Posisi Anda
Home > Berita desa > Peran Desa Dalam Membangun Perkotaan dan Sektor Kesehatan Di Indonesia

Peran Desa Dalam Membangun Perkotaan dan Sektor Kesehatan Di Indonesia

Peran Desa dalam membangun perkotaan

Top Info Desa – Peran Desa Dalam Membangun Perkotaan dan sektor kesehatan di Indonesia ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar.

Desa atau yang biasa dikenal dengan udik merupakan sebuah pemukiman yang berlokasi di daerah pedesaan atau rural. Istilah desa ini merujuk pada pembagian administratif wilayah yang berada di bawah kecamatan.

Desa dipimpin oleh seseorang yang disebut sebagai Kepala Desa yang mana di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dibantu oleh beberapa orang yang disebut perangkat desa.

Desa juga merujuk pada kumpulan unit pemukiman penduduk yang disebut dengan kampung. Desa memiliki peran penting yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya.

Lalu sebenarnya apa saja peran desa itu? Berikut ini akan kami berikan jawabannya tentang Peran Desa Dalam Membangun Perkotaan dan pembangunan di bidang kesehatan.

  1. Peran desa bagi kota

Desa merupakan unit pemukiman yang memiliki peran dan pengaruh terhadap kota. Berikut ini poin penting mengenai peranan desa bagi kota.

  • Sumber bahan mentah

Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan produk bahan-bahan mentah berasal dari desa. Hal ini karena mayoritas penduduk yang tinggal di desa memang pekerjaannya bertani maupun berkebun. Maka dari itu desa merupakan penghasil bahan makanan mentah utama yang kemudian dikirim untuk dikonsumsi masyarakat yang tinggal di kota.

  • Sebagai penghasil tenaga kerja

Peran desa yang kedua adalah sebagai penghasil tenaga kerja. Banyak orang yang berasal dari desa mengadu nasib ke kota agar supaya mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Kota merupakan lokasi dimana perusahaan, pabrik, maupun tempat usaha berdiri.

Baca Juga :   Mengenal Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)

peran desa penghasil tenaga kerja

Mereka membutuhkan banyak karyawan yang cenderung sulit jika hanya mendapatkan di kota. Maka dari itu, perlu masyarakat yang berasal dari desa untuk menjadi bagian dari pabrik atau tempat usaha tersebut.

  • Menawarkan keindahan alam

Lokasi di desa memang terkenal sejuk karena masih ditumbuhi pepohonan yang sampai sekarang masih tetap terjaga. Berbanding terbalik di kota yang penuh dengan bangunan tinggi sehingga mengakibatkan suhu di kota lebih panas dibandingkan di desa.

Para penduduk kota akan lebih memilih berkunjung ke desa untuk menenangkan pikirannya karena desa menawarkan berbagai macam keindahan alam. Bahkan semakin pelosok desa tersebut, maka keindahan alamnya semakin mengagumkan.

  • Sebagai rekan kerja untuk membangun kota

Banyak masyarakat yang berasal dari desa masih berada di usia yang produktif. Maka dari itu mereka berperan besar di dalam membantu membangun kota sehingga mereka memiliki peran yakni sebagai mitra kerja.

Tidak hanya punya pengaruh terhadap pembangunan wilayah perkotaan, desa juga menjadi faktor penting dalam menunjang pembangunan sektor kesehatan di Indonesia.

  1. Peran desa dalam konvergensi untuk mencegah stunting

Beberapa tahun yang lalu pemerintah sudah meluncurkan sebuah strategi untuk mempercepat penurunan stunting. Salah satu yang menjadi pilar dan berperan penting dalam penurunan percepatan tersebut adalah desa.

Cara yang dilakukan dimulai dari intervensi gizi sensitif dan juga gizi spesifik pada kurang lebih 1000 hari dari usia anak sejak masih berada di dalam kandungan sampai nanti sudah memasuki usia 23 bulan.

Baca Juga :   Seperti Apa Contoh Model Dan Ciri Desa Wisata Di Indonesia?

Agar layanan tersebut dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat desa, maka diperlukan adanya tenaga yang didapat dari masyarakat, terutama mereka yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan desa. Untuk itu, dibentuklah KPM atau Kader Pembangunan Manusia.

Orang-orang yang tergabung di dalam KPM merupakan orang yang rela mendedikasikan hidupnya demi pembangunan manusia yang ada di desa. Artinya, orang yang tidak memiliki kepedulian pada desanya tidak bisa menjadi anggota KPM. Tugas mereka adalah melakukan monitoring dan juga fasilitasi konvergensi di dalam penanganan masalah stunting.

peran desa dalam stunting

KPM juga mengajak masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya di dalam melakukan merumuskan perencanaan maupun melakukan kegiatan dan juga pemantauan. KPM juga mengajak masyarakat untuk saling berkoordinasi dengan para pelaku program dan juga lembaga terkait lainnya, yakni bidan desa, petugas gizi, guru PAUD, dan juga lembaga desa.

