Posisi Anda
Home > Berita desa > Smart Village Desa Wisata Di Jawa Timur, Bagaimana Sistemnya?

Smart Village Desa Wisata Di Jawa Timur, Bagaimana Sistemnya?

Goa Pinus Malang

Top Info Desa – Smart village desa wisata merupakan sebuah sistem pengembangan pengelolaan potensi pariwisata secara cerdas dan modern.

Di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Malang sistem smart village ini mulai mendapat perhatian pemerintah. Hal ini menjadi suatu inovasi dalam dunia pariwisata Indonesia.

Kabupaten Malang menjadi pilihan tersendiri bagi para turis maupun wisatawan lokal. Banyak orang ingin berlibur ke daerah yang memang memiliki inovasi wisata tersebut.

Untuk terus menggali potensi wisata dan menarik minat para pengunjung, Kabupaten Malang mulai melangkah lebih maju dengan menerapkan sistem desa wisata smart village.

“Sudah ada 16 desa wisata yang menerapkan sistem smart village. Antara lain Ekowisata Boon Pring Andeman di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Malang Made Arya Wedhantara.

Pengembangan smart village desa wisata ini yaitu dengan memanfaatkan teknologi aplikasi dan internet.

Para calon turis akan mendapat kemudahan informasi dengan cara mengakses aplikasi smart village berbasis android. Mereka dengan mudah mendapatkan sumber informasi yang akurat dan cepat terkait objek wisata di Kabupaten itu.

Baca Juga :   Apa Saja Tugas Pokok Pendamping Desa dan Fungsinya?

Hal ini tentu saja harus didukung dengan optimalisasi jaringan internet di wilayah Malang itu sendiri. Bagaimana mungkin kalau sistemnya sudah canggih tapi fasilitas pendukungnya terkendala pada jaringan?

“Program ini sudah mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar dan Bapak Bupati,” tambah Made Arya Wedhantara.

Setelah terkoneksi, semua data dan informasi tentang dunia wisata di daerah yang berjuluk The Heart of East Java itu bisa langsung diakses wisatawan dengan mudah.

Profil objek wisata diberbagai desa yang ada di Malang akan tergambar dengan jelas dalam aplikasi itu. Termasuk daftar harga tiket masuk, penjualan dan pemesanan tiket, sarana dan prasarana, fasilitas dan hiburan serta info penginapan.

Baca Juga :   Begini Nasib Hasil Revisi PP 43 dan PP 47 tentang Siltap Perangkat Desa

“Informasinya lengkap dan jelas. Intinya desa wisata itu sendiri harus smart dan selalu update aplikasi tersebut,” lanjut Kadis Budpar Malang ini.

Menanggapi inovasi smart village ini, Kementerian Pariwisata langsung menetapkan Ekowisata Boon Pring Andeman sebagai salah satu pilot project percontohan desa wisata di Indonesia.

“Ini sudah komitmen kami untuk membangun smart village desa wisata di Kabupaten Malang yang berdaya saing. Kita memanfaatkan kemajuan teknologi yang mengarah pada digitalisasi. Kami akan terus lakukan sosialisasi dan promosi kepada pelaku wisata ” kata Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar, Oneng Setya Harini.

Menurutnya dengan sistem smart village wisata ini akan dapat menyentuh konsumen langsung secara personal. Misalnya prilaku wisatawan, psikografi, demografi dan lainnya.

Konsep desa smart village dibidang periwisata memang inovasi yang mulai berkembang. Namun Seperti Apa Contoh Model Dan Ciri Desa Wisata Di Indonesia? (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Pembukaan Turnamen Volley Ball IPD II Cup Pedekik Bengkalis Bengkalis - Hari Olah Raga Nasional yang jatuh tanggal 9 September beberapa waktu lalu tidak disia-siakan oleh pemuda-pemuda Desa Pedekik. Khususnya pemuda dusun II yang tergabung dalam IPD II ( Ikata...
Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah Desa Pedekik Bengkalis - Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada Acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tentang Sejarah Desa Pedekik, pada hari Sabtu 17 agustus 2013 kemaren, para pemenang lomba karya tulis telah ...
Gunakan Aplikasi Ruang Desa Untuk Mengatasi Permasalahan Desa Aplikasi Desa - Pedekik.com, Kemajuan teknologi benar-benar membawa manfaat yang positif bagi perkembangan desa-desa di indonesia. Hal ini terbukti dengan di luncurkannya aplikasi Ruang Desa oleh Keme...
Data Laporan Bulanan Desember 2013 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Desember Tahun 2013. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dal...
Contoh Format Surat SKTM dari RT RW dan Desa Info Desa, Pedekik.com - Pembuatan surat SKTM dari RT dan RW saat ini banyak di butuhkan oleh masyarakat. Hal ini karena banyak aturan yang mengharuskan memiliki surat keterangan tersebut dalam pengur...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top