Posisi Anda
Home > Berita desa > Contoh Format Surat SKTM dari RT RW dan Desa

Contoh Format Surat SKTM dari RT RW dan Desa

surat sktm

Info Desa, Pedekik.com – Pembuatan surat SKTM dari RT dan RW saat ini banyak di butuhkan oleh masyarakat. Hal ini karena banyak aturan yang mengharuskan memiliki surat keterangan tersebut dalam pengurusan berbagai macam keperluan.

Dalam menyusun contoh format surat SKTM yang dikeluarkan oleh RT dan RW serta SKTM Desa ini ada berbagai macam tata naskah yang digunakan. Mungkin hampir tiap desa di Indonesia pernah mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu ini kepada warganya.

Biasanya SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dibutuhkan saat mengurus persyaratan untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah ataupun pihak swasta. Seperti persyaratan untuk mendapatkan bantuan subsidi listrik, persyaratan bantuan BPJS Kesehatan, Rumah Layak Huni, Biaya pendidikan atau beasiswa dan lain-lain.

Selain SKTM dari Rukun Tetangga (RT) dan SKTM desa, terkadang ada juga Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan atau perusahaan. Karena intinya dalam surat tersebut adalah menerangkan bahwa orang yang bersangkutan termasuk kedalam golongan tidak mampu atau miskin.

Karena banyak lembaga yang bisa menerbitkan SKTM untuk keterangan miskin tersebut, sehingga model dan contoh formatnya pun menjadi beragam. Namun biasanya untuk lembaga pemerintahan seperti desa sudah memiliki tata naskah tersendiri sesuai aturan Perbup (Peraturan Bupati).

Kami yakin banyak yang sudah mengetahui cara meminta surat miskin ini ke RT atau desa setempat. Sebagaimana yang pernah kami tulis di web ini Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Namun mungkin untuk daerah lain berbeda prosedurnya.

Sedangkan persyaratan membuat SKTM yang diterbitkan oleh RT paling tidak anda cukup membawa Kartu Keluarga saja. Supaya pak RT atau pak RW mudah mengisi data yang harus di tuliskan pada surat miskin tersebut.

Nah jika anda ingin mengetahui bagaimana membuat contoh format surat SKTM dari RT atau desa silahkan download melalui halaman ini : Download Contoh Format SKTM dari RT dan RW.

Sekian saja semoga bermanfaat. Dan jangan lupa share artikel ini agar yang lain juga tidak repot-repot mengetik format SKTM yang dibutuhkan. terutama buat pak RT dan pak RW. Selamat !

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Tugas dan Fungsi Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Layanan - Pedekik.com, Pemerintahan desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa dan unsur lainnya merupakan satuan kerja yang langsung bersentuhan dengan kepentingan-kepentin...
Permendesa No. 19 Tahun 2017 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 20... Info Desa - Menghadapi Tahun Anggaran 2018 yang akan datang, para perangkat desa atau Kepala Desa tentu sudah mulai sibuk merencanakan tentang pembangunan yang akan di wujudkan di desa nya masing-masi...
Tips Mengurangi Dampak Banjir Dan Penanganannya Bengkalis - Pedekik.com, Saat musim penghujan begini kita harus selalu waspada terhadap banjir. Apalagi akhir-akhir ini hampir sebagian wilayah Indonesia mengalami banjir. Daerah yang biasanya tida...
Hasil Pemenang PILGUBRI 2013 Desa Pedekik Bengkalis - Pemilihan umum Gubernur Riau telah selesai dilaksanakan di Desa Pedekik. Lebih kurang jam 15.00 WIB semua TPS yang ada di Pedekik telah merampungkan penghitungan suara sementara. Dari 5 TP...
KH. Fatchurrahman Tahir Berikan Pencerahan Pada Acara Belo Kampung Ped... Bengkalis - Pedekik.com, Pemerintah Desa Pedekik beberapa hari lalu mengadakan acara Belo Kampung dihalaman MTS Nurul Jadid Pedekik pada hari Kamis lebih kurang pukul 9 pagi. Acara  belo kampung ta...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top