan mudah terwujud. Perlu juga mencermati keberhasilan bumdesa di dari daerah lain. Jika perlu buat studi banding ke desa yang memiliki Bumdes terbaik nasional.

Nah selain perlu belajar tentang Badan Usaha Milik Desa, pengurus Bumdes juga perlu sedikit banyak tahu tentang bagaimana prosedur dan perundang-undangan pengelolaan dana desa. Jangan mentang-mentang ambisi ingin memajukan bumdes, lantas sudah meminta modal awal yang besar tanpa studi kelyakan yang professional. Untuk itu coba baca artikel : 2018 Semua Proyek Desa Gunakan Sistem Swakelola Dana Desa. (ev0)

Unit Usaha Bumdes Terbaik Nasional Ini Perlu Dicontoh was last modified: December 16th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Turnamen Volley Ball Hari Olahraga Nasional Kades Cup 2013 Ketua IPDA Pedekik Bengkalis - Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional tanggal 9 September 2013, pemuda Desa Pedekik akan mengadakan Turnamen Volly Ball se- Desa Pedekik. Pertandingan Vol...
Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintah Desa #1 Bengkalis - pedekik.com. Selamat malam sobat-sobat netizen... Daripada nganggur aku, lebih baik ku isi dengan nulis-nulis yang kira-kira patut ku tulis he..he..he... Sebenarnya posting ini saya tul...
Cara Download Aplikasi SID Untuk Membuat Website Desa Info Desa - Tulisan ini merupakan reply dari beberapa teman penggiat desa yang merasa kesulitan dalam melakukan download aplikasi SID untuk membuat website desa langsung dari sumbernya. Padahal unt...
Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pedekik Sukses Menjalankan Tugasnya Pad... Bengkalis - Pemilihan Umum Gubernur Riau Putaran Pertama telah sukses dilaksanakan di Desa Pedekik. Event akbar Provinsi Riau yang diadakan tanggal 4 september kemaren, telah sukses mengantarkan pasan...
Cara Mencegah Korupsi Dana Desa, Warga yang Kritis harus dilibatkan Info Desa, pedekik.com - Seiring meningkatnya kucuran Dana Desa dari Pusat setiap tahun, harus dibarengi dengan sistem manajemen yang baik dan pengawasan yang ketat. Karena jumlahnya yang mencapai ham...

Leave a Reply

Top