Posisi Anda
Home > Teknologi > Awas Tertipu, 48 Juta Akun Twitter Ternyata Dijalankan program Otomatis

Awas Tertipu, 48 Juta Akun Twitter Ternyata Dijalankan program Otomatis

bot twitter

Teknologi, Pedekik.com – Ternyata 48 juta pemilik akun twitter itu bukan manusia yang online dan berinteraksi secara live. Melainkan sebuah aplikasi atau program khusus yang di kenal dengan istilah bot.

program inilah yang melakukan cuitan di twitter dengan cara retweet yang bisa di jadwalkan otomatis. Bahkan aplikasi ini bisa like status dan follow sendiri sesuai yang di programkan.

Secara tidak langsung fenomena ini menurunkan popularitas twitter di banding dengan jaringan media sosial lainnya. Bahkan menurut sebuah penelitian studi bot pengguna twitter ini mencapai 48 juta akun. Padahal perusahaan dengan icon burung itu dikabarkan sedang berusaha meningkatkan penggunanya.

Tim peneliti dari University of Southern California (USC) dan Indiana University yang bekerjasama melakukan studi tersebut menyimpulkan akun twitter yang dijalankan oleh program bot otomatis ini antara 9 – 15%. Lebih tinggi dari angka yang diklaim perusahaan twitter sendiri yakni 8,5%.

“Berdasarkan hasil studi kami, perkiraan populasi bot antara 9 hingga 15 persen,” kata tim peneliti itu.

Tim peneliti ini bekerja memakai framework pendeteksi bot yang mampu mendeteksi prilaku pengguna twitter berdasarkan lingkup pertemanan, konten dan sentimen tweet, serta interval tweet.

Baca Juga :   Begini Ternyata Cara Hacker Meretas Laptop Anda

Sementara itu masih menurut peneliti dari USC tersebut pengguna akun twitter yang aktif dalam setiap bulannya rata-rata sekitar 319 juta akun. Dan 48 juta akun di kendalikan menggunakan bot. Bisa jadi juga lebih besar dari jumlah itu karena kemungkinan ada bot yang lebih canggih sehingga tidak terdeteksi.

Dengan rumor ini, perwakilan twitter berpendapat bahwa bot itu bukan berarti negatif. Seperti bot yang otomatis update status tentang peringatan bencana alam. Dan ini diakui oleh peneliti dari dua universitas tersebut. Bot tentang berita juga bernilai positif.

Namun penggunaan bot untuk mengendalikan akun twitter lebih cenderung di manfaatkan kepada hal-hal negatif. Seperti black campaign, dukungan politik di media sosial dan lainnya. Coba saja baca Efek Negatif Facebook Menyita Banyak Waktu Ketimbang Bermasyarakat. (pdk)

Baca Juga :   Kisah Unik dan Nyata, Isteri Manager Kesehatan ini tak bisa pakai Handphone

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Google Diboikot Perusahaan Ternama Gara-gara Konten ini Teknologi, Pedekik.com - Sejumlah perusahaan ternama melakukan pemboikotan terhadap google. Bahkan pemerintah Ingggeris juga ikut melakukan somasi tersebut. Hal ini tentu sedikit banyak menurunkan nam...
Ini Dia Aplikasi Kamera Android yang punya Fitur Sama dengan DLSR Teknologi, pedekik.com - Banyak sekali aplikasi kamera android yang saat ini tersedia sebagai pelengkap smartphone anda. Bahkan ada yang fiturnya menyamai kamera DLSR sekelas Nikon atau Canon. Bagi...
Berbagai Jenis Kulkas Sharp Yang Patut Dijadikan Pilihan Teknologi – Banyaknya jenis kulkas sharp yang ada dipasaran menjadikan produk asal Jepang ini patut untuk di lirik. Tidak hanya dari sisi pilihan serinya, tetapi dari kelebihan dan keunggulannya meman...
3 Template Website Desa Keren Dan Responsive Yang Perlu Anda Coba Tekno Desa – Mencari template website desa yang keren dan bagus itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena sebenarnya semua template web atau blog bisa digunakan. Dibilang susah karena keba...
Tips Wajib Untuk Mengoptimalkan Penghasilan Adsense Top Info Tekno – Untuk Mengoptimalkan penghasilan Adsense dari blog dan channel youtube, ada tips wajib yang harus diterapkan. Jika anda termasuk orang yang hobi online dan ingin memiliki web atau ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top