Posisi Anda
Home > Bisnis > 5 Jenis Usaha Di Desa Pinggiran Pantai Yang Punya Prospek Bagus

5 Jenis Usaha Di Desa Pinggiran Pantai Yang Punya Prospek Bagus

jenis usaha di desa

Bisnis Desa – Mencari peluang jenis usaha di desa yang punya potensi dan prospek bagus ke depan, salah satunya harus mempertimbangkan tipologi desa tersebut.

Sebagaimana kita ketahui tipologi desa di Indonesia ada beberapa macam. Antara lain desa dengan tipologi pertanian, tipologi perindustrian, perikanan dan juga tipologi pertanian.

Contohnya barangkali seperti Kreatifitas Pengolahan Bonggol Pisang Jadi Peluang Bisnis Di Desa yang ber tipologi perkebunan.

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Ada ribuan pulau yang tersusun sebagai sebuah kesatuan dalam Republik Indonesia.

Tak ayal maka negeri ini pun disebut juga sebagai negara maritim yang mana 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia merupakan daerah perairan.

Laut membentang luas di bumi pertiwi dan dikelilingi gugusan pulau di sekitarnya. Maka, negara Indonesia memiliki begitu banyak garis pantai pada wilayahnya.

Oleh karena itu, menangkap ikan alias menjadi nelayan adalah salah satu profesi yang marak digeluti oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang memang tinggal di desa pinggiran pantai.

Desa-desa yang berlokasi di garis pantai atau pinggiran laut tersebut cenderung memiliki tipologi desa perikanan atau desa nelayan.

Apakah Anda termasuk ke dalam kelompok masyarakat yang tinggal di desa perairan atau garis pantai tersebut?

Nah, kali ini pedekik.com akan berbagi informasi tentang peluang bisnis beberapa macam jenis usaha di desa dengan tipologi perikanan yang berada di daerah pinggiran pantai.

Simak 5 ide bisnis yang bisa dijadikan peluang usaha desa perairan berikut ini :

1. Jualan es balok

Jangan pernah menyepelekan usaha penjualan es balok karena harganya begitu murah alias sangat terjangkau.

Anda seharusnya hilangkan anggapan tersebut karena fakta sebenarnya yaitu jualan es balok sebagai bisnis di desa perairan akan membawa banyak keuntungan.

Jualan es balok memiliki omzet pendapatan yang terbilang besar, yakni 1,5 juta rupiah hingga mencapai 2 juta rupiah setiap harinya.

Baca Juga :   Begini Modul Program Inovasi Desa Untuk Cegah Korupsi Dana Desa

Bahkan, jika ulet berusaha dan berdoa, pendapatan tersebut akan membawa balik modal hanya dalam kurun waktu selama 10 bulan.

Penjualan es balok mengincar para nelayan sebagai target pembeli. Es balok sangat dibutuhkan pada usaha perikanan supaya menjaga ikan dan bahan makanan laut lainnya senantiasa segar dan layak untuk diolah.

Selain dimanfaatkan untuk usaha perikanan, es balok banyak digunakan dalam industri kuliner. Tak dipungkiri di desa perairan, apalagi dikelilingi banyak pantai, berbagai restoran maupun kedai makanan dibangun sebagai area wisata.

Selain itu, dengan panasnya suhu udara yang ada di wilayah garis pantai menjadikan jenis usaha es balok ini sangat prospek untuk dijalankan di desa pinggir laut.

Itu berarti sasaran pembeli es balok selain nelayan dan pengusaha ikan, bisa juga mereka yang menggeluti usaha kuliner.

2. Membangun Home Stay atau Penginapan

Pada daerah perairan, terutama di garis pantai, banyak area yang bisa diolah untuk dijadikan tenpat wisata.

Dengan begitu, maka selain menangkap ikan, menyediakan home stay atau penginapan bisa jadi salah satu jenis bisnis di desa perairan yang akan membawa banyak keuntungan.

Sekarang ini para wisatawan tak melulu mencari hotel berbintang lima demi menikmati pemandangan alam yang indah.

Jadi, Anda tak perlu modal yang luar biasa besarnya asalkan tempat penginapan yang Anda sediakan nyaman, aman, dan bersih.

Kalau bisa, usahakan penginapan yang Anda miliki punya desain sesuai ciri khas atau tradisi daerah Anda.

Misalkan ornamen-ornamen bangunan untuk dekorasi penginapan. Para wisatawan dari dalam maupun luar negeri akhirnya berminat untuk tinggal atau menetap di penginapan Anda.

Anda akan dapat keuntungan berlipat ganda dan bisa memberi kebaikan pada orang lain dengan membuka lapangan kerja bagi warga sekitar desa.

Baca Juga :   Bagaimana Standar Gaji Karyawan Outsourcing? Ini Aturannya

3. Membangun Tempat Wisata

Jika Anda berkesempatan memiliki modal dengan nominal yang cukup besar, maka Anda tidak usah susah payah merantau kota demi mengolah modal dan meraih kesuksesan.

Selain home stay layaknya pembahasan pada poin sebelumnya, Anda bisa juga membangun tempat wisata sebagai lahan bisnis di desa perairan tempat Anda tinggal.

Apalagi jika ada banyak pantai di sekitar desa Anda. Banyak orang yang ingin habiskan waktu luang untuk berlibur menikmati pemandangan pantai.

