Posisi Anda
Home > Lifestyle > 6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penting

6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penting

Mengatasi Gaya Hidup Boros

Lifestyle – Bagi sebagian orang Mengatasi Gaya Hidup Boros ketika musim lebaran tiba, terasa agak sulit untuk dihindari.

Ramadhan yang dilaksanakan 30 hari memang menjadi ajang beribadah dan juga meningkatkan iman.

Selain itu lebaran menjadi ajang untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara atau keluarga besar yang jarang bertemu.

Namun momen ini menyebabkan banyak pengeluaran karena adanya kegiatan makan-makan dan juga bagi-bagi THR yang biasanya untuk anak-anak dan juga keponakan.

Tetapi bagaimana kondisi uang setelah lebaran ? biasanya akan mengeluh habis sampai tidak punya uang sama sekali.

Nah berikut ini ada beberapa tips Mengatasi Gaya Hidup Boros pada waktu lebaran sehingga anda akan tetap memiliki uang paska lebaran berakhir.

1. Stok Makanan

Khusus untuk ibu-ibu, tips pertama ini sangat penting. Dimana, saat memasuki bulan puasa harga makanan pasti selalu naik.

Mulai dari bahan dapur hingga camilan dan makanan pinggir jalan sekalipun biasanya ikut naik akibat meningkatnya konsumsi dan keinginan masyarakat.

Hal ini menyebabkan anda harus mengaturnya dengan baik, agar tidak mengalami pengeluaran yang terlalu besar.

Untuk mengakalinya anda bisa membeli beberapa bahan makanan yang dibeli sebelum puasa. Misalnya gula dan tepung terigu dan bahan lain yang bisa ditumpuk.

Hanya saja pastikan stok makanan anda diletakkan di tempat yang layak dan juga bersih. Supaya tidak terganggu oleh tikus atau rayap.

2. Sisihkan Uang Zakat

Saat ramadhan pengeluaran memang membengkak, namun jangan sampai lupa akan pengeluaran kewajiban zakat sampai-sampai ditinggalkan.

Bahkan setelah ramadhan dan lebaran sekalipun. Khususnya zakat penghasilan yang harus terus mengalir dan jangan hanya di ramadhan saja.

Nah untuk menghindarinya , sisakan uang zakat sejak awal agar tidak terjadi masalah yang diinginkan. Dengan adanya uang zakat yang sudah anda sisihkan maka tidak perlu khawatir akan lupa ataupun sampai tidak bayar zakat.

Selain itu, pembayaran zakat harus dilakukan pada orang yang layak ataupun pada lembaga penyalur. Semua keluarga wajib membayarkan zakatnya, anda harus memikirkan hal tersebut.

3. Batasi Uang

Untuk mengatasi sifat pemborosan ketika menjelang hari raya tiba berikutnya adalah dengan merencanakan kegiatan buka bersama se efisien mungkin.

Buka bersama memang menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dihilangkan, dimana ajang untuk berkumpul, reuni bahkan bertemu sahabat yang sulit ditemui membuat banyak orang sengaja mengadakan bukber dan berkumpul.

Namun tidak terasa karena bukber inilah membuat uang anda ketika ramadhan terkuras habis.

Selain itu untuk pengeluaran kumpul-kumpul setelah lebaran juga harus dibatasi.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Share Ke Facebook Tidak Muncul Gambar Dan Deskripsi Posting

Uang seperti ini yang membuat banyak orang tiba-tiba mengambil uang simpanan atau uang yang seharusnya digunakan untuk bertahan hidup setelah lebaran.

Solusi tepatnya adalah menabung sebelum ramadhan tiba.

Misalnya ketika anda merencanakan bukber sebanyak 5 tempat, maka anda memisahkan uang untuk bukber dengan budget yang anda tentukan.

Selain itu sisa hasil tabungan untuk bukber juga bisa digunakan untuk acara halal bihalal anda.

4. Hindari Pembelian barang berlebih

Ketika anda membeli barang untuk persiapan lebaran seringkali berlebihan dan akhirnya memakan kocek untuk setelah lebaran.

