Posisi Anda
Home > Bisnis > Berbisnis Makanan ? Berikut Cara Menaikkan Omset Saat Ramadhan

Berbisnis Makanan ? Berikut Cara Menaikkan Omset Saat Ramadhan

Cara Menaikkan Omset

Bisnis – Cara Menaikkan Omset dalam bisnis makanan ketika datang bulan ramadhan bisa dilakukan dengan beberapa tips dan trik yang kreatif.

Karena mobilitas dunia bisnis di saat bulan puasa dan menjelang lebaran biasanya semakin tinggi dan meningkat drastis.

Tidak ketinggalan pula 5 Ide Bisnis Kuliner Di Desa Yang Menjanjikan Selama Ramadhan pastinya juga ikut menerima imbas positif yang berlaku musiman ini.

Ketika bulan ramadhan datang, bedagang menjadi pilihan banyak orang untuk menyambut rezeki. Mengingat di Indonesia sendiri datangnya ramadhan disambut dengan semarak dan sukacita.

Meskipun harus menahan puasa ataupun dahaga selama sebulan. Namun disisi lain ada manfaat yang bisa dipetik dari keberkahan bulan puasa. Antara lain dapat menaikkan omset khususnya bagi pedagang yang dilakukan ketika bulan puasa tiba.

Lantas bagaimana dengan mereka atau anda yang berbisnis di bidang makanan ? Bukankah bulan puasa menjadi waktu dimana anda akan merugi karena dagangan tidak laku ?

Maka jawabannya salah. Karena ketika bulan ranadhan orang justru banyak mencari makanan untuk berbuka puasa dan juga ketika makan malam dan sahur.

Nah, berikut ini cara berbisnis makanan ketika ramadhan dan tips cara menaikkan omset ketika ramadhan datang.

1) Sesuaikan Dengan Tema

Menyambut ramadhan anda harus mengikuti tema yang ada agar para pembeli merasa tertarik dan berminat makan di tempat anda.

Tidak hanya berbisnis makanan, semua dagangan pun memang membutuhkan cara atau tips agar bisa menarik pelanggan.

Ketika bulan ramadhan datang maka anda akan makan di jam maghrib saat berbuka puasa. Kalaupun buka sepanjang hari tentu tidak akan seramai ketika datang waktu berbuka.

Sesuaikan dengan tema ramadhan seperti menyediakan takjil gratis saat waktunya berbuka. Terutama untuk anda yang berjualan jenis makanan berat atau makanan utama.

Namun untuk anda yang memang sudah berjualan makanan camilan untuk berbuka maka tambah variasi lagi sesuai tema ramadhan, biasanya ada kolak atau biji salak yang menjadi identiknya.

2) Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik bisa jadi cara menaikkan omset kapanpun dan tidak perlu saat ramadhan sekalipun. Anda tentu tahu bahwa pelanggan senang pada tempat berjualan makanan yang pelayannya ramah dan mengerti kebutuhan atau keinginan mereka. Sehingga pelayanan terbaik bisa menjadi tips atau cara yang ampuh.

Jika ada beberapa tempat makanan yang buka diluar jam berbuka maka anda harus tetap profesional jika anda ikut berpuasa. Karena anda akan mendapatkan balasannya baik berupa materil maupun rezeki dalam bentuk lain termasuk omset.

Baca Juga :   Perhatikan Tips Sukses Warung Nasi Ini, Agar Pelanggan Tidak Lari

3) Kualitas Makanan

Meskipun berpuasa namun anda tetap harus menjaga kualitas makanan agar tidak berubah. Seringkali ketika puasa banyak orang yang berpindah tempat makan, karena merasa tempat makan lama mereka kurang enak dan kurang terasa. Terutama untuk makanan camilan yang tidak bisa ditambahkan perasa apapun lagi.

Jika anda ingin menaikkan keuntungan dan omset bisnis makanan anda, maka harus mempertahankan kualitas rasa yang anda miliki.

