Posisi Anda
Home > Berita desa > Kantor Desa Terbakar, Seluruh Isinya Dan 2,6 Ton Raskin Ludes

Kantor Desa Terbakar, Seluruh Isinya Dan 2,6 Ton Raskin Ludes

kantor desa terbakar

Top Info Desa – Kantor Desa terbakar habis meludeskan seluruh isi dan berkas-berkas penting serta 2,6 ton Beras Miskin (Raskin).

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.30 pagi Jum’at (15/2) dan berhasil dipadamkan lebih kurang 2 jam kemudian.

Kantor desa yang terbakar ludes tersebut adalah Kantor Walinagari Aripan di Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok Sumatera Barat.

Kejadian pertama kali disadari oleh seorang warga yang tinggal tak jauh dari kantor tersebut.

Warga yang bernama Abdul Gafar (52) menyadari pertama kali ketika dirinya mau pergi sholat subuh ke mesjid.

Abdul Gafar yang Pegawai di Balitbang itu kemudian berteriak sehingga memancing warga berhamburan keluar rumah dan menuju kantor walinagari Aripan.

Dirinya melihat seperti ada cahaya api dari arah kantor Walinagari. Ia terkejut saat api sudah membesar di beberapa titik bangunan kantor.

Baca Juga :   Penjelasan Lengkap PP Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Siltap Perangkat Desa

Langsung saja dirinya menghubungi Sekretaris Nagari Ratna Hani Safiah. Rtna lantas mengontak Babinsa dan melapor ke Danramil.

Tak lama berselang 3 mobil pemadam kebakaran dari unit Damkar Kabupaten Solok tiba ditempat dan berusaha memadamkan api.

“Mendapat informasi, kita langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman dengan mengerahkan 3 unit mobil Damkar,” ungkap Kabid Damkar Kabupaten Solok, Un Khairul.

Petugas cukup kewalahan melaksanakan tugasnya karena persediaan air sedikit sulit. Namun berkat bantuan warga, si jago merah berhasil dijinakkan sekitar pukul 06.00 pagi.

Wali Nagari Aripan, Irwan menjelaskan bahwa seluruh isi kantor desa ikut ludes terbakar. Sumber api penyebab kebakaran itu, sejauh ini masih dalam penyelidikan petugas Kepolisian setempat.

Informasi sementara, isi kantor berupa beras Raskin yang diperkirakan sebanyak 2,6 ton, 6 unit Laptop, 1 set komputer, 1 unit Infocus, Genset, 8 unit lemari arsip dan dokumentasi lainnya tidak bisa diselamatkan.

Baca Juga :   Syarat Pengurusan Pindah Datang Ke Kantor Desa

Kerugian akibat kantor desa terbakar ini diperkirakan mencapai 800 juta rupiah. Belum lagi kerugian immaterial berupa berkas-berkas penting yang ada di dalam lemari dokumen.

Peristiwa ini tentunya harus menjadi pelajaran bagi pejabat desa. Sebab jika yang ikut terbakar misalnya seperti surat-surat tanah warga, atau uang yang sengaja disimpan di kantor, maka tentu akibatnya sangat merepotkan.

Oleh karena itu, pihak Linmas desa seharusnya terus stand by di kantor desa terutama pada malam hari. Sehingga kejadian kantor desa terbakar cepat terdeteksi.

Ada-ada saja cerita tentang desa di pelosok negeri. Malahan kemarin ada kabar bahwa Masyarakat Desa Ini Tolak Dana Desa 2,5 M, Tak Mau Kampungnya Dibangun. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kepala Desa Termuda Se Propinsi Ini Sang Visioner Masa Depan Info Desa – Walaupun berstatus Kepala Desa termuda di salah satu Propinsi Indonesia ini, namun Visi Misi yang di canangkan tidak kalah visioner dengan Kades lain yang seangkatan dengannya. Adalah Pemu...
Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Keuangan Dalam Pemerintahan De... Layanan - Pedekik.com, Keuangan di desa mulai tahun 2015 bertambah besar dengan adanya kucuran dana dari APBN pusat. Menurut berbagai pendapat dari para pengamat hal ini tentunya akan menambah beb...
Data Laporan Bulanan Desember 2013 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Desember Tahun 2013. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dal...
Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintah Desa #1 Bengkalis - pedekik.com. Selamat malam sobat-sobat netizen... Daripada nganggur aku, lebih baik ku isi dengan nulis-nulis yang kira-kira patut ku tulis he..he..he... Sebenarnya posting ini saya tul...
Desa-desa ini Di Anggap Tidak Transparan Oleh Inspektorat, Kenapa ? Info desa - Transparansi penggunaan dana desa sudah menjadi keharusan untuk di praktekkan. Mengingat jumlah dana desa dari pusat kian tahun semakin besar dan meningkat. Disamping itu Pemerintah jug...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top