Posisi Anda
Home > Berita desa > Ciri Khas Masyarakat Desa Yang Harus Difahami Perangkat

Ciri Khas Masyarakat Desa Yang Harus Difahami Perangkat

masyarakat desa

Top Info Desa – Ciri khas masyarakat desa sebagai Sumber Daya Pembangunan harus menjadi perhatian bagi perangkat desa.

Dalam hal ini siapa saja yang bekerja dalam pemerintahan desa, perlu mengetahui bagaimana karakter masyarakat di desanya.

Secara umum masyarakat desa mempunyai ciri khas dan karakter yang sama antar warganya di setiap desa yang ada di Nusantara.

Untuk itu berikut ini kami sajikan beberapa ciri khas masyarakat desa yang perlu dikenali oleh para Kades dan perangkatnya karena ini salah satu faktor yang akan ikut menentukan arah kebijakan dalam program pembangunan desa.

1. Hubungan Kekeluargaannya masih dekat.

Biasanya masyarakat di dalam satu desa masih banyak yang memiliki hubungan kekerabatan dan kekeluargaan yang sangat dekat. Bahkan kalau dikelompokkan menjadi keluarga besar, bisa jadi hanya ada beberap induk keluarga saja di dalam satu desa.

Hal ini bisa terjadi karena faktor mobilitas dan interaksi dengan dunia luar masih terbatas. Apalagi untuk desa-desa yang terpencil.

Oleh karena itu tidak heran jika masyarakat di suatu desa memiliki ikatan yang kuat dan rasa sosialnya tinggi.

Mereka menjadi begitu akrab dan sangat mengenal satu sama lain disebabkan berasal dari satu turunan yang kemudian berkembang dan bertambah banyak.

2. Mata pencaharian atau pekerjaannya cenderung sama.

Berikutnya yang menjadi ciri khas masyarakat desa adalah mereka memiliki mata pencaharian dan sumber penghasilan yang sama.

Sebuah mata pencaharian cenderung menjadi suatu pekerjaan mayoritas di desa tersebut. Atau hanya ada beberapa jenis mata pencaharian saja yang dilakukan semua warga.

Baca Juga :   Bantuan Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis Kepada Usaha Kecil Pedesaan

Sebagai contoh adalah desa dengan tipologi pertanian, maka masyarakatnya secara umum bekerja sebagai petani yang terfokus pada satu jenis tanaman. Tanaman karet saja misalnya, atau hanya padi saja.

Contoh lain desa yang berada di tepi pantai, maka rata-rata penduduknya berprofesi sebagai nelayan atau melaut.

Model masyarakat desa yang seperti ini, iklim dan cuaca sangat mempengaruhi tingkat perekonomian warganya. Sehingga terjadilah istilah musim paceklik atau musim ekonomi sedang merosot.

3. Kedekatan hubungan Interaksi dengan alam

Salah satu ciri khas masyarakat desa berikutnya adalah kedekatan hubungannya dengan lingkungan alam sekitar.

Karena alam dan lingkungan menjadi sumber penghasilan mereka, tentu saja mereka akan berusaha menjaga kelestariannya agar pendapatannya bisa terus berlanjut.

Karena jika alam sekitar rusak, otomatis mereka akan kehilangan mata pencaharian secara langsung. Sehingga terkadang masih ada adat-adat tertentu di suatu desa yang dilestarikan dengan tujuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan alam.

4. Populasi masyarakat

Jumlah masyarakat desa yang sedikit juga menjadi ciri khas suatu desa. Hal ini didorong oleh rasa ingin berkembang dan berharap mendapat tingkat perekonomian yang lebih mapan.

Faktor ini juga yang menyebabkan tingkat urbanisasi menjadi tinggi disamping memang sulitnya mencari sumber pebghasilan uyang lumayan di daerah perdesaan.

5. Status Sosial yang homogen

Ciri khas masyarakat desa selanjutnya yakni memiliki status sosial yang homogen. Baik dilihat dari sisi etnis, agama, pendidikan, budaya dan lain-lain.

Baca Juga :   Peran Pemuda Desa dalam Program Inovasi Pemberdayaan

Hal ini karena masih berkaitan dengan faktor kekerabatan dan kekeluargaan tadi. Karena berasal dari satu atau bebera keturunan saja, menyebabkan status sosialnya juga cenderung satu model.

Namun begitu, hal ini bisa menjadi keunikan tersendiri. Karena desa tersebut akan memiliki sebuah ciri khas tersendiri dan terjaga secara turun temurun dan menjadi sebuah kearifan lokal.

Itulah beberapa ciri ciri masyarakat desa yang harus dipahami oleh perangkat desa. Dengan mengenal dan mengetahui karakter masyarakatnya, otomatis akan semakin mudah menentukan arah kebijakan program-program desa yang harus dibuat.

Disamping itu akan menimbulkan juga rasa kedekatan dan keakraban antara perangkat desa dengan masyarakat dalam meningkatkan sistem pelayanan dikantor desa.

Sisi positif lainnya yaitu memudahkan Kepala desa serta perangkat dalam memecahkan suatu persoalan yang mungkin terjadi di masyarakatnya.

Yang pada akhirnya kenyamanan, kedamaian, dan kerjasama antar masyarakat desa tetap terus terjaga dan terjalin dengan baik.

Menurut pendapat seorang ahli seperti Paul H. Landis, beliau mendefinisikan beberapa ciri khas masyarakat desa secara umum tidak jauh dari yang sudah disebutkan tadi.

Semoga ini ada manfaatnya bagi penduduk desa maupun jajaran pemerintahan nya. Ada info menarik bagi perangkat desa dimana Kantor Desa Terbakar, Seluruh Isinya Dan 2,6 Ton Raskin Ludes. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Ingin Jadi Perangkat Desa Terbaik? Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Perangkat Desa, Pedekik.com – Kenapa harus menjadi perangkat desa terbaik? Karena jabatan perangkat desa saat ini termasuk pekerjaan yang menjanjikan. Sehingga banyak masyarakat desa yang berkeinginan...
Ini Andalan Unit Usaha Bumdes Terbaik Di Pulau Jawa Info Desa, Bumdes – Memiliki satu unit usaha bumdes yang bisa dijadikan andalan sebagai sumber pendapatan bagi desa merupakan target awal yang harus dibidik oleh pengurus Bumdesa. Namun untuk mewujudk...
Dana Kelurahan Pusat Akan Disalurkan Tahun 2019, Berapa Jumlahnya? Top Info Desa – Dana kelurahan dari pemerintah pusat akan disalurkan ke daerah-daerah mulai tahun 2019 mendatang. Walaupun ini masih sebatas rencana, namun akan menjadi program yang sangat ditunggu ol...
Data Laporan Bulanan Oktober 2014 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Okober Tahun 2014. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dalam...
Peran Pemuda Desa dalam Program Inovasi Pemberdayaan Info Desa - Peran pemuda Desa sangat diperlukan dalam banyak aspek kehidupan. Termasuk peran pemuda di dalam menjalankan Program Inovasi Desa (PID) yang baru saja dicanangkan oleh pemerintah. Dalam...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top