Posisi Anda
Home > Berita desa > Berbagai Jenis Usaha Bumdes Yang Bisa Dijadikan Peluang

Berbagai Jenis Usaha Bumdes Yang Bisa Dijadikan Peluang

jenis-usaha-bumdes

Info Desa – Banyak sekali jenis usaha bumdes yang bisa dijadikan peluang bisnis untuk mendirikan unit usaha. Yang paling penting sebelum hal itu diwujudkan adalah studi kelayakan terhadap jenis usaha yang akan dibuat. Perlu sekali untuk menganalisa untung ruginya secara mendalam.

Sebagai badan usaha yang dimodali dari APBDes tidak lantas bisa kita anggap enteng. Bahkan bagi pengurus Bumdes seharusnya punya rasa tanggungjawab yang besar untuk bisa mendapatkan income yang sebesar-besarnya dan secepat-cepatnya demi memajukan desa lewat perekonomian. Bahkan kalau bisa menjadi Unit Usaha Bumdes Terbaik Nasional, Ini Perlu Dicontoh. Walaupun hal itu bukanlah tujuan yang mudah di capai.

Namun begitu banyak sekali jenis usaha yang mungkin perlu di jajaki dan dianalisa oleh penggiat bumdes guna menemukan sebuah formula bisnis yang bisa menjadi andalan. Karena pada dasarnya Badan Usaha Milik Desa mempunyai ruang lingkup yang luas di bidang usaha.

Menemukan dan mencari jenis usaha Bumdes yang akan di buat bisnis, biasanya menjadi pemikiran utama para penggiat bumdes di seluruh desa. Terutama sekali jika di desa itu tidak ada potensi yang dominan untuk dikembangkan. Mereka merasa sedikit direpotkan oleh tugas mencari ide bisnis setelah terbentuknya pengurus Bumdes.

Nah, disini akan kami paparkan beberapa gambaran bidang usaha yang biasanya menjadi unit bisnis Bumdes di beberapa desa. Sehingga diharapkan anda bisa melakukan analisa lebih lanjut untuk menemukan ide bisnis yang tepat dijadikan sebagai jenis usaha Bumdes di daerah anda.

1. Perdagangan / Trading
Perdagangan merupakan jenis usaha yang paling mudah dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa. Terutama dalam membuat studi kelayakan. Sistem peneglolaanya pun sudah umum sebagaimana pedagang lakukan. Intinya hanya masalah mencari pelanggan dan melakukan pembukuan yang baik.

Termasuk juga ke dalam jenis ini adalah produksi. Yakni membuat suatu produk dari bahan mentah atau bahan baku yang siap dijual. Yang penting adalah sumber bahan baku di desa selalu tersedia dan pemasaran hasil produksinya lancar. Target pasarnya bisa penduduk desa setempat atau skala yang lebih luas. Contohnya adalah jual beli hasil pertanian, prikanan, warung makan, kedai harian dan lain-lain.

2. Pelayanan / Serving
Jenis usaha ini sifatnya lebih mengutamakan kemudahan pelayanan tertentu kepada warga. Dari sisi keuntungan mungkin tidak besar. Namun dari sisi manfaat sangat membantu warga desa. Dan biasanya jenis usaha pelayanan lebih banyak ke bidang jasa. Resiko kerugian juga kecil.

Kalau di desa belum ada jenis usaha pelayanan, sepertinya ini sangat bagus untuk dijalankan. Karena jelas keberadaan Bumdes akan membantu masyarakat setempat, Contoh bisnis pelayanan di desa yang bisa dibuat antara lain seperti pembayaran listrik, pengadaan air bersih, pengadaan wifi, pembayaran pajak PBB, pajak kendaraan dan lain sebagainya.

3. Penyewaan / Renting
Bisnis sewa-menyewa juga bisa dilakukan oleh Bumdes untuk melayani kebutuhan warga. Sistem manajemennya juga mudah. Yang penting perjanjian sewa-menyewa di buat tidak memberatkan masyarakat. Dan biayanya juga bisa bersaing.

Baca Juga :   Prioritas Program Kementerian Desa Ini Akan Membuka Lapangan Kerja

Contoh dari jenis usaha penyewaan atau renting yaitu: penyewaan sarana pertanian, kendaraan, perkakas pesta, rumah toko, tanah, gedung pertemuan, dan sebagainya.

4. Induk Usaha / Holding
Bumdesa juga bisa menciptakan induk usaha sebagai wadah dari usaha yang ada di desa. Dengan kata lain unit-unit usaha masyarakat yang berdiri sendiri diatur dan di menej sehingga mereka semakin kuat dan merasa terbantu. Sehingga usaha masyarakat bisa berjalan bersama dan terjadi persaingan yang sehat.

