Posisi Anda
Home > Bengkalis > Warga Duri Keluhkan Biaya Proyek Trotoar Kabupaten Bengkalis 1,9 M

Warga Duri Keluhkan Biaya Proyek Trotoar Kabupaten Bengkalis 1,9 M

trotoar duri

Bengkalis – Pemkab Bengkalis melalui Dinas TKTRP telah membangun trotoar bagi pejalan kaki di Kota Duri Kecamatan Mandau. Namun salah seorang warga Duri mengeluhkan biaya pembangunan proyek trotoar yang telah menghabiskan dana hingga Rp 1,9 milyar dari APBD Kabupaten Bengkalis tersebut.

Menurut warga Balik Alam Duri, nilai proyek untuk pembangunan trotoar tersebut anggarannya terlalu besar dan tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Pria yang sehari-harinya sebagai pemborong bangunan ini menganggap terdapat pembrosan anggaran pada proyek trotoar tersebut.

“Hitungannya gini ya, kalau nilai proyek untuk 1,5 Km itu Rp 1,85 miliar, maka harga per meternya Rp 1 jutaan lebih. Sementara jika kita lihat kondisi bangunannya dilapangan, perkiraan anggarannya maksimal paling hanya Rp 500 ribu permeter. Inikan jelas tidak sesuai.” ujar Idris, warga Balik Alam yang selalu memborong ruko itu seperti dilansir Goriau.com.

Namun menurut Kabid Tata Kota Dinas TKTRP Kabupaten Bengkalis, Sugeng, proyek pembangunan trotoar yang di bangun menggunakan anggaran APBD Bengkalis 2015 tersebut sudah berjalan sesuai standar.

Baca Juga :   Puskesmas Bengkalis Sosialisasikan HIV Dan IMS Guna Tanggulangi Aids

“Anggaran proyek itukan bukan asal buat, ada konsultan perencananya untuk mengkalkulasi nilai anggaran setiap proyek. Jadi ada aturan menentukan nilai untuk setiap proyek, bukan asal letak harga saja,” terang Sugeng.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pihak Dinas Tata Kota, Tata Ruang dan Permukiman Bengkalis akan memantau kondisi bangunan yang sudah dikerjakan oleh kontraktor. Kalau masih ada yang kurang beres akan di beri peringatan untuk memperbaikinya. Karena proyek trotoar Kota Duri Bengkalis ini masih dalam masa perawatan pihak kontraktor yang tersisa sekitar dua bulan lagi.

Pembangunan proyek trotoar Kota Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis ini dipusatkan pada tiga titik. Yakni di Jalan Mawar, Simpang Jengkol dan ruas Jalan Sudirman. Berdasarkan keterangan Idris seperti di muat laman Goriau, agar lebih bermanfaat seharusnya lokasi proyek itu di tempatkan di Pasar Duri.

Dalam kenyataan sehari-harinya ruas trotoar yang berukuran lebih kurang 3 meter tersebut terasa tidak efektif. Karena lebih banyak dimanfaatkan oleh pedagang dan sebagiannya menjadi tempat kendaraan bermotor parkir.

Baca Juga :   2018 Semua Proyek Desa Gunakan Sistem Swakelola Dana Desa

Selain itu beberapa sisi bangunannya sudah ada yang rusak dan poerselennya ada yang pecah. Bahkan koralnya sebagian ada yang terlepas. Hingga diperkirakan umurnya tidak akan lama.

Terkait hal itu pihak SKPD Tata Kota sudah melakukan sosialisasi dengan pendekatan kepada masyarakat agar bisa memahami tujuan dibangunnya trotoar tersebut. Dan ini tidak hanya terjadi di Duri saja, melainkan di Bengkalis pun juga demikian.

Berbicara mengenai proyek Kabupaten Bengkalis Riau ini memang selalu menjadi perhatian. Baik itu bagi masyarakat, kontraktor, terlebih lagi bagi dinas terkait selaku satker.

Bagi masyarakat tentunya mengharapkan apa yang sudah dibangun benar-benar bermanfaat dan sesuai dengan standar kualitas proyek atau bistek. Sementara bagi pihak kontraktor mereka berharap bisa memenangkan lelang dan mendapatkan keuntungan dari pekerjaan karena anggarannya besar-besar. Sementara bagi pihak dinas, semua masyarakat tentu sudah maklum.

Lihat saja sebagaimana besarnya anggaran Proyek Dinas Pendidikan Bengkalis Tahun 2016 yang Mencapai 92 Milyar, Ini Daftarnya.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Bupati Bengkalis Berkurban Seekor Sapi Di Desa Pedekik Pada Hari Raya Idul Adha 1433 H, Warga masyarakat Desa Pedekik telah melaksanakan kurban sedikitnya 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang tersebar di beberapa mesjid dan musholla yang berada di lingkung...
Pemkab Bengkalis Segera Cairkan Dana Simpan Pinjam Usaha Ekonomi Desa Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMPD) berjanji dalam waktu dekat dana Usaha Ekonomi Desa Simpam Pinjam (UED SP) sudah kembali dapat dimanfaatlan oleh masyarakat. Saat ini hanya menunggu pro...
BAZNAS Bengkalis Salurkan 84 Juta Untuk Periode Desember 2018 BENGKALIS - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis bergerak cepat menjalankan tiga program unggulan di Desember 2018. Salah satu programnya adalah menyalurkan zakat yang dikumpulkan...
Dinas Pariwisata Bengkalis Usulkan Program Ke Pusat dan Provinsi Bengkalis - Dinas Pariwisata Bengkalis telah membuat usulan untuk diajukan ke Pemerintah Pusat dan Provinsi. Hal ini guna lebih berkembang nya kemajuan objek pariwisata di Kabupaten Bengkalis. Seba...
Tertib Acara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 68 Kabupaten Ben... Acara HUT Kemerdekaan RI Ke-68 Kabupaten Bengkalis  Waktu                                Acara 08.00 WIB  : - Persiapan- Pasukan dan petugas telah siap di tempat masing-masing ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top