Top Info

Bikin E-KTP Di Luar Domisili? Sekarang Bisa, Gratis Lagi!

Nasional – Sekarang pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di luar alamatnya untuk bisa bikin E-KTP di luar domisili secara gratis. Program ini sudah berlaku mulai 1 April kemarin.

Tentu saja suatu kabar gembira bagi warga yang tinggal di luar alamatnya. Khususnya perantau seperti mahasiswa, pekerja luar daerah atau penduduk lainnya yang tidak berada di tempat kelahiran.

Hal ini berdasarkan peraturan baru Menteri Dalam Negeri yang tertuang dalam Permendagri No 8 Tahun 2016. Dimana peraturan baru ini merupakan perubahan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 9 Tahun 2011 mengenai Pedoman Penerbitan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Karena diatur oleh Menteri, tentunya pembuatan E-KTP di luar domisili ini berlaku secara nasional. Saat ini pemerintah, khususnya Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri sedang memaksimalkan sosialisasi mengenai aturan tersebut.

Target dari Dirjen Dukcapil yakni agar masyarakat sudah dapat melakukan rekam cetak untuk membuat EKTP dari luar daerah ini secepat mungkin. Untuk itu Zudan Arif Fakhrulloh selaku Dirjen di Kementerian Dalam Negeri mengharapkan bantuan penyampaian informasinya kepada elemen-elemen terkait.

Perlu diketahui, kemudahan ini bukan saja bisa bikin KTP di luar kabupaten atau propinsi, tetapi juga data atau elemen yang ada pada kolom KTP tersebut tidak berubah.

“Jangan mau kalau dimintai bayaran, pelayanan ini gratis tanpa biaya. Karena sudah dijamin oleh negara.” Terang Zudan seperti dilansir TribunNews.com.

Exit mobile version