Top Info

Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintah Desa #1

Bengkalis – pedekik.com. Selamat malam sobat-sobat netizen… Daripada nganggur aku, lebih baik ku isi dengan nulis-nulis yang kira-kira patut ku tulis he..he..he…

Sebenarnya posting ini saya tulis karena ikut prihatin dengan kondisi perkembangan suatu daerah. Khusus nya daerah saya yakni Kabupaten Bengkalis. Betapa tidak, dari beberapa kali pantauan saya melalui jaringan internet tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang cukup pesat saat ini, rasanya Bengkalis sangat jauh tertinggal dibanding dengan daerah lain. Maksud saya dalam hal pemanfaatan teknologi tadi. Dan penilaian ini saya sandarkan jika melihat dari jumlah APBD Kabupaten Bengkalis yang sangat besar.

Dengan jumlah dana APBD yang rata-rata pertahun lebih dari 4 triliun, saya mengamati di Bengkalis khususnya, hanya beberapa desa yang punya website resmi pemerintahan desa. Jangankan pemerintah desa yang kita anggap masih dalam skala kecil, beberapa instansi pemerintah atau kantor-kantor dinas yang berada dibawah naungan pemda saja masih banyak yang belum memiliki website sendiri sebagai wahana informasi publik.

Padahal jika kita bandingkan biaya pembuatan sebuah website di bandingkan dengan jumlah APBD Bengkalis yang besar tersebut, sepertinya hal yang sangat sangat sepele sekali untuk mewujudkan sebuah website informasi di setiap SKPD dan bahkan di semua lini yang berada dibawah naungan pemda Bengkalis. Termasuk pemerintahan desa yang ada di seluruh Kabupaten Bengkalis sekalipun.

Oke, kita stop dulu pembicaraan soal kekayaan pemerintah Bengkalis. Karena memang kita tidak akan membahas hal tersebut. Tapi sesuai judul artikel yang saya buat ini, yakni tentang bagaimana cara membuat website resmi pemerintahan desa, jadi kita bicarakan dulu berapa sih biaya untuk membuat sebuah web pemerintahan desa itu ?

Sebenarnya, untuk membuat sebuah web resmi pemerintah desa adalah hal yang sangat gampang dan biaya yang sangat murah. Bahkan mungkin lebih murah dari biaya pulsa handphone kita perbulan. Kenapa bisa begitu ? Karena jika anda ingin memiliki sebuah web desa anda bisa melakukannya hanya dengan membeli sebuah domain saja. Yang mana harga domain ini sebenarnya relatif sangat murah. Bahkan jika dapat harga promo, harga sebuah domain itu bisa hanya mencapai Rp 50.000,- saja.

Untuk lebih detailnya anda bisa cari di google tantang harga sebuah domain. Atau bisa langsung lihat disini.

Oke sobat, pembahasan ini memang sepertinya akan panjang. Jadi posting ini masih permulaan saja. Dan nanti akan saya sambung ke artikel tentang bagaimana cara membuat sebuah web resmi pemerintah desa selanjutnya. Jadi sering-sering mampir ke web pedekik.com untuk mengetahui cerita selanjutnya.

Artikel bersambung ke Bagian 2…….

Exit mobile version