Usahakan untuk terbiasa menakar masakan agar ketika ramadhan anda tidak merasa kesulitan. Selain itu, masakan yang baru saja matang saat berbuka lebih senang disantap karena baru dan fresh.

4) Promosi yang Semakin Gencar

Apakah Puasa akan menurunkan semangat anda ? Seharusnya tidak. Justru yang ada sebaliknya, anda harus semakin semangat berjualan ketika bulan ramadhan.

Karena banyak masyarakat kita yang senang dengan budaya “ngabuburit” alias jalan sore sambil menunggu magrib datang dan menghabiskan waktu. Disinilah anda harus bisa mengambil kesempatan emas untuk menaikkan omset.

Cara paling mudah adalah promosi yang semakin gencar. Jika selama ini berjualan makanan hanya di toko, maka anda coba buka gerai tambahan atau membuka toko yang mudah terjangkau orang lewat seperti di alun-alun, atau tempat khusus seperti taman yang biasanya tempat berkumpul para pedagang makanan dari berbagai tempat.

Jangan mau kalah dengan promosi pedagang kaki lima, jika perlu tak lupa print kan selebaran untuk menunjukan toko bisnis makanan anda.

5) Evaluasi Bisnis

Terakhir yang biasanya paling penting adalah evaluasi ketika penjualan sudah dilakukan, jika perlu evaluasi dilakukan perhari.

Misalnya anda biasa jualan pukul 5 baru buka. Maka coba bersiap diri sejak pukul 4 sore, terutama untuk jenis makanan camilan yang bisa dibawa pulang kerumah.

Evaluasi lain misalnya dengan cara memberi bonus kepada pembeli yang melakukan pesanan lebih awal. Atau memberi harga istimewa bagi mereka yang mau berlangganan makanan anda selama bulan ramadhan.

Itulah 5 tips ampuh cara menaikkan omset khusus untuk anda yang berbisnis makanan. Jangan takut jika ramadhan datang makanan terasa tidak laku atau merugi, yang ada justru sebaliknya dan anda akan mendapatkan keuntungan tinggi.

Bahkan jika ingin omset lebih meningkat lagi, cobalah promosi lewat media sosial sebelum waktu berbuka tiba. Tertarik untuk mencoba ? Begini Cara Mudah Naikkan Omset Dagangan Lewat Online. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Anda Hindari Dan Cara Men... Top Info Bisnis – Penyebab bisnis bangkrut sebenarnya datang dari pelaku bisnis itu sendiri. Oleh karenanya hindari faktor kebangkrutan bisnis anda sejak dini. Setiap pelaku bisnis pasti tidak meng...
Panduan Cara Daftar Jadi Member JoyBiz Indonesia Bisnis – Banyak pembaca yang bertanya bagaimana sih cara daftar joybiz jika ingin menjadi member? Nah, sebelum kita menuju kepada langkah dan proses pendaftaran lebih lengkap untuk bergabung dengan pe...
5 Macam Parsel Lebaran Paling Laku Untuk Usaha Toko Anda Bisnis - Parsel Lebaran Paling Laku yang bisa anda kemas tentunya harus memiliki daya tarik bagi pembeli atau pengunjung toko anda. Tidak hanya menarik untuk pelanggan anda, tetapi juga harus membe...
Trik Cara Cepat Naikkan Omset Usaha Apotek dan Toko Obat Bisnis - Cara Cepat Naikkan Omset dalam bisnis toko obat atau pun apotek tidak sama dengan trik dan langkah dalam bidang usaha lainnya. Ketika anda memilih untuk melakukan usaha apotek atau toko ob...
7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan Bisnis – Cara mengelola bisnis yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan usaha yang sedang anda jalani. Untuk itu manajemen bisnis perlu anda pelajari sebelum anda terjun untuk merintis bisnis an...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top