Posisi Anda
Home > Bisnis > Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Anda Hindari Dan Cara Mengatasinya

Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Anda Hindari Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bisnis Bangkrut

Top Info Bisnis – Penyebab bisnis bangkrut sebenarnya datang dari pelaku bisnis itu sendiri. Oleh karenanya hindari faktor kebangkrutan bisnis anda sejak dini.

Setiap pelaku bisnis pasti tidak mengharapkan yang namanya kebangkrutan atau gulung tikar. Namun setiap kegiatan bisnis pasti ada resikonya walaupun itu kecil. Dan resiko paling fatal adalah bengkrap alias merugi.

Seorang bisnisman sejati ia tidak akan membuka usaha hanya karena ingin coba-coba. Jika anda punya tipe seperti itu, cobalah anda perbaiki mindset anda dalam menjalankan bisnis.

Sebab apapun yang kita lakukan sebenarnya berawal dari niat kita. Artinya niat itu akan berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan. Termasuk juga didalam menjalani sebuah usaha.

Terkait dengan dunia usaha, sebenarnya faktor paling dominan penyebab bisnis bangkrut itu tidak lain disebabkan oleh ke-tidaksiap-an kita memanajemen diri.

Setelah itu baru dikarenakan dari faktor eksternal seperti kondisi ekonomi suatu Negara, lingkungan dan alam, atau persaingan yang ketat dan tidak sehat.

Salah satu tanda sebuah bisnis akan mengalami kebangkrutan antara lain jika usaha anda mengalami stagnan dalam waktu lama. Kemudian sedikit demi sedikit mengalami penurunan dan tidak stabil.

Jika kondisi bisnis anda jalan ditempat atau stagnan, maka anda harus cepat-cepat evaluasi dan introspeksi diri anda. Misalnya ketika anda Memulai Peluang Usaha Baju Seragam Sekolah.

Untuk itu, disini akan kami bagikan beberapa penyebab bisnis bangkrut dan tips cara mengatasi kebangkrutan usaha.

1. Tidak Fokus Dalam Berbisnis

Apapun persoalan yang anda hadapi, jika anda melakukannya tanpa fokus maka sudah bisa dipastikan hasilnya pun akan biasa-biasa saja. Termasuk juga didalam menjalankan bisnis.

Karena bisnis itu milik anda sendiri, maka anda harus bersikap layaknya pemimpin perusahaan professional. Maksimalkan kerja anda dan pastikan fokus pada apa yang sedang anda terjuni.

Segala keputusan yang Anda ambil akan sangat memengaruhi perkembangan bisnis tersebut. Tentu saja ini tidak terlepas dari pengetahuan dan keahlian anda serta kebijakan yang Anda terapkan.

Artinya, gunakan segala kemampuan anda dan tujukan itu ke usaha yang sedang anda geluti. Baik itu pengetahuan, waktu dan tenaga. Jangan buang-buang waktu anda untuk hal-hal tidak bermanfaat yang justeru akan menjauhakan anda dari dunia bisnis.

Tidak fokus dalam mengurus bisnis merupakan salah satu faktor yang kerap membuat usaha anda jadi stagnan.

Usahakan untuk menghindari hal seperti ini sejak awal, dan tumpukan perhatian penuh pada bisnis Anda. Pikirkan dan buat sesuatu yang bisa mengarahkan anda ke tujuan bisnis.

2. Takut Membangun Tim

Membangun Tim dalam bisnis tidak boleh kita remehkan. Bahkan terkadang ada sebagian orang malah takut jika harus membangun tim dan mengajak orang lain kedalam bisnisnya. Padahal ini juga salah satu penyebab bisnis bangkrut.

Baca Juga :   5 Jenis Usaha Di Desa Pinggiran Pantai Yang Punya Prospek Bagus

Jika usaha kita masih kecil mungkin bisa dikelola sendiri. Tapi jika telah mulai menanjak dan berkembang, sudah tentu akan membutuhkan tenaga tambahan.

Ini juga kerap menjadi faktor stagnannya bisnis kita. Mungkin berbagai alasan kita kemukakan kenapa tidak membangun tim bisnis. Padahal bisa jadi itu hanya kekhawatiran anda untuk berbagi dan takut tersaingi.

