Posisi Anda
Home > Nasional > Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

wna china

Nasional – Adalah seorang wanita warga negara China bernama Zeng Jinmao, telah ditangkap oleh petugas Imigrasi ketika sedang jualan perhiasan di pasar Masamba, Luwu Utara, SulSel pada pekan lalu. Dia telah melanggar hukum Indonesia karena dirinya telah bekerja (berdagang) dengan menggunakan visa wisatawan.

Sebagaimana dilansir viva.co.id wanita warga asing itu sebelumnya juga pernah ditangkap karena melanggar undang-undang yang sama bulan Februari 2017 lalu. Hal ini di katakan langsung oleh Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Ramli HS selaku Kepala Divisi Keimigrasian.

Kemudian atas pelanggarannya tersebut Zeng Jinmao diamankan pihak Imigrasi dan dideportasi ke negara asalnya lewat Bandar Udara Internasional Sukarno Hatta. Ternyata pihak imigrasi sudah melihatnya kembali berjualan di Palopo.

Menurut Ramli HS dia masuk ke Indonesia lagi dengan cara mengganti paspornya dengan yang baru. Sebab kalau masih menggunakan paspor lama akan terdeteksi pihak imigrasi. Demikian Ramli memberikan keterangan kepada viva.co.id Minggu (12/3/2017) di Makasar.

Masuk ke Indonesia yang kedua kali pake visa kunjungan Zeng kembali melanggar hukum Indonesia dengan berjualan di daerah Palopo. Ia tahu kalau dirinya kemudian diincar oleh petugas lagi. Jadi untuk menghindar, warga negara China ini pindah ke Luwu.

“Sempat hilang juga dia. Rupanya pindah ke Masamba, Luwu Utara. Dan berjualan lagi di sana. Badan Kesbangpol Masamba yang beri informasi kalau dia itu berjualan di sana,” jelas Kadiv Keimigrasian Sulsesl Ramli HS.

Kini WNA China tersebut terancam di Blacklist oleh Pemerintah RI. Kasusnya sedang di proses dan petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggaran. Jika terbukti maka Zeng Jinmao dilarang masuk ke Negara Indonesia lagi.

“Saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan, petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggarannya. Jika nanti terbukti, maka segera dideportasi dan akan di-black list,” ucap Ramli. (pdk)

 

Baca Juga :   Pengangkatan Honorer K2 Jadi PNS Akan Dipertimbangkan Menteri PAN-RB

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/893101-pernah-dideportasi-wn-china-dagang-lagi-di-sulsel

Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia was last modified: March 14th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

NAMA DOMAIN: Rancangan Peraturan Menteri Diuji Publik Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang pengelolaan nama domain siap diuji publik pada bulan ini. RPM tersebut mengatur tata cara pendaftaran registri dan registrar domain, serta keamanan domain ...
Pengangkatan Honorer K2 Jadi PNS Akan Dipertimbangkan Menteri PAN-RB Nasional – Masalah pengangkatan honorer K2 menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali akan dipertimbangkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Asman Abnur. Hal ini Ia sampaikan di Kantor Kemenp...
Inilah 9 Komitmen Propinsi Riau Untuk Cegah Korupsi Di Setiap Kabupate... Nasional - Pemerintah propinsi Riau baru-baru ini mengadakan kesepakatan bersama antar Kabupaten dan Kota dalam rangka memberantas terjadinya tindak pidana korupsi di masing-masing daerah. Acara Ra...
Berikut Informasi CPNS Honorer K2 Dari Kemenpan RB 2018 Nasional – Informasi CPNS Honorer K2 tahun 2018 sangat ditunggu-tunggu beritanya oleh para tenaga honor baik di pusat maupun daerah. Baik yang berprofesi sebagai guru maupun pegawai umum. Kabar bai...
Contoh Surat Peminjaman Alat Dan Barang Untuk Kepentingan Umum Nasional - Surat Peminjaman Alat kita butuhkan jika berurusan dengan hal yang sifatnya formal atau keorganisasian dan kelembagaan. Bagaimana cara membuat format surat peminjaman alat ke pihak kedua at...

Leave a Reply

Top