Posisi Anda
Home > Berita desa > 4 Hal Yang Harus Dikuasai Perangkat Desa Dalam Bekerja Melayani Masyarakat

4 Hal Yang Harus Dikuasai Perangkat Desa Dalam Bekerja Melayani Masyarakat

4 Hal Yang Harus Dikuasai Perangkat Desa Dalam Bekerja

Top Info Desa – Yang harus dikuasai Perangkat Desa sebagai modal dasar dalam bekerja dan mengabdi untuk melayani masyarakat ada beberapa hal.

Bekerja di Kantor desa tidak sama dengan pegawai yang bekerja di instansi dinas tingkat Kabupaten. Apalagi jika dibandingkan dengan karyawan perusahaan swasta.

Perangkat Desa adalah abdi masyarakat yang berada di tingkat paling bawah dalam sistem pemerintahan kita.

Secara vertikal dia harus mempertanggungjawabkan tugasnya kepada atasan. Mulai dari pertanggungjawaban kepada Kepala Desa, Camat sampai kepada Bupati.

Disamping itu perangkat desa atau pamong desa dalam bekerja langsung berinteraksi dengan masyarakat secara personal.

Sehingga kinerjanya bisa langsung dinilai oleh orang yang bersangkutan. Bahkan didikte bagaimana cara dia melaksanakan tugasnya.

Artinya, berhasil tidaknya perangkat desa dalam menjalankan tugas akan langsung kelihatan secara nyata dan menjadi penilaian di mata masyarakat desanya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang wajib dikuasai oleh perangkat desa sebagai modal dirinya mengabdi kepada masyarakat dan juga atasannya.

Berikut ini beberapa poin yang perlu dipelajari dan dikuasai sebagai modal perangkat desa dalam bekerja.

  1. Regulasi

Perangkat desa, mulai dari Kepala Desa, Sekretaris desa, Kepala urusan dan lainnya harus menguasai berbagai regulasi atau peraturan hukum yang berkaitan dengan desa.

Baca Juga :   Perbedaan Kaur dan Kasi Dalam Pemerintahan Desa yang Paling Mendasar

Baik itu Undang-undang desa, peraturan pemerintah, peraturan menteri hingga aturan lain ditingkat bawahnya.

Bahkan yang paling penting petunjuk teknis (juknis) dan juga petunjuk pelaksanaan (juklak) suatu kegiatan juga harus bisa ia fahami seluas mungkin.

Akan lebih hebat lagi jika perangkat desa tidak hanya menguasai aturan dan perundang-undangan tentang desa saja. Tetapi produk hukum lintas bidang lainnya yang masih ada kaitannya dengan desa.

Misalnya saja peraturan menteri Sosial yang berkaitan dengan bantuan sosial, PKH, Jaminan kesehatan dan lainnya.

Contoh lain peraturan menteri PUPR yang biasanya ada kaitan dengan kegiatan pembangunan infrastruktur fisik di desa.

Regulasi yang berkaitan dengan desa ditingkat atas, biasanya di keluarkan oleh Presiden, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementarian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Jadi bagi anda perangkat desa, sering-seringlah membaca aturan dan regulasi khususnya yang langsung berhubungan dengan bidang KAUR atau KASI bersangkutan.

Tidak lucukan jika pelaksana kegiatan seperti Kepala Urusan atau Kepala Seksi ternyata tidak faham dengan aturan hukum di bidangnya?

  1. Tugas dan Fungsi

Tugas dan fungsi dari perangkat desa sudah ditentukan masing-masing menurut urusan atau seksi bidangnya.

Baca Juga :   Bagaimana Pelaksanaan Fungsi BPD (Badan Permusyawaratan Desa) ?

Kepala Urusan (Kaur) Keuangan misalnya, bertugas membantu Sekretaris Desa bidang keuangan yang fungsinya seperti pengurusan administrasi keuangan desa. Penghasilan tetap perangkat dan lain-lain.

Dengan menguasai tugas dan fungsinya masing-masing, maka sistem pemerintahan desa akan berjalan maksimal. Segala pekerjaan bisa dengan mudah dikordinir oleh Sekretaris Desa.

