Posisi Anda
Home > Bisnis > Cara Jitu Mengelola Bisnis Lewat Media Sosial Agar Berhasil

Cara Jitu Mengelola Bisnis Lewat Media Sosial Agar Berhasil

Cara Mengelola Bisnis

Bisnis – Ada beberapa tips sukses cara mengelola bisnis lewat media sosial supaya usaha yang kita jalankan benar-benar membuahkan hasil. Walaupun kita sudah sangat akrab menulis status di media sosial, tidak berarti hal itu cocok jika kita terapkan untuk mempromosikan sebuah bisnis.

Untuk memposting status atau konten bisnis diperlukan trik tertentu guna menarik pembaca agar promosi yang kita terapkan mengenai sasaran. Kita sendiri kalau lagi buka facebook tidak semua status teman kita itu dibaca.

Biasanya kita membaca status yang kalimat awalnya menarik, atau sesuai dengan suasana hati kita, atau teman yang benar-benar akrab dalam kesehariannya. Jadi orang lainpun juga seperti itu. Mereka akan selektif dalam membaca konten-konten di media sosial.

Jadi tips mengelola bisnis melalui sosial media lebih kita tekankan ke dalam teknik penulisan kontennya. Namun begitu sebelum kita melangkah kepada tips sukses cara mengelola bisnis lewat media sosial, sebaiknya anda pertimbangkan hal-hal berikut ini ;

1. Bukan karena iri dengan Kompetitor

Keputusan menggunakan medsos untuk menjalankan bisnis diusahakan bukan karena kita ingin mengikuti jejak langkah pesaing atau kompetitor bisnis anda semata. Tetapi harus di dasarkan karena benar-benar kebutuhan guna menyesuaikan perkembangan saat ini.

Hanya karena pesaing anda selalu update status bisnis di medsos, lantas kita tertarik untuk mengikuti langkah mereka secara asal-asalan tanpa pertimbangan yang baik. Hal ini mungkin malah akan membuang energi anda.

Tidak jarang mereka salah dalam penggunaan media social untuk mengelola bisnisnya sehingga tidak tercapai tujuan yang ditargetkan. Bahkan terkadang malah mendapat kesan yang buruk dan membosankan.

2. Tentukan Jaringan Sosial Media yang pas untuk Bisnis Anda

Hari ini kita dijejali dengan berbagai macam platform social media di internet. Katakanlah itu seperti facebook, WhatsApp, Twitter, Telegram, CallInd dan sebagainya. Tetapi tidak semua jaringan social itu pas untuk karakter bisnis yang sedang kita rintis.

Langkah awal yang benar dalam mengelola bisnis di medsos antara lain Anda harus pilih dari sekian banyak media itu yang cocok untuk dijadikan sebagai alat promosi bisnis. Karena setiap saluran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebagai contoh, menulis status di twitter biasanya cuma dibatasi hanya beberapa karakter saja yang cukup pendek. Tidak sama jika anda posting status di Facebook yang bebas menulis sebanyak apapun.

Contoh lain adalah ketika kita menggunakan WhatsApp. Biasanya yang ada di WA itu adalah hanya orang-orang yang kenal dekat dengan kita. Dan kita seolah berbicara hanya dua mata (2 orang saja) dengan teman kita itu layaknya seperti SMS. Jadi perlu trik tersendiri juga mengirim pesan bisnis di WA tersebut.

Untuk itulah sebaiknya pilih salah satu saluran social media dulu, dan kelola dengan fokus agar kita bisa lebih berkosentrasi dalam mempromosikan bisnis kita lewat jaringan social.

Karena tidak jarang mereka memanfaatkan semua media sosial untuk tujuan promosi bisnisnya, tetapi justeru akhirnya tidak terolah karena tidak bisa fokus karena saking banyaknya harus update status.

3. Bedakan Status Konten Business To Consument (B2C) dan Business To Business (B2B)

Setelah anda punya pilihan medsos yang dianggap sesuai untuk berpromosi, langkah berikutnya mengelola bisnis di sosmed adalah cara menulis konten atau status yang benar dan berkualitas. Ini sangat penting diperhatikan.

Baca Juga :   Ini Trik Mendapatkan Tiket Murah untuk Mudik atau Liburan

Jangan sampai status anda justeru membuat calon pelanggan yang kita targetkan malah merasa terganggu dan tidak nyaman. Sehingga bukannya mereka merespon tawaran kita dengan positif, tetapi justeru malah lari atau memutuskan pertemanan dan berhenti jadi follower akun medsos bisnis anda.

Jadi kita harus bisa membedakan antara menulis konten yang ditujukan kepada seseorang dengan status yang sifatnya umum kepada semua calon pelanggan. Atau konten untuk mempromosikan salah satu produk dengan konten atau status yang hanya menginformasikan tentang keberadaan usaha anda.

Nah, setelah langkah awal 3 poin di atas kita siapkan, mari kita belajar tips bagaimana cara mengelola bisnis lewat media social yang sukses dengan trik-trik menulis konten bisnis di medsos berikut ini.

Tips Menulis Konten Bisnis

– Anda harus rajin update status. Kalau bisa lakukan setiap hari. Tetapi tidak boleh melulu status yang berisi promosi bisnis. Paling tidak cukup 3 kali saja status yang bercerita tentang bisnis anda.

– Buat status yang kreatif. Misalnya di awali dengan cerita lucu dulu baru kemudian menawarkan produk. