Posisi Anda
Home > Berita desa > Kementerian Desa Berikan Bantuan Sapi Kepada Bumdes Tahun Ini

Kementerian Desa Berikan Bantuan Sapi Kepada Bumdes Tahun Ini

bantuan sapi desa

Info Desa – Tahun 2017 ini kementerian desa akan menyalurkan bantuan sapi kepada Bumdes Bersama. Bantuan ternak sapi tersebut merupakan kegiatan pengembangan peternakan sapi terpadu yang di programkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trnasmigrasi.

Menteri desa memang sedang gencar-gencarnya meningkatkan pembangunan di desa melalui berbagai program kegiatan. Beberapa diantaranya yang menjadi prioritas adalah pengembangan Bumdes, Prudes dan juga pembuatan embung desa.

Adapun bantuan ternak sapi dari pusat ini berjumlah 1000 ekor yang akan di berikan kepada Bumdes yang ada di desa guna untuk dikembangkan sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebagaimana dilansir kemendesa.go.id edisi Selasa (4/4/2017) lalu bahwa Kementerian desa telah memberikan bantuan sapi kepada Bumdes di wilayah Temanggung Jawa Tengah. Bahkan tidak cuma sapinya saja, melainkan di barengi dengan bantuan kandang, bibit rumput serta obat-obatan.

Informasi selengkapnya kami kutipkan berita yang dimuat website resmi kemendesa.go.id berikut ini :

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2017 akan menyalurkan bantuan sebanyak 1.000 sapi ternak yang tersebar di sejumlah kabupaten, salahsatunya di Kabupaten Temanggung.

Di kabupaten ini, Kemendes PDTT melalui Dirjen Pengembangan Kawasan Pedesaan (PKP) telah menyerahkan bantuan sebanyak 180 ekor sapi yang tersebar di lima desa di Kecamatan Pringsurat yakni di Desa Pagergunung, Desa Pingit, Desa Kepu, Desa Nglorog dan Desa Soborejo.

“Bukan hanya bantuan sapi saja, kami juga menyerahkan bantuan lainnya seperti sejumlah unit kandang, bibit rumput gajah, pakan konsentrat serta obat-obatan untuk kebutuhan selama empat bulan. Bantuan ini merupakan program dan kegiatan dalam pengembangan peternakan sapi terpadu. Kami berharap, desa yang menerima bantuan ini menjadi pusat industri peternakan sapi potong,” ujar Dirjen PKP, Johozua M. Yoltuwu saat melakukan kunjungan sekaligus menyerahkan bantuan sapi bersama Sekretaris Inspektorat Jenderal, Uled Nefo ke Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada Selasa (4/4).

Johozua menyebutkan bahwa sapi yang diserahan tersebut akan dikelola langsung oeh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Mitra Sejahtera yang memiliki 18 kelompok ternak dengan jumlah peternak sebanyak 127 orang. Diharapkan sapi ternak yang di kelola oleh BUMDes Bersama ini dapat menghasilkan bibit-bibit sapi dalam waktu 4-5 bulan agar hasilnya dapat menambah pendapatan BUMDes dan meningkatkan perekonomian desa.

“Kita berharap bantuan sapi yang dikelola oleh BUMDes ini dapat meningkatkan perekonomian desa karena selain dari hasil penjualan sapi juga nantinya akan dikembangkan dengan pengolahan biogas dan pemanfaatan bio urine sapi yang tentunya menjadi peluang bagi BUMDes maupun para peternak sapi potong,” lanjutnya.

Untuk keberlangsungan dan keberlanjutan atas program pengembangan peternakan sapi terpadu, Johuzua meminta kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung agar secara intensif melakukan pembinaan, pemantauan dan evaluasi terhadap BUMDes Bersama agar bisa menjadi badan usaha masyarakat yang maju dan berkembang serta dapat menguntungkan masyarakat.

Dengan adanya informasi diatas kita selaku masyarakat desa tentunya berharap agar program pengembangan peternakan sapi terpadu tersebut bisa di perluas dan lebih merata ke berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :   Kategori Desa Wisata Terbaik di Indonesia Dan Intersasional

Karena program bantuan sapi ini bernilai sangat positif terutama untuk desa-desa yang memiliki lahan luas dan potensial bagi pengembangan peternakan. Dengan begitu akan menambah peluang usaha bagi masyarakat desa sehingga diharapkan bisa memenuhi kebbutuhan daging sapi dalam negeri dengan harga yang terjangkau. (pdk)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Jadikan Peluang Pasar Tradisional Desa Sebagai Destinasi Wisata Info Desa – Pasar Tradisional Desa ternyata bisa dijadikan sebagai obyek wisata yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan asli desa Bahkan hampir mayoritas Peluang Bisnis Yang M...
Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah Desa Pedekik Bengkalis - Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada Acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tentang Sejarah Desa Pedekik, pada hari Sabtu 17 agustus 2013 kemaren, para pemenang lomba karya tulis telah ...
Permendagri No. 20 Tahun 2018 Tentang Perubahan Pengelolaan Keuangan D... Berita Desa – Permendagri No. 20 Tahun 2018 merupakan Peraturan Menteri tentang perubahan pengelolaan keuangan desa yang sebelumnya diatur dalam Permendagri Nomor 113 Tahun 2014. Pengelolaan keuang...
Data Laporan Bulanan September 2013 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan September Tahun 2013. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di da...
Syarat Dan Ketentuan Lomba Karya Tulis Sejarah Desa Pedekik Bengkalis PERSYARATAN LOMBA KARYA TULIS SEJARAH DESA PEDEKIK KECAMATAN BENGKALIS 1.Warga Negara Indonesia Khususnya Putra Putri Kelahiran Desa Pedekik yang berdomisili di Desa Pedekik berdasarkan Kartu Keluarg...

One thought on “Kementerian Desa Berikan Bantuan Sapi Kepada Bumdes Tahun Ini

  1. saya Awaludin dari Bendahara Bumdes desa Keselet Kec, Sakra .Kab.lotim. Bagaimana dengan desa keselet apakah ada bantuan Ternak Sapi Untuk Kami Pak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top