Contoh jenis usaha Holding atau usaha induk antara lain seperti perusahaan yang mengelola berbagai jenis usaha di desa wisata. Unit usaha dari kelompok masyarakat seperti makanan, kerajinan, sajian wisata, kesenian, penginapan, dan lainnya di wadahi menjadi satu induk sehingga saling bersinergi dan saling mendukung.

5. Perbankan / Banking
Bumdesa sebagai Badan usaha desa biasanya lebih mudah mendapatkan modal. Meskipun tidak terlalu besar tapi sudah punya gambaran sumber dan jumlahnya. Ini bisa dimanfaatkan untuk membuat jenis usaha bumdes yang bergerak di bidang keuangan seperti model perbankan.

Persyaratan yang di berikan juga sebaiknya lebih mudah. Baik dari agunan, angsuran serta bunganya. Jangan sampai malah membebani masyarakat atau memicu budaya berhutang kepada masyarakat.

Contoh bisnis perbankan di desa antara lain mendirikan kredit modal usaha, simpan pinjam, unit usaha dana bergulir, kredit kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya.

6. Kontraktor / Contracting
Yaitu merupakan jenis usaha bumdesa dibidang kemitraan. Bisa sebagai pemasok bahan-bahan proyek desa, atau pelaksana proyek Pemda dan juga bisa menjadi sub kontraktor dari perusahaan yang ada di desa. Contoh lainnya dari jenis usaha ini yaitu penyedia tenaga Cleaning Service, tenaga keamanan bagi gedung perkantoran atau perusahaan yang beroperasi di desa.

Dari berbagai jenis usaha Bumdes yang kami paparkan diatas, anda bisa memikirkan lebih lanjut dengan mengelompokkan jenis usaha tersebut dan memasukkan ke wilayah potensi yang ada di desa anda. Berbicara mengenai potensi desa, seharusnya sudah ada data yang akan dijadikan bahan analisa lanjutan. Data itu tinggal anda minta ke Pemerintah desa dan mempelajari perkembangan potensi desa tersebut selama beberapa tahun ke belakang.

Jika anda sebagai pengurus atau penggiat Bumdesa jeli mempelajari kondisi dan potensi yang ada di desa, sepertinya tidak terlalu sulit untuk menemukan jenis usaha bumdesa. Apalagi jika anda mau mengesampingkan dulu pola pikir harus cepat dan banyak dapat keuntungan.

Intinya dengan unit usaha yang kecil dan mudah kita jadikan sebagai awal pembelajaran manajemen pengelolaan usaha. Sehingga tidak kewalahan kalau nanti harus mengurus jenis usaha dengan skala yang lebih besar.

Berbicara tentang jenis usaha bumdes, salah seorang Kepala Desa termuda di daerah ini juga memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lewat pengembangan Bumdesa. Untuk itu coba simak berita Kepala Desa Termuda Se Propinsi Ini Sang Visioner Masa Depan.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Hasil Pemenang PILGUBRI 2013 Desa Pedekik Bengkalis - Pemilihan umum Gubernur Riau telah selesai dilaksanakan di Desa Pedekik. Lebih kurang jam 15.00 WIB semua TPS yang ada di Pedekik telah merampungkan penghitungan suara sementara. Dari 5 TP...
Puluhan Hektar Lahan Perkebunan Pedekik Bengkalis Terbakar Bengkalis - Kebakaran hutan dan lahan perkebunan di Bengkalis semakin menjadi - jadi. Khususnya di Desa Pedekik dan desa - desa lainnya. Setidaknya hingga hari ini puluhan hektar lahan perkebunan ...
Motivasi Pemuda Desa Agar Aktif, Kreatif Dan Inovatif Untuk Membangun Info Desa – Motivasi Pemuda Desa perlu dibangkitkan dalam pembangunan agar desa cepat maju dan berkembang. Libatkan mereka, perankan mereka dan gerakkan mereka. Pembangunan desa bukan semata-mata m...
Inilah Syarat Membuat Akte Kelahiran Ke Kantor Desa Layanan - Pedekik.com. Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui tentang syarat-syarat membuat Akte Kelahiran.  Bahkan untuk persyaratan pembuatan akta kelahiran ke kantor desa pun tidak banyak ya...
Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Keuangan Dalam Pemerintahan De... Layanan - Pedekik.com, Keuangan di desa mulai tahun 2015 bertambah besar dengan adanya kucuran dana dari APBN pusat. Menurut berbagai pendapat dari para pengamat hal ini tentunya akan menambah beb...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top