Posisi Anda
Home > Berita desa > Contoh Format Surat SKTM dari RT RW dan Desa

Contoh Format Surat SKTM dari RT RW dan Desa

surat sktm

Info Desa, Pedekik.com – Pembuatan surat SKTM dari RT dan RW saat ini banyak di butuhkan oleh masyarakat. Hal ini karena banyak aturan yang mengharuskan memiliki surat keterangan tersebut dalam pengurusan berbagai macam keperluan.

Dalam menyusun contoh format surat SKTM yang dikeluarkan oleh RT dan RW serta SKTM Desa ini ada berbagai macam tata naskah yang digunakan. Mungkin hampir tiap desa di Indonesia pernah mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu ini kepada warganya.

Biasanya SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dibutuhkan saat mengurus persyaratan untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah ataupun pihak swasta. Seperti persyaratan untuk mendapatkan bantuan subsidi listrik, persyaratan bantuan BPJS Kesehatan, Rumah Layak Huni, Biaya pendidikan atau beasiswa dan lain-lain.

Selain SKTM dari Rukun Tetangga (RT) dan SKTM desa, terkadang ada juga Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan atau perusahaan. Karena intinya dalam surat tersebut adalah menerangkan bahwa orang yang bersangkutan termasuk kedalam golongan tidak mampu atau miskin.

Karena banyak lembaga yang bisa menerbitkan SKTM untuk keterangan miskin tersebut, sehingga model dan contoh formatnya pun menjadi beragam. Namun biasanya untuk lembaga pemerintahan seperti desa sudah memiliki tata naskah tersendiri sesuai aturan Perbup (Peraturan Bupati).

Baca Juga :   Persyaratan membuat Surat Keterangan Riwayat Pemilikan Tanah ( SKRPT ) untuk tanah bekas garapan hutan

Kami yakin banyak yang sudah mengetahui cara meminta surat miskin ini ke RT atau desa setempat. Sebagaimana yang pernah kami tulis di web ini Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Namun mungkin untuk daerah lain berbeda prosedurnya.

Sedangkan persyaratan membuat SKTM yang diterbitkan oleh RT paling tidak anda cukup membawa Kartu Keluarga saja. Supaya pak RT atau pak RW mudah mengisi data yang harus di tuliskan pada surat miskin tersebut.

Nah jika anda ingin mengetahui bagaimana membuat contoh format surat SKTM dari RT atau desa silahkan download melalui halaman ini : Download Contoh Format SKTM dari RT dan RW.

Sekian saja semoga bermanfaat. Dan jangan lupa share artikel ini agar yang lain juga tidak repot-repot mengetik format SKTM yang dibutuhkan. terutama buat pak RT dan pak RW. Selamat !

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Syarat Dan Ketentuan Lomba Karya Tulis Sejarah Desa Pedekik Bengkalis PERSYARATAN LOMBA KARYA TULIS SEJARAH DESA PEDEKIK KECAMATAN BENGKALIS 1.Warga Negara Indonesia Khususnya Putra Putri Kelahiran Desa Pedekik yang berdomisili di Desa Pedekik berdasarkan Kartu Keluarg...
Turnamen Volley Ball Hari Olahraga Nasional Kades Cup 2013 Ketua IPDA Pedekik Bengkalis - Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional tanggal 9 September 2013, pemuda Desa Pedekik akan mengadakan Turnamen Volly Ball se- Desa Pedekik. Pertandingan Vol...
Malam Penutupan MTQ Ke 27 Tahun 2014 Dan Pengumuman Pemenang Sekaligus... Bengkalis - MTQ Ke 27 Desa Pedekik Tahun 2014 berakhir pada hari Jum'at malam Sabtu, 10 Januari 2014. Sebelum acara penutupan di mulai, di awali dengan perlombaan yang masih tersisa yaitu cabang Syar...
Jenis Permainan Rakyat HUT RI Ke 69 Desa Pedekik Bengkalis - Dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-69 Tahun 2014, seperti biasa Pemerintah desa Pedekik beserta masyarakat akan mengadakan beberapa permainan rakyat yang akan di adakan tep...
Sejarah Tanaman Karet Di Indonesia Tanaman Karet di temukan pertama kali di Benua Amerika. Pada saat Christopher Columbus menemukan Benua Amerika pada tahun 1476, ia melihat suku asli Amerika, Indian bermain bola dengan sesuatu yang bi...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top