Posisi Anda
Home > Teknologi > Awas Tertipu, 48 Juta Akun Twitter Ternyata Dijalankan program Otomatis

Awas Tertipu, 48 Juta Akun Twitter Ternyata Dijalankan program Otomatis

bot twitter

Teknologi, Pedekik.com – Ternyata 48 juta pemilik akun twitter itu bukan manusia yang online dan berinteraksi secara live. Melainkan sebuah aplikasi atau program khusus yang di kenal dengan istilah bot.

program inilah yang melakukan cuitan di twitter dengan cara retweet yang bisa di jadwalkan otomatis. Bahkan aplikasi ini bisa like status dan follow sendiri sesuai yang di programkan.

Secara tidak langsung fenomena ini menurunkan popularitas twitter di banding dengan jaringan media sosial lainnya. Bahkan menurut sebuah penelitian studi bot pengguna twitter ini mencapai 48 juta akun. Padahal perusahaan dengan icon burung itu dikabarkan sedang berusaha meningkatkan penggunanya.

Tim peneliti dari University of Southern California (USC) dan Indiana University yang bekerjasama melakukan studi tersebut menyimpulkan akun twitter yang dijalankan oleh program bot otomatis ini antara 9 – 15%. Lebih tinggi dari angka yang diklaim perusahaan twitter sendiri yakni 8,5%.

“Berdasarkan hasil studi kami, perkiraan populasi bot antara 9 hingga 15 persen,” kata tim peneliti itu.

Tim peneliti ini bekerja memakai framework pendeteksi bot yang mampu mendeteksi prilaku pengguna twitter berdasarkan lingkup pertemanan, konten dan sentimen tweet, serta interval tweet.

Baca Juga :   5 Cara Mencegah Banjir Secara Alami Di Desa Dan Kota Indonesia

Sementara itu masih menurut peneliti dari USC tersebut pengguna akun twitter yang aktif dalam setiap bulannya rata-rata sekitar 319 juta akun. Dan 48 juta akun di kendalikan menggunakan bot. Bisa jadi juga lebih besar dari jumlah itu karena kemungkinan ada bot yang lebih canggih sehingga tidak terdeteksi.

Dengan rumor ini, perwakilan twitter berpendapat bahwa bot itu bukan berarti negatif. Seperti bot yang otomatis update status tentang peringatan bencana alam. Dan ini diakui oleh peneliti dari dua universitas tersebut. Bot tentang berita juga bernilai positif.

Namun penggunaan bot untuk mengendalikan akun twitter lebih cenderung di manfaatkan kepada hal-hal negatif. Seperti black campaign, dukungan politik di media sosial dan lainnya. Coba saja baca Efek Negatif Facebook Menyita Banyak Waktu Ketimbang Bermasyarakat. (pdk)

Baca Juga :   Rumah Pesawat UFO Terapung Di Laut Italia

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Potensi Teknologi Kincir Angin Di Daerah Perdesaan Indonesia Info Tekno – Teknologi Kincir Angin dari Belanda juga memiliki potensi yang bagus untuk di terapkan di wilayah perdesaan Indonesia. Sejarah mencatat bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ...
Untuk Dapat Persetujuan Adsense Begini Lho Rambu-rambunya Top Info Bisnis – Persetujuan Adsense itu langkah wajib untuk dapat penghasilan dari Internet. Dan rambu-rambunya harus diikuti. Google adsense ini merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh Go...
Ingin Mengetahui Berita Hoax? Deteksi Menggunakan Facebook Facebook, Pedekik.com - Anda pasti sudah sering mendengar istilah berita hoax di internet. Tidak tahu persis dari mana istilah itu muncul. Namun saat ini berita hoax memang sudah kelewat batas. Bahkan...
Penemuan Teknologi Terbaru, Alat Penambal Ban Anak SMK Indonesia Teknologi - Penemuan bidang teknologi terbaru terus bermunculan seiring dengan perkembangan pemikiran manusia yang cenderung akan pola hidup yang praktis, simpel, cepat, mudah dan murah. Salah satu pe...
Begini Pelacakan Google Di Internet Sehingga Menguasai Dunia Teknologi - Pelacakan google di internet menjadikan perusahaan raksasa dunia maya ini hampir menguasai seluruh dunia. Bayangkan saja, 90% kegiatan online yang dilakukan oleh pengguna internet di jagad...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top