  1. Peran desa siaga di dalam kesehatan masyarakat

Desa siaga merupakan desa yang para penduduknya sudah memiliki kesiapan dalam sumber daya dan juga memiliki kemauan serta kemampuan untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkenaan dengan kesehatan, kegawatdaruratan, maupun bencana desa secara mandiri.

Desa siaga adalah cerminan dari masyarakat yang sadar karena mereka memiliki kemauan untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman kesehatan. Beberapa permasalahan tersebut seperti kekurangan gizi, penyakit yang memiliki potensi menimbulkan KLB, penyakit menular, kecelakaan, dan lain sebagaimana dengan cara memanfaatkan berbagai potensi yang bisa digunakan untuk pencegahan serta melakukannya secara gotong-royong.

Adapun tujuan dari dibentuknya desa siaga antara lain sebagai berikut:

  • Mempersiapkan masyarakat di dalam menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
  • Mendekatkan layanan kesehatan masyarakat agar mudah dijangkau oleh semua kalangan di desa.
  • Menjadikan masyarakat yang mandiri di dalam menerapkan dan mengembangkan perilaku bersih dan juga sehat.
Baca Juga :   Indikasi Korupsi Dana Desa Capai 5000 Keluhan Di Kemendes, Apakah Desa Anda Termasuk?

 

  1. Peran desa di dalam kampung KB

Apa peran desa di dalam mewujudkan kampung KB? Menjadikan kampung KB bukanlah hal yang mustahil. Untuk mewujudkannya tidak bisa dilakukan melalui berbagai kesepakatan atau komitmen hitam di atas putih, namun diperlukan adanya kesabaran, ketekunan, dan kebersamaan dan juga kerja keras agar kampung KB bisa terwujud, terlebih lagi jika tujuannya membangun masyarakat yang tinggal di daerah terpencil atau masyarakat pinggiran.

Dengan melalui pendekatan yang dilakukan persuasif dan mengedepankan kebersamaan, maka semua permasalahan bisa diatasi dan tujuan bisa dicapai. Hal ini karena membangun masyarakat desa, khususnya yang berada di pinggiran bukan hanya merupakan sebuah harapan, namun mengenai bagaimana memposisikan mereka dalam program KB.

Dengan adanya desa atau kampung KB, diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya KB di dalam mengontrol pertumbuhan penduduk. Dengan begitu, masalah ekonomi bisa teratasi sehingga pembangunan desa bisa berjalan dengan baik.

Demikianlah uraian singkat mengenai Peran Desa Dalam Membangun Perkotaan dan kesehatan masyarakat Indonesia.

Sehubungan dengan besarnya peran desa tersebut, pemerintah saat ini gencar membangun desa dengan menurunkan tenaga-tenaga ahli untuk mendampingi desa. Lantas Apa Saja Tugas Pokok Pendamping Desa dan Fungsinya? (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Inilah Peran Tokoh Agama Dalam Pembangunan Desa Info Desa - Peran tokoh agama dalam memajukan pembangunan di desa sangatlah di butuhkan. Bukan saja pembangunan bidang pembinaan kegamaan tetapi meliputi bidang pembangunan secara keseluruhan. Sebagai...
Dana Kelurahan Pusat Akan Disalurkan Tahun 2019, Berapa Jumlahnya? Top Info Desa – Dana kelurahan dari pemerintah pusat akan disalurkan ke daerah-daerah mulai tahun 2019 mendatang. Walaupun ini masih sebatas rencana, namun akan menjadi program yang sangat ditunggu ol...
Persyaratan membuat Surat Keterangan Riwayat Pemilikan Tanah ( SKRPT )... Berikut adalah Persyaratan membuat Surat Keterangan Riwayat Pemilikan Tanah ( SKRPT ) untuk tanah bekas garapan hutan ke Kantor Camat Bengkalis. Dasar hukum : Perda Kabupaten Bengkalis No. 31 Tahun...
Smart Village Desa Wisata Di Jawa Timur, Bagaimana Sistemnya? Top Info Desa – Smart village desa wisata merupakan sebuah sistem pengembangan pengelolaan potensi pariwisata secara cerdas dan modern. Di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang sistem smart villa...
Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Bengkalis - Pedekik.com, Persyaratan di bawah ini adalah syarat untuk membuat surat keterangan tidak mampu ( SKTM) ke kantor Camat Bengkalis (Dasar Hukum Perda Kab. Bengkalis No. 31 Tahun 2005) ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top