Posisi Anda
Home > Lifestyle > Cara Mengatur Olahraga saat Puasa Agar Tetap Aman

Cara Mengatur Olahraga saat Puasa Agar Tetap Aman

olahraga saat puasa

Lifestyle – Mengatur olahraga saat puasa perlu dilakukan oleh mereka yang tidak bisa meninggalkan hobi olahraga. Agar tubuh tetap sehat dan ibadah puasa juga berjalan lancar dan aman.

Tips Sehat Saat Puasa Ini Akan Membuat Anda Tetap Segar dan Energik walaupun anda melakukannya di siang hari bulan ramadhan.

Seringkali banyak orang yang berolahraga, namun tidak melakukannya ketika puasa.

Hal ini membuat orang menyatakan bahwa mereka tidak ingin membuang energi mereka untuk olahraga karena takut akan terasa lapar.

Namun untuk anda yang memang sudah hobi, dan tetap ingin melaksanakannya di bulan ramadhan, berikut ini tips dan trik cara mengatur olahraga saat puasa :

1. Hitung kekuatan anda

Ketika melihat teman olahraga bermain basket dan mengeluarkan keringat maka anda juga disamakan dengan bermain basket untuk mengeluarkan keringat.

Perlu anda ingat bahwa tubuh masing-masing orang berbeda. Terlebih jika ada yang memiliki penyakit seperti maag dan juga penyakit lainnya, maka kekuatan atau ketahanan setiap orang berbeda.

Sebelum berolahraga kenali dulu batasan dan kebisaan olahraga untuk tubuh anda. namun juga jangan manja karena sedang berpuasa maka anda membatasi gerakan dan kegiatan anda agar tidak terlalu lelah. Justru hanya berdiam diri dan tidur membuat tubuh semakin lemah dan tidak berdaya.

2. Hindari olahraga berat

Jika anda sedang melakukan program diet, pembentukan badan dan hal lainnya yang membuat olahraga berat harus dilakukan, maka ketika puasa harus ditinggalkan.

Karena olahraga yang terlalu berat bukan menolong tubuh anda untuk memiliki otot namun menyakiti mereka.

Saat anda olahraga berat, ada asupan yang masuk seperti protein misalnya telor. Ataupun minuman berenergi dan air putih, sayangnya jika berpuasa sama sekali makanan atau minuman tidak bisa masuk kedalam tubuh anda.

Sehingga selain berkeringat, tubuh memaksa memeras tubuh untuk mengisi lemak dan air. Hal inilah yang menyebabkan olahraga saat puasa jangan dipaksakan yang berat dan terlalu banyak mengeluarkan energy.

3. Pilih Waktu

Jika anda tetap ingin ber-olahraga waktu puasa namun takut merasa lemas atau kelelahan maka jangan khawatir.

Anda harus pandai memilih waktu dan juga tempat untuk berolahraga ketika dilakukan, misalnya anda melakukan puasa ketika pagi hari sekali saat matahari terbit dengan olahraga ringan saja.

Bisa juga anda melakukannya ketika sore hari, sambil menunggu waktu berbuka maka anda berjalan-jalan santai atau jogging untuk melepas keringat dan juga menurunkan lemak di perut.

Baca Juga :   5 Tips Sehat Saat Puasa Ini Akan Membuat Anda Tetap Segar dan Energik

Tubuh tetap sehat dan selagi anda merasa lelah tidak terasa waktu magrib tiba. Sehingga olahraga tidak akan terasa terlalu melelahkan anda bukan ?

4. Banyak minum

Ketika anda memutuskan untuk berolahraga rutin, maka anda harus mengonsumsi air putih yang banyak. Saat sahur anda mengonsumsi air putih sebanyak 1 liter sedangkan ketika malam atau berbuka anda mengonsumsi 2 liter.

Banyak minum ini akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan, kemungkinan hanya akan buang air kecil. Sedangkan untuk keringat hanya bisa keluar saat anda olahraga.

Banyak minum ini bukan hanya untuk tubuh yang olahraga saja, namun juga banyak minum mengurangi dehidrasi dan kondisi tubuh yang terlalu panas akibat puasa.

Apalagi di Indonesia suhu udara mencapai 33 derajat celcius yang membuat tubuh berkeringat dan juga panas, sehingga air minum menjadi hal yang penting ketika berpuasa.

5. Jam Tidur

Selain pengaturan jam berolahraga ketika puasa ternyata jam tidur juga penting ketika anda berpuasa.

Olahraga saat puasa akan baik hasilnya jika jam tidur anda tidak akan terganggu, dimana jam tidur melengkapi olahraga anda.

Jam tidur bisa membuat tubuh anda semakin sehat dan mengembalikan tubuh yang kelelahan akibat kegiatan ataupun setelah olahraga.

Jam tidur juga akan membenahi siklus tubuh anda, dimana selama puasa siklus tubuh seperti peredaran darah atau juga pencernaan akan berantakan di awal puasa dan nantinya akan menyesuaikan sehingga jika anda olahraga dan tidur dengan sesuai puasa bukan lagi masalah lagi.

Itulah tips dan trik yang bisa anda lakukan ketika bulan puasa tiba, khususnya karena ramadhan maka anda akan menjalankan puasa selama 30 hari.

Bukan lagi sehari atau dua hari, sehingga anda harus bisa mengelola tubuh dengan baik agar tidak bermasalah dan nantinya malah jatuh sakit.

Sebenarnya sistem pencernaan layaknya mesin, dimana tubuh juga termasuk yang membutuhkan waktu untuk istirahat.

Misalnya saja lambung yang terus menggiling makanan seumur hidup, namun dengan adanya puasa maka lambung dan sistem pencernaan lainnya mendapatkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan masalah dalam tubuh.

Selain menjaga tubuh dengan berolahraga, coba anda Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

5 Tempat Wisata Kuliner Di Semarang Yang Bisa Anda Kunjungi Saat Libur... Lifestyle – Banyak sekali tempat Wisata Kuliner Di Semarang sebagai tujuan anda ketika jalan-jalan atau saat liburan. Lebaran sekarang ini memang terasa meriah dan berbeda, selain lebih cepat dan t...
Seorang Pendeta Masuk Islam Setelah 43 Tahun Jadi Misionaris, Ini seba... Lifestyle, Pedekik.com - Seorang Pendeta masuk Islam setelah jadi misionaris selama 43 tahun. Dia ditugaskan untuk menyebarkan ajaran injil di pulau Jawa. Namun akhirnya hidayah menghampiri. Dari pend...
Efek Negatif Facebook Menyita Banyak Waktu Ketimbang Bermasyarakat Lifestyle - Facebook sebenarnya memiliki banyak efek negatif jika anda tidak selalu waspada. Salah satu efek negatif facebook dalam kehidupan bermasyarakat adalah membuat waktu untuk bersosialisasi da...
6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penti... Lifestyle – Bagi sebagian orang Mengatasi Gaya Hidup Boros ketika musim lebaran tiba, terasa agak sulit untuk dihindari. Ramadhan yang dilaksanakan 30 hari memang menjadi ajang beribadah dan juga m...
Ini Trik Mendapatkan Tiket Murah untuk Mudik atau Liburan Lifestyle – Trik cara Mendapatkan Tiket Murah untuk liburan dan mudik dengan pesawat atau kereta selalu menjadi incaran banyak penumpang. Ingin liburan atau mudik? Tapi hanya bisa membeli tiket saa...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top