Semakin berkembang sebuah usaha otomatis juga membutuhkan SDM yang handal dan manjemen yang bagus. Nah, untuk mewujudkan hal itu, anda bisa merekrut pekerja yang memiliki SDM kompeten dibidangnya.

Jika anda ragu melakukan itu, cobalah untuk berkonsultasi kepada mereka yang pakar atau sudah berpengalaman dalam bisnis. Jika ada tenaga kompeten dari keluarga dekat, bisa kita rekrut mereka untuk membantu mengembangkan usaha kedepannya.

3. Tak Sabar Ingin Sukses

Kesuksesan dalam bisnis memang dambaan setiap orang. Namun tidak ada keberhasilan dan kesuksesan yang di dapat seperti membalik telapak tangan tanpa ada hambatan dan rintangan.

Begitupun dalam bisnis anda harus belajar sabar menghadapi berbagai macam kendala yang muncul. Baik itu masalah interen dalam bisnis, persaingan maupun keahlian.

Intinya anda harus belajar menikmati segala proses yang terjadi dan berusaha semaksimal mungkin. Dengan kata lain anda harus istiqomah dalam bisnis apapun yang terjadi.

Nafsu ingin cepat sukses juga bisa menjadi penyebab bisnis cepat bangkrut. Karena mungkin anda belum siap untuk menjadi besar. Namun anda berusaha memaksanya.

Sehingga jika mengalami masalah fatal yang harus cepat diselesaikan misalnya, anda jadi panik dan kewalahan. Ujung-ujung nya mungkin kepercayaan konsumen akan menurun sehingga bisnis jadi bengkrap.
.
Belajar, Usaha, Tekun, Sabar, Cerdas, Istiqomah Dan Doa Kunci Sukses Bisnis

Jika anda pemula dalam bisnis, kemudian usaha anda serasa jalan ditempat atau stagnan, mungkin membuat anda seakan merasa kurang berhasil. Nah, jika begitu anda juga harus belajar menjadi orang yang tidak mudah putus asa.

Teruslah belajar, tetap jalankan usaha, kerjakan bisnis anda dengan tekun, sabarlah dalam mengahdapi berbagai rintangan, cerdaslah dalam menyikapi permasalahan dan tetap istiqomah dengan niat dan tujuan bisnis anda.

Jangan lupa berdoalah setiap hari agar usaha anda benar-benar mencapai kesuksesan seperti yang anda harapkan.

Itulah beberapa penyebab bisnis bangkrut yang harus anda hindari dan sikap-sikap yang perlu anda lakukan agar berhasil dengan memuaskan. Selain itu sebagai sumber pengetahuan coba anda baca Cara Mengelola Usaha Sambilan Dan Mengatur Keuangannya Agar Sukses. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Tips Menjalankan Bisnis Laundry Dan Cara Naikkan Omsetnya Bisnis - Tips Menjalankan Bisnis Laundry sebenarnya cukup mudah, namun banyak persaingan nya. Karena laundry merupakan bisnis jasa, maka yang paling penting adalah pelayanan kepada pelanggan. Buka ...
Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis Badan Pusat Statistic (BPS) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau umumkan hasil seleksi rekruitmen petugas Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Nama-nama pelamar yang lolos s...
Panduan Cara Daftar Jadi Member JoyBiz Indonesia Bisnis – Banyak pembaca yang bertanya bagaimana sih cara daftar joybiz jika ingin menjadi member? Nah, sebelum kita menuju kepada langkah dan proses pendaftaran lebih lengkap untuk bergabung dengan pe...
Usaha Jasa Cuci Sepatu, Peluang Bisnis Baru yang langka Bisnis, Pedekik.com - Membuka usaha jasa cuci sepatu menjadi salah satu alternatif peluang bisnis baru untuk dijalankan. Sekarang memang sedang tren buka usaha dibidang cuci-mencuci di kalangan masyar...
Peluang Usaha Bisnis Joybiz Bakal Heboh Tahun 2018, Daftar Sekarang ! Bisnis – Jika anda mencari jenis usaha yang diperkirakan akan booming pada tahun 2018, maka peluang bisnis joybiz adalah salah satunya. Oleh karena itu segera ambil kesempatan ini sekarang juga. Karen...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top