Atau bisa jadi menggunakan uang simpanan anda yang akhirnya tabungan terkuras untuk hal yang tidak penting.

Poin ini khusus untuk anda yang seringkali gengsi atau ingin tampil mewah saat lebaran, padahal menghabiskan uang.

Hindari pembelian barang berlebih ketika ramadhan atau lebaran. Apalagi menjelang hari raya harga-harga selalu sangat tinggi.

Khusus untuk elektronik dan sejenisnya bisa menguras kantong anda dalam sekali pembelian. Jika mau, beli emas yang nantinya bisa anda jual lagi jika tidak bisa digunakan.

5. Simpan THR

Ini juga salah satu cara mengatasi gaya hidup boros anda yang terjadi saat lebaran.

Jadi sisihkanlah sebagian THR untuk simpanan setelah hari raya. THR atau tunjangan hari raya merupakan uang yang biasanya didapatkan dari tempat kerja ataupun didapatkan dari sanak saudara.

Meskipun tidak tertebak dapat jumlah berapa dan dari siapanya, namun usahakan untuk menyimpan THR yang didapatkan.

6. Kurangi jajan

Selanjutnya adalah kebiasaan jajan yang sering dilakukan ketika hari raya. Dimana berpuasa 30 hari membuat anda tidak bisa makan secara bebas, sehingga dibalas saat lebaran.

Membatasi jajan dan mengalihkan uang anda untuk keperluan yang lebih penting akan menyelamatkan anda dari sifat boros dan kehabisan uang setelah lebaran.

Semua poin diatas bisa anda lakukan dengan bebas, bukan hanya untuk setelah lebaran atau ramadhan saja, namun bisa dilakukan setiap saat untuk menghemat pengeluaran yang tidak terkontrol.

Itulah beberapa tips mengatasi gaya hidup boros yang biasanya selalu dialami oleh siapa saja pada waktu hari raya.

Selain dari kebiasaan buruk diatas waktu hari raya, pola makan juga terkadang bisa menjadi masalah kesehatan pada waktu musim lebaran. Untuk itu jika anda Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan ini. (Ev0)

6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penting was last modified: June 12th, 2018 by admin

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Lucu, Tak bisa Bahasa Inggeris, Atlet ini jawab pertanyaan Wartawan pa... Lifestyle, Pedekik.com - Walaupun tidak menguasai bahasa Inggeris, seorang atlet Jepang berhasil melakukan wawancara dalam bahasa Inggeris yang membuat tertawa para penonton. Bagaimana ia menjawab per...
Inilah Anak-anak Terkaya Dunia, Usia 8 Tahun Punya Kekayaan Lebih 300 ... Lifestyle – Jika orang dewasa menjadi milyarder tentu kita sudah tidak heran lagi. Namun kalau usia anak-anak sudah menjadi orang terkaya, gimana ya rasanya? Penasaran siapa mereka? Inilah anak-anak t...
Seorang Pendeta Masuk Islam Setelah 43 Tahun Jadi Misionaris, Ini seba... Lifestyle, Pedekik.com - Seorang Pendeta masuk Islam setelah jadi misionaris selama 43 tahun. Dia ditugaskan untuk menyebarkan ajaran injil di pulau Jawa. Namun akhirnya hidayah menghampiri. Dari pend...
Contoh Pengolahan Limbah Desa Yang Bernilai Ekonomis Lifestyle – Mulai saat ini Pengolahan limbah desa perlu menjadi perhatian bagi masyarakat desa dan pemerintahannya. Karena permasalahan limbah bukan lagi terjadi di kota-kota besar yang padat penduduk...
Mengenal Teknik Pengolahan Kopi Desa Menjadi Citarasa Yang Mendunia Lifestyle – Tak banyak yang tahu bagaimana teknik pengolahan kopi desa sehingga mampu menjadi kopi dengan citarasa yang mendunia. Pernahkah Anda mengamati warung kopi dimana pun berada ? Baik di de...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top