Site icon Top Info

Apa Saja Tugas Sekretaris Désa, Fungsi dan Wewenangnya?

Tugas Sekretaris Desa

Top Info Desa – Apa saja tugas sekretaris desa atau yang biasanya kita sebut dengan carik di dalam Organisasi Pemerintahan Desa? Wewenang apa saja yang Ia miliki dalam menjalankan fungsinya?

Pemdes atau Pemerintah Desa merupakan sebuah lembaga yang bertugas untuk mengolah desa. Di dalam pemerintah desa terdapat perangkat desa yang dibentuk dengan masing-masing tugas yang berbeda-beda. Tujuan pembentukan perangkat desa adalah untuk membantu kepala desa di dalam menjalankan tugas maupun wewenangnya.

Setidaknya ada Sekretaris Desa, 3 Kepala Urusan dan 3 Kepala seksi maupun Kepala Dusun atau Kewilayahan (ada juga yang menyebut dengan Dukuh). Jika dahulu sekretaris desa harus diisi oleh seseorang yang sudah menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS, maka sekarang yang non PNS pun bisa mengajukan diri untuk menduduki jabatan tersebut.

Terdapat beberapa tugas sekretaris desa atau carik yang harus diketahui dan dijalani. Hal ini karena jabatan tersebut merupakan kaki tangan kepala desa yang bertugas membantu semua pekerjaan yang diemban oleh kepala desa. Beberapa tugas tersebut antara lain tugas administrasi, persiapan rapat, pengarsipan dokumen, atau tugas-tugas lainnya.

Dasar Hukum Sekretaris Desa

  1. UU No. 6 tahun 2014 mengenai desa
  2. Peraturan Pemerintah No. 43 tahun 2014 yang berkaitan dengan Peraturan Pelaksanaan UU No. 6 tahun 2014.
  3. Peraturan Menteri Dalam Negeri 83 tahun 2015 mengenai pengangkatan dan juga pemberhentian perangkat desa.
  4. Peraturan Menteri Dalam Negeri 84 tahun 2015 mengenai struktur organisasi dan juga tata kelola pemerintah desa.
  5. Peraturan Menteri Dalam Negeri 67 tahun 2017 yang merupakan perubahan dari Permendagri No. 83 tahun 2015 berkenaan dengan pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.

Tugas Sekretaris Desa

Berdasarkan Peraturan Kementrian Dalam Negeri No. 85 tahun 2015 yang dijelaskan pada pasal 7. Ada beberapa tugas yang diemban oleh sekretaris desa yang harus dilaksanakan. Beberapa tugas tersebut antara lain:

Fungsi Sekretaris Desa

Tugas Sekretaris Desa di Dalam Pengelolaan Keuangan Desa

Berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pada Permendagri No. 20 tahun 2018 mengenai tata pengolaan keuangan desa. Di situ dijelaskan bahwa pengelolaan keuangan adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, penatausahaan, perencanaan, pelaporan, dan juga pertanggungjawaban.

Berkaitan dengan ketentuan tersebut, maka tugas sekretaris desa adalah seperti di bawah ini:

Tugas Sekretaris Desa dalam Perencanaan

Beberapa tugas yang diemban oleh sekretaris desa yang berkaitan dengan masalah perencanaan adalah sebagai berikut:

Tugas Sekretaris Desa dalam Urusan Pengajuan Pelaksanaan Pembayaran

Di bawah ini merupakan beberapa tugas sekretaris desa yang harus dilaksanakan berkaitan dengan pengajuan pelaksanaan pembayaran.

Syarat Menjabat sebagai Sekretaris Desa

Ketika seseorang berkeinginan menjabat sebagai sekretaris desa, sudah tentu ia harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Lalu apa saja persyaratan tersebut? Berikut ini akan kami berikan informasi tersebut kepada Anda.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan terkait apa saja tugas sekretaris desa dan syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi seseorang yang tertarik menduduki jabatan tersebut.

Karena Sekdes juga memiliki fungsi dalam pengelolaan keuangn desa, maka anda juga perlu membaca tentang bagaimana Sistem Keuangan Desa Dan Prosedur Penganggarannya. (Ev0)

Exit mobile version