Posisi Anda
Home > Berita desa > Ini Peran Strategis PKK Di Pemerintahan Desa

Ini Peran Strategis PKK Di Pemerintahan Desa

kelompok PKK

Info Desa – Peran PKK di Pemerintahan Desa sangatlah strategis untuk kemajuan pembangunan dan bidang pemberdayaan. Bagaimanapun juga para perempuan di desa memegang peranan penting.

Kelompok PKK atau Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di pemerintahan desa tidak bisa dianggap enteng. seperti banyak kita ketahui bahwa jumlah perempuan saat ini lebih banyak di banding laki-laki. Sehingga mereka tidak bisa di tinggalkan begitu saja dalam segala bidang.

Menurut Menteri Desa Marwan Jaafar, peran Kelompok PKK di desa diantaranya adalah membina remaja-remaja putri dan Lansia. Selain itu juga bisa membangun PAUD serta taman-taman bacaan.

Remaja-remaja kita saat ini sudah banyak yang mengalami pergeseran nilai-nilai moral dan norma agama. Kita lihat saja berita-berita media terkini yang selalu menampilkan para remaja putri terlibat perkelahian antar sesama teman misalnya.

Ini satu contoh saja. Belum lagi akibat yang disebabkan oleh pengaruh dunia maya dan internet. Tentu fenomena seperti ini harus di waspadai dan di tangani sejak dari tingkat paling bawah.

Pembinaan terhadap remaja putri akan sangat efektif jika di mulai dari keluarga. Nah terkadang dari keluarga putri remaja itu sendiri banyak yang tidak peduli terhadap perkembangan dan pergaulan anaknya.

Disinilah peran PKK sangat dibutuhkan. Bukan hanya melalui pembinaan keagamaan, tetapi juga bisa lebih berkembang dengan mengadakan kegiatan-kegiatan untuk para remaja di tingkat desa.

Baca Juga :   Lomba Desa Kabupaten Bengkalis Akan Dimulai April 2018, Ini Yang Perlu Disiapkan

Baik itu dengan menghidupkan olahraga, kegiatan sosial, atau bahkan mengajak para wanita di desa untuk mengembangkan dirinya melalui motivasi bisnis misalnya.

Peran PKK di desa juga tidak hanya semata-mata mengurusi keluarga. Untuk pembangunan desa pun mereka punya kemampuan yang bisa kita andalkan. Dengan adanya wanita khususnya yang tergabung dalam kelompok PKK di desa, bagaimanapun juga akan berpengaruh terhadap kebijakan pengambilan keputusan.

Walaupun dalam tuntunannya para wanita ini bekerja sesuai dengan 10 Program Pokok PKK, namun sebenarnya mereka juga bisa digerakkan untuk peningkatan kualitas pembangunan desa.

Pemerintahan desa harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk kelompok perempuan. Karena hal itu penting dalam pembangunan desa.

“Kelompok PKK harus terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan desa terutama dalam perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes),” Jelas Menteri Desa Marwan Jaafar saat menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Pesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 44 se Kalimantan Timur beberapa hari lalu.

Berbicara soal perempuan dalam pembangunan juga harus kita perhatikan hak-hak mereka sebagai wanita. Akan lebih pas lagi jika mereka di libatkan dalam bidang kesehatan.

Sebagai akhir dari berita ringan ini berikut ada tips bagi wanita yaitu seputar kecantikan dan kesehatan kulit. Oleh karena itu silahkan Gunakan Tips Merawat Kulit Secara Alami Ini, Dijamin Anda Tetap Cantik.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Tim Satgas Dana Desa Kemendes Turun Ke Kabupaten Lakukan Monitoring Info Desa – Tim Satuan Tugas Dana Desa (Satgas DD) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mulai melaksanakan evaluasi dan monitoring ke Pemerintah Kabupaten atau Pemda....
40 Persen Dana Desa Boleh Digunakan Untuk Penanggulangan Bencana Info Desa, Jakarta - Dengan seringnya terjadi bencana alam di tanah air akhir-akhir ini, menjadikan perhatian bagi pemerintah khususnya Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi ...
Peran Wanita Dalam Membangun Desa, Begini Kata Camel Petir Info Desa – Peran wanita sangat menentukan dalam membangun desa. Bahkan menurut Camel Petir termasuk dalam aspek pertanian. Kemajuan desa juga sangat dipengaruhi oleh Peran Masyarakat Dalam Pembang...
Program Internet Desa Kementerian Komunikasi dan Informatika optimistis Program Desa Punya Internet dapat direalisasikan sepenuhnya pada 2011 meskipun target yang disampaikan kepada Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2015....
Pembagian Tupoksi Dan Kewenangan Dua Kementerian Terhadap Pemerintahan... Berita Desa - Pedekik.com, Setelah terjadi polemik dan kerancuan terhadap kewenangan pengurusan pemerintahan desa beberapa waktu lalu, akhirnya Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top