Top Info

Teknologi Terbaru, Gedung Pencakar Langit Ternyata Bisa Dibangun Hanya Dengan Lem Perekat

Seorang arsitek bernama Greg Lynn berpendapat bahwa untuk masa yang akan datang gedung-gedung pencakar langit di dunia bisa di bangun hanya dengan menggunakan perekat atau lem. Bangunan – bangunan tinggi ini nantinya tidak lagi dibuat dengan material konvensional seperti biasanya.

Semen, Batu, mur, baut dan lain-lain kedepan sudah tidak efektif lagi. Dimana hal ini  bisa terjadi karena saat ini sudah ada gedung yang beberapa bagiannya dibangun dengan menggunakan material komposit.

Menurut Lynn, material komposit non-metalik seperti carbon fiber dan fiberglass kini makin ringan dan kuat daripada material tradisional. Material baru ini, diklaim oleh Lynn dapat direkatkan menggunakan lem dan digunakan untuk membangun jembatan dan gedung tinggi.

Salah satu contoh yang paling populer adalah eksterior dari San Fransisco Museum of Modern Art dan atap dari theater di Apple Campus 2 di Cupertino, keduanya dibangun menggunakan material komposit.

Namun, menggunakan material komposit hanyalah langkah pertama. Arsitek masih mencari cara bagaimana untuk secara aman menyatukan berbagai material tersebut dengan lem, agar tetap sesuai dengan desain awal. Masih banyak resiko dari lem yang harus diwaspadai, seperti bahannya yang mudah terbakar. Hal ini jadi sorotan karena mudah terbakarnya komponen dari lem, adalah salah satu penyebab terbakarnya sebuah hotel di Dubai.

Tujuan utama untuk saat ini adalah mengembangkan strategi yang aman dan efektif dalam menggunakan lem yang bisa diterapkan di arsitektur. Hal ini sangat diupayakan oleh para ilmuwan dan arsitek, karena menurut perkiraan, jika 30 persen dari berat gedung yang dipotong dari pembangunan bagian atas gedung yang diganti dengan material komposit, biaya pembangunan gedung akan lebih hemat 70 hingga 80 persen.

Exit mobile version