Posisi Anda
Home > Lifestyle > 5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Menjaga Imunitas Tubuh

Tips menjaga Imunitas Tubuh harus tetap dilakukan setiap saat. Karena ini salah satu faktor penentu kesehatan kita. Tidak hanya diperlukan saat masa Pandemi atau wabah penyakit Corona seperti sekarang ini saja. 

Sudah berbulan-bulan kita menghadapi wabah COVID-19 ini. Jumlah kasus kian hari kian meningkat. Belum lagi tenaga medis yang gugur saat berjuang di garda terdepan. COVID-19 juga telah menelan banyak korban jiwa.

Pemerintah memang telah melakukan banyak upaya untuk mencegah infeksi ini, dengan PSBB dan sterilisasi beberapa tempat tertentu. Selain itu, penting juga bagi kita untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi wabah COVID-19 ini, yaitu dengan menjaga imunitas tubuh kita tetap prima, supaya tidak mudah tertular penyakit.

Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh, atau disebut juga sistem kekebalan tubuh adalah bagian dari tubuh manusia yang berfungsi untuk menjaga tubuh manusia supaya tetap terjaga kesehatannya. Sistem imunitas tubuh akan melawan infeksi kuman yang akan masuk ke tubuh kita.

Sistem imunitas tubuh juga berperan penting untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV 2, penyebab penyakit COVID-19. Sayangnya, hingga saat ini, belum ada vaksin yang efektif untuk dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh kita melawan virus SARS-CoV 2. Selain itu, juga belum ada pengobatan yang efektif menjadi antivirus bagi COVID-19.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, sistem imunitas tubuh kita harus diupayakan untuk tetap prima, sehingga kapanpun kita terpapar virus ini, kita tidak mudah menjadi sakit.

Baca Juga :   Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa

Nah, inilah 5 tips menjaga imunitas tubuh yang perlu anda ketahui untuk mencegah Anda dari penyakit.

  1. Makan Makanan yang Bergizi

Makanan yang kita makan setiap hari sangat berperan bagi tubuh kita. Makanan yang bergizi seimbang akan membuat tubuh kita menjadi sehat, dan sebaliknya, makanan yang tidak bergizi, kotor, dan junk food dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bagi tubuh.

Makanan yang bergizi seimbang dengan kandungan gizi yang cukup dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima. Kandungan gizi yang seimbang berarti mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dengan jumlah yang cukup.

Takaran makanan yang tepat dapat mengacu pada ‘Isi Piringku’ yang diterbitkan oleh Kemenkes RI. Perbandingan isi piring yang benar adalah 1/3 isi piring adalah makanan pokok (dapat berupa nasi, jagung, ubi-ubian), 1/3 isi piring adalah sayuran, dan 1/3 lainnya dibagi  2 antara lauk pauk dan buah-buahan. Jumlah kebutuhan gizi tubuh setiap harinya akan terpenuhi.

  1. Minum air yang cukup

Minum air putih yang cukup setiap harinya adalah 8 gelas atau 1,5 liter tiap harinya. Kriteria air putih yang baik untuk dikonsumsi adalah air putih yang berasal dari air minum kemasan bermerk, atau jika mengambil dari sumber air PDAM, tidak disarankan langsung diminum, tetapi harus dimasak dulu hingga mendidiih (kurang lebih 10-20 menit).

Baca Juga :   Daftar Release Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun Ini

Air putih yang memenuhi syarat konsumsi harus memenuhi syarat biologis, syarat fisik, dan syarat kimia. Syarat biologis air bersih adalah terhindar dari mikroorganisme, jadi harus dimasak hingga mendidih. Syarat fisik air bersih adalah tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Syarat kimia air bersih adalah tidak mengandung kandungan bahan kimiawi tertentu. Nah, sudah cek air putihmu hari ini belum?

Air putih yang kita konsumsi setiap hari sangat penting bagi tubuh, antara lain untuk menjaga jumlah cairan di dalam tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan membantu proses metabolisme.

  1. Mengonsumsi multivitamin

Multivitamin bersifat sebagai suplemen makanan, yaitu tambahan kandungan vitamin pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Bagi orang sehat, disarankan multivitamin yang cukup tiap harinya adalah 500 mg vitamin C. Untuk pasien dengan penyakit penyerta tertentu, konsumsi multivitamin disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Berolahraga dan beraktivitas fisik penting untuk meningkatkan fungsi imunitas tubuh.

Multivitamin dapat berperan untuk meningkatkan jumlah sel kekebalan tubuh, yang dapat membuat tubuh kita kuat melawan penyakit. Anda dapat membeli vitamin berupa suplemen makanan di apotik terdekat. Selain itu, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.

  1. Aktivitas fisik
Baca Juga :   Mengenal Teknik Pengolahan Kopi Desa Menjadi Citarasa Yang Mendunia

Berolahraga dan beraktivitas fisik penting untuk meningkatkan fungsi imunitas tubuh. aktivitas fisik yang dianjutkan adalah 30 menit setiap harinya. Aktivitas fisik dapat digantikan dengan membersihkan rumah, berlari kecil di dalam rumah, dll.

Aktivitas fisik yang dianjurkan adalah aktivitas di luar rumah, yang terpapar sinar matahari pagi. Sinar matahari dapat membantu perubahan provitamin D menjadi vitamin D, yang juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Tidur yang cukup

Waktu tidur sangat penting bagi tubuh kita untuk ‘mengistirahatkan’ proses metabolisme yang terjadi pada tubuh. Proses metabolisme tubuh melambat, dan hormon untuk regenerasi tubuh menjadi meningkat.

Tidur yang cukup bagi tubuh minimal 8 jam per hari. Tidur yang cukup bagi tubuh juga harus disertai dengan sleep hygiene, yaitu meredupkan lampu di malam hari, minum segelas susu untuk membantu masuk ke fase tidur, membersihkan tempat tidur sebelum ditiduri, dan memastikan sirkulasi udara di kamar tidur tetap lancar.

Nah, inilah 5 tips menjaga imunitas tubuh yang Anda perlu untuk lakukan, terutama di masa wabah ini. Coba baca Efek Pandemi COVID-19 : Siapa Yang Paling Beresiko?

Perubahan pola hidup menjadi bersih dan sehat, dapat menjadikan seseorang terhindar dari penyakit. Dengan adanya perubahan pola hidup ini, juga diharapkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

One thought on “5 Tips Menjaga Imunitas Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

  1. siip 5 tips menjaga imunitas tubuhnya Kak, masa pandemi gini makin sadar kesehatan itu penting, makin harus bisa menjaganya juga

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top