Posisi Anda
Home > Bengkalis > Aplikasi Desa Bengkalis untuk Administrasi Kependudukan dan Surat Menyurat

Aplikasi Desa Bengkalis untuk Administrasi Kependudukan dan Surat Menyurat

Aplikasi Desa Bengkalis

Aplikasi Desa Bengkalis yang bagus untuk mengolah data kependudukan dan administrasi surat menyurat lengkap sangat tepat untuk diterapkan di semua desa.

Saat ini di Kabupaten Bengkalis ada sekitar 150-an desa dan kelurahan. Dari sebanyak itu, mungkin hanya beberapa desa yang sudah menerapkan sistem aplikasi guna mengelola data penduduk dan administrasi lainnya di kantor desa.

Padahal Kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini termasuk daerah yang sangat besar APBD nya.

Artinya, jika pemerintah Daerah mau menerapkan sistem aplikasi di setiap desa bukanlah hal yang sulit.

Dan memang seharusnya hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan dibanding dengan Kabupaten lainnya di Indonesia.

Walaupun desa bisa menerapkan apliaksi kantor nya sendiri, namun paling tidak dukungan dari Pmerintah Daerah itu sangat perlu.

Oke lah, kita anggap Kabupaten memang sudah mendukung, buktinya dana ADD untuk setiap desa di Bengkalis cukup besar jumlahnya.

Masalahnya sekarang tidak semua desa memahami pentingnya menerapkan Sistem Administrasi dan Informasi berbasis aplikasi.

Kalaupun ada, paling aplikasi yang memang diwajibkan oleh pemerintah kepada setiap desa.

Seperti SISKEUDES untuk mengolah data keungan, SIPADES untuk pengelolaan asset desa dan juga Prodeskel untuk data kependudukan.

Aplikasi resmi dari Kementerian itu memang cukup membantu, tetapi masih ada beberapa kekurangannya di sana sini.

Oleh karena itu lah perlu adanya Aplikasi Desa Bengkalis yang bisa melengkapi dan menunjang kinerja para Perangkat desa di Kabupaten Bengkalis supaya desa-desa yang ada semakin maju dan berkembang.

Disini kami akan berbagi sebuah Aplikasi yang bisa digunakan oleh setiap desa di wilayah Kabupaten Negeri Junjungan  secara gratis.

Karena aplikasi pemerintahan desa ini bersifat Opensource dan bisa di download secara gratis.

Bagi desa yang ingin menerapkannya silahkan di install dan di manfaatkan untuk kemajuan desa.

Gunakan OpenSID untuk Aplikasi Desa Bengkalis

Adapun aplikasi untuk mengolah data kependudukan, surat menyurat, Laporan Bulanan, Statistik dan bahkan website resmi desa yang kami maksud yakni Aplikasi yang bernama OpenSID.

Aplikasi Kantor Desa bengkalis

OpenSID merupakan salah satu aplikasi untuk Kantor Desa yang terbilang cukup lengkap fiturnya dibanding dengan aplikasi lain yang ada.

Bahkan hebatnya lagi aplikasi berbasis web browser ini, dikelola oleh sekelompok programmer yang bersedia secara sukarela untuk memperbaiki masalah bug yang muncul.

Tidak hanya itu, bagi desa yang mungkin membutuhkan fitur tambahan untuk digunakan di desanya, bisa mengajukan request dan nantinya akan ditangani oleh programmer tersebut.

Mungkin dalam tulisan ini tidak perlu kami jelaskan secara panjang lebar mengenai teknis penggunaan dan penerapannya, karena memang aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan panduan cara install hingga pemanfaatannya.

Bagi anda para perangkat desa di wilayah Kabupaten Bengkalis yang sudah mengenal dan mengetahui tentang aplikasi ini, tentunya sudah faham terkait aplikasi yang kami maksud. Jadi tinggal menerapkannya saja di Kantor Desa anda.

Namun kami yakin masih banyak yang belum tahu manfaat dan fungsinya secara mendalam.  Bahkan belum pernah mendengar sama sekali.

Untuk itu jika Anda ingin tahu bagaimana kerennya aplikasi ini, langsung saja download Aplikasi OpenSID gratis yang lengkap untuk di uji coba di laptop anda.