Tak jarang wisatawan asing rela jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati alam pantai disini. Meskipun hanya libur beberapa hari saja, banyak sekali orang rela menempuh jarak jauh supaya bisa menikmati pemandangan indah.

Nah, supaya wisatawan semakin berminat datang ke daerah Anda, kelola juga segala potensi di daerah guna menjadi tempat wisata yang semakin indah disertai lingkungan bersih dan perasaan nyaman, serta aman.

Contoh lain jenis usaha di desa sekitar pantai yang juga berpotensi memiliki prospek bagus ke depan antara lain :

 Kolam berenang,
 Tempat menyelam disertai segala fasilitas peralatan yang diperlukan,
 Wisata penyu, dan
 Penyediaan kapal atau perahu untuk menikmati pemandangan alam yang ada.

4. Pengolahan dan Pendistribusian Kelapa

Pohon kelapa sangat cocok tumbuh di daerah panas sekitar pantai. Sering kita jumpai di desa-desa pinggir laut pohon kelapa tumbuh dengan subur disana.

Semua bagian dari tanaman kelapa bisa dimanfaatkan dalam kehidupan. Entah itu daun, buah, cangkang serta serabutnya, hingga batang pohon kelapa.

Pohon kelapa banyak sekali dijumpai di seluruh pelosok di Indonesia. Itulah mengapa mengolah dan jadi distributor kelapa bisa jadi salah satu pilihan bisnis di desa perairan.

Baca Juga :   5 Peluang Usaha Kue Kering Khas Lebaran Untuk Sajian Tamu

Ada banyak pihak yang menjadi target pembeli kelapa, antara lain :

– Pihak penyedia tempat wisata,
– Pihak penginapan,
– Pihak yang berusaha dalam pembuatan atap rumah dari daun kelapa,
– Pihak yang berbisnis dengan batang pohon kelapa sebagai bahan baku,
– Pihak restoran maupun kedai makanan sederhana, dan
– Pihak penyedia santan kelapa.

Nah jika Anda ingin dapat uang lebih banyak, Anda bisa mengolah lebih dulu segala bahan yang didapat dari kelapa menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Dengan begitu, harga jual yang Anda tawarkan bisa jauh lebih tinggi dari semula.

5. Budidaya Rumput Laut

Jenis usaha lainnya di desa dengan tipologi perikanan atau perairan yang tidak kalah prospek adalah budidaya rumput laut.

Pasaran banyak membutuhkan rumput laut untuk berbagai keperluan. Karena memang manfaat rumput laut begitu luar biasa.

Rumput laut seringkali digunakan untuk agar-agar maupun bentuk gel lainnya. Ada juga beraneka ragam makanan lainnya yang berasal dari olahan rumput laut. Misalkan saja keripik yang dibuat dengan bahan baku rumput laut.

Banyak kosmetik juga menggunakan rumput laut sebagai salah satu bahan alami dalam komposisinya.

Jika Anda menjadi pengepul rumput laut dalam jumlah besar, hasil rumput laut yang didapat bukan cuma dinikmati untuk memenuhi kebutihan dalam negeri, namun juga bisa dikirim ke luar negeri alias eksport untuk mendapat pangsa pasar lebih luas.

Itulah tadi 5 jenis usaha di desa nelayan atau desa yang bertipologi perikanan sebagai peluang bisnis yang cukup bagus dan akan memberikan keuntungan besar bagi masyarakat sekitar.

Selain 5 macam peluang usaha diatas, masih ada lagi 5 Ide Bisnis Kuliner Di Desa Yang Menjanjikan Selama Ramadhan. Karena kebetulan artikel ini ditulis saat bulan puasa. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Cara Mencari Modal Usaha bagi UKM Untuk Peningkatan Bisnis Cara Mencari Modal Usaha untuk peningkatan bisnis adalah salah satu kunci keberhasilan UKM maupun usaha pribadi. Karena Permodalan merupakan elemen fungsional dalam berbisnis. Mencari modal bukan ...
Panduan Cara Daftar Jadi Member JoyBiz Indonesia Bisnis – Banyak pembaca yang bertanya bagaimana sih cara daftar joybiz jika ingin menjadi member? Nah, sebelum kita menuju kepada langkah dan proses pendaftaran lebih lengkap untuk bergabung dengan pe...
Cara Memanfaatkan Embung Desa Menjadi Peluang Usaha Bumdes Bisnis – Memanfaatkan Embung Desa menjadi peluang usaha bagi Bumdes merupakan satu inovasi baru yang mulai banyak dikembangkan. Sejak tahun kemarin Pemerintah sangat menganjurkan pembangunan embung...
Langkah Membuka Usaha Kue Basah Bagi Ibu Rumah Tangga Dan Trik Menjual... Langkah membuka usaha kue basah tidak bisa dianggap sepele karena kalau bisnis kecil ini benar-benar ditekuni maka akan menghasilkan profit yang tidak sedikit. Kue basah adalah salah satu produk m...
Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini Bisnis, Pedekik.com - Memiliki bisnis sendiri tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Mulai dari membuka usaha sendiri, menarik pelanggan, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan layanan dan lainn...

One thought on “5 Jenis Usaha Di Desa Pinggiran Pantai Yang Punya Prospek Bagus

  1. Trimakasih atas tips menarik yang dibagi lewat artikel ini.. sangat bermanfaat dan menginspirasi, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pantai…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top