Posisi Anda
Home > Nasional > Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

wna china

Nasional – Adalah seorang wanita warga negara China bernama Zeng Jinmao, telah ditangkap oleh petugas Imigrasi ketika sedang jualan perhiasan di pasar Masamba, Luwu Utara, SulSel pada pekan lalu. Dia telah melanggar hukum Indonesia karena dirinya telah bekerja (berdagang) dengan menggunakan visa wisatawan.

Sebagaimana dilansir viva.co.id wanita warga asing itu sebelumnya juga pernah ditangkap karena melanggar undang-undang yang sama bulan Februari 2017 lalu. Hal ini di katakan langsung oleh Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Ramli HS selaku Kepala Divisi Keimigrasian.

Kemudian atas pelanggarannya tersebut Zeng Jinmao diamankan pihak Imigrasi dan dideportasi ke negara asalnya lewat Bandar Udara Internasional Sukarno Hatta. Ternyata pihak imigrasi sudah melihatnya kembali berjualan di Palopo.

Menurut Ramli HS dia masuk ke Indonesia lagi dengan cara mengganti paspornya dengan yang baru. Sebab kalau masih menggunakan paspor lama akan terdeteksi pihak imigrasi. Demikian Ramli memberikan keterangan kepada viva.co.id Minggu (12/3/2017) di Makasar.

Baca Juga :   Menteri Desa bicarakan Investasi dari Malaysia mengatasi listrik

Masuk ke Indonesia yang kedua kali pake visa kunjungan Zeng kembali melanggar hukum Indonesia dengan berjualan di daerah Palopo. Ia tahu kalau dirinya kemudian diincar oleh petugas lagi. Jadi untuk menghindar, warga negara China ini pindah ke Luwu.

“Sempat hilang juga dia. Rupanya pindah ke Masamba, Luwu Utara. Dan berjualan lagi di sana. Badan Kesbangpol Masamba yang beri informasi kalau dia itu berjualan di sana,” jelas Kadiv Keimigrasian Sulsesl Ramli HS.

Kini WNA China tersebut terancam di Blacklist oleh Pemerintah RI. Kasusnya sedang di proses dan petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggaran. Jika terbukti maka Zeng Jinmao dilarang masuk ke Negara Indonesia lagi.

“Saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan, petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggarannya. Jika nanti terbukti, maka segera dideportasi dan akan di-black list,” ucap Ramli. (pdk)

 

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/893101-pernah-dideportasi-wn-china-dagang-lagi-di-sulsel

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Warga Pedekik Bengkalis Jadi Peserta MTQ Nasional Ke-25 2014 Batam Bengkalis - Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional ke-25 di Batam akan dibuka tanggal 6 Juni 2014. Berlokasi di Dataran Engku Putri Batam, para kafilah seluruh provinsi yang ada di Indonesia akan...
Daftar Nama PNS yang Tidak Terdata Di BKN, 57 Ribu Orang Nasional - Jumlah PNS di Indonesia sekitar 4,5 juta orang. Dari jumlah sebanyak itu, Daftar nama PNS yang tidak terdata di BKN Pusat hasil dari PUPNS adalah 57 ribu orang. Baik yang berada di daerah m...
Berikut Informasi CPNS Honorer K2 Dari Kemenpan RB 2018 Nasional – Informasi CPNS Honorer K2 tahun 2018 sangat ditunggu-tunggu beritanya oleh para tenaga honor baik di pusat maupun daerah. Baik yang berprofesi sebagai guru maupun pegawai umum. Kabar bai...
Kapolri Dapat Hadiah Pedang warna emas Dari Raja Salman Jakarta, Nasional - Kapolri Tito Karnavian dihadiahi Pedang berwarna keemasan dari Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman. 'Pedang Emas' itu di serahkan oleh Raja Salman melalui Duta Besar Arab Saudi untuk ...
Daftar Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri Tahun 2018 Bagi Siswa SLTA Nasional – Bagi siswa yang sedang duduk di kelas 3 saat ini bisa ikut mendaftar peluang Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri untuk kuliah tahun 2018. Ini merupakan kesempatan emas untuk adik-adik yang ingin...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top