Posisi Anda
Home > Berita desa > Ini Peran Strategis PKK Di Pemerintahan Desa

Ini Peran Strategis PKK Di Pemerintahan Desa

kelompok PKK

Info Desa – Peran PKK di Pemerintahan Desa sangatlah strategis untuk kemajuan pembangunan dan bidang pemberdayaan. Bagaimanapun juga para perempuan di desa memegang peranan penting.

Kelompok PKK atau Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di pemerintahan desa tidak bisa dianggap enteng. seperti banyak kita ketahui bahwa jumlah perempuan saat ini lebih banyak di banding laki-laki. Sehingga mereka tidak bisa di tinggalkan begitu saja dalam segala bidang.

Menurut Menteri Desa Marwan Jaafar, peran Kelompok PKK di desa diantaranya adalah membina remaja-remaja putri dan Lansia. Selain itu juga bisa membangun PAUD serta taman-taman bacaan.

Remaja-remaja kita saat ini sudah banyak yang mengalami pergeseran nilai-nilai moral dan norma agama. Kita lihat saja berita-berita media terkini yang selalu menampilkan para remaja putri terlibat perkelahian antar sesama teman misalnya.

Ini satu contoh saja. Belum lagi akibat yang disebabkan oleh pengaruh dunia maya dan internet. Tentu fenomena seperti ini harus di waspadai dan di tangani sejak dari tingkat paling bawah.

Baca Juga :   Mengenal Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)

Pembinaan terhadap remaja putri akan sangat efektif jika di mulai dari keluarga. Nah terkadang dari keluarga putri remaja itu sendiri banyak yang tidak peduli terhadap perkembangan dan pergaulan anaknya.

Disinilah peran PKK sangat dibutuhkan. Bukan hanya melalui pembinaan keagamaan, tetapi juga bisa lebih berkembang dengan mengadakan kegiatan-kegiatan untuk para remaja di tingkat desa.

Baik itu dengan menghidupkan olahraga, kegiatan sosial, atau bahkan mengajak para wanita di desa untuk mengembangkan dirinya melalui motivasi bisnis misalnya.

Peran PKK di desa juga tidak hanya semata-mata mengurusi keluarga. Untuk pembangunan desa pun mereka punya kemampuan yang bisa kita andalkan. Dengan adanya wanita khususnya yang tergabung dalam kelompok PKK di desa, bagaimanapun juga akan berpengaruh terhadap kebijakan pengambilan keputusan.

Walaupun dalam tuntunannya para wanita ini bekerja sesuai dengan 10 Program Pokok PKK, namun sebenarnya mereka juga bisa digerakkan untuk peningkatan kualitas pembangunan desa.

Baca Juga :   Begini Modul Program Inovasi Desa Untuk Cegah Korupsi Dana Desa

Pemerintahan desa harus melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk kelompok perempuan. Karena hal itu penting dalam pembangunan desa.

“Kelompok PKK harus terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan desa terutama dalam perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes),” Jelas Menteri Desa Marwan Jaafar saat menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Pesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 44 se Kalimantan Timur beberapa hari lalu.

Berbicara soal perempuan dalam pembangunan juga harus kita perhatikan hak-hak mereka sebagai wanita. Akan lebih pas lagi jika mereka di libatkan dalam bidang kesehatan.

Sebagai akhir dari berita ringan ini berikut ada tips bagi wanita yaitu seputar kecantikan dan kesehatan kulit. Oleh karena itu silahkan Gunakan Tips Merawat Kulit Secara Alami Ini, Dijamin Anda Tetap Cantik.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kepala Desa Pedekik Ke-3 ABDUL AZIMKepala Desa Pedekik Ke-3Masa Bakti : 2001 - 2006     Profile Abdul Azim Nama Lengkap : Abdul Azim Tempat Lahir    : Pedekik Tanggal Lahir    : 10-10-1954 Ag...
Desa Digital, Inikah Konsep Smart Village Pertama Di Indonesia? Top Info Desa – Desa digital bisa jadi merupakan konsep Smart Village pertama yang ada di Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Bone Bulango, Gorontalo. Dengan semakin gencarnya perhatian pemerintah ter...
Motivasi Pemuda Desa Agar Aktif, Kreatif Dan Inovatif Untuk Membangun Info Desa – Motivasi Pemuda Desa perlu dibangkitkan dalam pembangunan agar desa cepat maju dan berkembang. Libatkan mereka, perankan mereka dan gerakkan mereka. Pembangunan desa bukan semata-mata m...
Permendagri No. 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Perangkat Desa Info Desa – Pemerintah telah mengeluarkan Permendagri No. 67 Tahun 2017 yang intinya adalah untuk mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa agar lebih tertib. Karena regulasi meng...
Peringatan Isra’ Mi’raj 1434 H Desa Pedekik Bengkalis Bengkalis - Hari Kamis 6 Juni 2013 warga Pedekik mengadakan acara peringatan Isra' Mi'raj 1434 H di Mesjid Sabilillah Pedekik Bengkalis. Acara dilaksanakan pada pagi hari dan dihadiri oleh ratusan war...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top