Untuk mengunduh atau download versi terbarunya dan mengetahui bagaimana cara installnya silahkan Anda baca artikel Aplikasi Desa Terbaik Paling Murah Se Indonesia. Download Gratis dan praktekkan langsung cara install di komputer anda.

Jika nanti kurang faham atau ada masalah yang ingin ditanyakan Anda boleh hubungi kami melalui HALAMAN KONTAK atau tanyakan di kolom komentar dibawah artikel ini.

Aplikasi Desa Bengkalis Terintegrasi dengan Dashboard Kecamatan

Sebagai tambahan informasi bahwa kelebihan aplikasi OpenSID ini sekarang sudah mulai di integrasikan dengan Dashboard Aplikasi Kecamatan yang bernama OpenDK.

Sehingga nantinya data-data desa bisa dikirim atau di akses oleh pihak Kecamatan dengan menggunakan aplikasi OpenDK tersebut.

Hal ini tentunya akan lebih memudahkan kerja para perangkat desa dan juga pegawai kecamatan dalam hal pengiriman laporan bulanan atau data lainnya.

Namun sepertinya untuk Aplikasi Kecamatan OpenDK saat ini baru pengembangan tahap awal. Jadi belum banyak kecamatan yang menggunakan aplikasi tersebut.

Sebagaimana aplikasi OpenSID, aplikasi OpenDK juga dikelola oleh para relawan yang tergabung dalam komunitas penggiat yang sama.

Adapun Lembaga yang menaungi pengelolaan dan pengembangan OpenSID serta OpenDK tersebut yakni Lembaga OPENDESA yang saat ini sekretariatnya di Sumatera Barat.

Lembaga opendesa

Sementara pengurus Opendesa terdiri dari beberapa orang yang domisilinya tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Ada yang dari Lombok, Yogyakarta, Bandung dan Sumbar sendiri.

Oke Young… sementara itu dulu informasi yang bisa kami berikan terkait dengan perkembangan Aplikasi Desa Bengkalis yang memang seharusnya diterapkan di semua Desa.

Bagi yang penasaran ingin langsung mencoba bagaimana bagus nya aplikasi ini, Anda bisa lihat dan gunakan demo nya di :

http://demo.opensid.id/first

Untuk login ke demo Aplikasi OpenSID  online tersebut, gunakan

Username : admin

Kata Sandi : sid304

Sepertinya Info Top ini perlu disebarkan kepada para perangkat desa, Kepala desa atau pun pendamping desa di sekitar pulau Bengkalis, kecamatan Rupat, Siak Kecil, Mandau dan lainnya.

Jadi segera share ke facebook atau WA grup kawan-kawan perangkat desa kita, supaya nantinya seluruh Desa di Negeri Junjungan ini serentak menerapkan aplikasi OpenSID secara bersama-sama. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kabupaten Bengkalis Terima Penghargaan Bina Perencanaan Pembangunan Bengkalis - Deputi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup BAPPENAS RI, Endang Murniningtiyas bersama Gubernur Riau H. Annas Ma'mun telah menyerahkan penghargaan Bina Perencanaan Pembangunan kepada Bupa...
Program Jamkesmasda Kabupaten Bengkalis Ditiadakan Pada 2017 Bengkalis - Program Jamkesmasda atau Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah Untuk Kabupaten Bengkalis akan ditiadakan pada tahun 2017 nanti. Yang selama ini warga Bengkalis cukup menggunakan KK dan KTP u...
Ini 4 Jenis Produk Unggulan Desa Di Kabupaten Bengkalis Bengkalis – Produk unggulan desa juga menjadi salah satu prioritas program Presiden Jokowi yang harus diwujudkan dan diberdayakan. Diharapkan setiap desa memiliki produk yang bisa menjadi andalan masy...
Warga Duri Keluhkan Biaya Proyek Trotoar Kabupaten Bengkalis 1,9 M Bengkalis - Pemkab Bengkalis melalui Dinas TKTRP telah membangun trotoar bagi pejalan kaki di Kota Duri Kecamatan Mandau. Namun salah seorang warga Duri mengeluhkan biaya pembangunan proyek trotoar ya...
Pemkab Bengkalis Segera Cairkan Dana Simpan Pinjam Usaha Ekonomi Desa Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMPD) berjanji dalam waktu dekat dana Usaha Ekonomi Desa Simpam Pinjam (UED SP) sudah kembali dapat dimanfaatlan oleh masyarakat. Saat ini hanya menunggu pro...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top