Sehingga target dari kegiatan pembangunan desa bisa cepat tercapai dan terrealisasi secara maksimal.

Keuntungan lainnya, perangkat desa akan mudah merespon berbagai masalah yang terjadi di masyarakat dan dalam pemerintahan desa itu sendiri.

  1. Memahami Karakter Masyarakat

Sebagai pegawai yang melayani masyarakat secara langsung, seorang perangkat desa dituntut untuk bisa memahami dan mengenal karakter masyarakat di desanya. Baik secara kelompok atau pun per orangan.

Jika hal ini ia kuasai dengan baik, akan memudahkan perangkat itu sendiri dalam bekerja. Misalnya untuk menentukan suatu kebijakan, ia akan mudah memetakan rumusannya.

Atau ketika desa akan menetapkan suatu aturan kepada masyarakat, Kepala Desa atau perangkat tidak takut lagi muncul respon negative dari masyarakat. Karena sudah faham bagaimana karakter masyarakat yang dipimpinnya.

Bahkan hal-hal negative yang kemungkinan akan muncul bisa di minimalisir sebelum aturan itu dijalankan.

Baca Juga :   Ini Tugas Karang Taruna Sebagai Lembaga Kemasyarakatan Di Pemerintahan Desa

Memahami karakter masyarakat ini pun bermanfaat untuk kita menentukan sebuah program kebijakan ke depan untuk kemajuan desa.

  1. Berbicara Di depan Umum

Poin ini terkadang dianggap sepele oleh sebagian perangkat desa. Mereka merasa untuk kegiatan atau acara yang sifatnya formal, bisa diwakilkan oleh orang yang mampu tampil di depan umum saja.

Padahal, ini menjadi salah satu poin yang menunjukkan kualitas seorang perangkat desa. Berbicara di depan umum tidak harus dalam kegiatan atau acara formal saja.

Dalam menghadapi masyarakat sehari-hari pun kita dituntut mampu berbicara dengan bijaksana. Tidak menyinggung perasaan atau tidak mengeluarkan kata-kata yang kurang bagus.

Itulah kira-kira beberapa hal yang perlu dikuasai perangkat desa dalam bekerja melayani masyarakat untuk kemajuan desanya.

Bagi teman-teman perangkat desa, mungkin masih ada hal lain yang bisa disebutkan apa saja yang perlu dan sebaiknya difahami dan dikuasai oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa dan perangkat desa lainnya.

Jika ada silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah artikel ini. Selanjutnya bagi anda Kepala Desa Bulan Ini Pengiriman Kepala Desa Ke Luar Negeri Dimulai, Siapa saja yang ikut? (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Lomba Desa Wisata Nusantara, Ini Persyaratan Pendaftaran dan Hadiahnya Top Info Desa – Lomba Desa Wisata merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh Pemerintahan Desa sebagai sarana promosi wisata desa untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerahnya. Pemerintah melalui Dir...
Cara Bikin Website Desa #3 Bengkalis - Pedekik.com, Lanjut mas bro... Ini artikel sambungan bagian 3 dari tutorial cara bikin website desa yang sudah saya tulis sebelumnya. (Lihat cara bikin website desa #2) Sedikit mengulang,...
Akibat Biaya Pengurusan Surat Tanah, Semua Perangkat Desa ini Di Perik... Info desa - Biaya Pengurusan surat tanah di wilayah perdesaan terkadang menjadi boomerang bagi perangkat desa. Tidak sedikit juga yang menjadi kontroveri dan muncul polemik. Karena desa merupakan peme...
4 Permasalahan Pemerintah Desa yang masih terjadi dan Harus Diatasi Permasalahan pemerintah desa menjadi tugas dan tanggung jawab semua komponen kelembagaan pemerintah di Indonesia dan juga masyarakat. Apa saja permasalahan pemerintah desa yang kerap dialami? Perm...
Data Laporan Bulanan September 2013 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan September Tahun 2013. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di da...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top