Site icon Top Info

Klasifikasi Desa Menurut Tingkat Perkembangannya.

pembagian-desa

Berita Desa – Pedekik.com, Desa merupakan wilayah administratif terkecil dalam tatanan pemerintahan Indonesia yang berada di bawah tingkat Kecamatan. Pemerintahan desa dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang dipilih langsung oleh masyarakat dimana dalam memimpin desa bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ).

Sedangkan menurut UU No. 6 tahun 2014 yang dimaksud dengan Desa adalah Kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terlepas dari pengertian diatas, desa bisa diklasifikasikan menjadi beberapa istilah desa atau sebutan menurut faktor-faktor pengelompokan tertentu. Diantaranya penggolongan desa berdasarkan aktifitas penduduknya dan tingkat perkembangannya.

Didalam wikipedia klasifikasi desa dijabarkan sebagai berikut :

A. Desa Menurut Aktifitas Masyarakatnya

B. Desa Menurut Tingkat Perkembangannya

1. Desa Swadaya, Yaitu desa yang memiliki potensi tertentu tetapi belum dikelola dengan sebaik-baiknya. Ciri-cirinya adalah :

2. Desa Swakarya, Adalah desa yang masih dalam masa transisi dari desa swadaya menuju desa swasembada. Adapun ciri-cirinya adalah :

3. Desa Swasembada, Desa Swasembada merupakan desa yang masyarakatnya mampu mengembangkan sumber daya alam dan memanfaatkan potensinya sesuai dengan program pembangunan regional. Tipe desa ini paling maju dari kelompok sebelumnya. Sedangkan ciri-cirinya diantaranya :

Selain klasifikasi desa diatas, mungkin masih ada istilah lain berdasarkan faktor penentu lainnya. Sebagaimana sekarang ada istilah desa adat yang pembentukannya sudah diatur dalam Undang-undang. Sedangkan Desa Pedekik sendiri termasuk kedalam desa swasembada dan bukan desa adat.

Demikian pengklasifikasian desa, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan rujukan. ( evo )

Exit mobile version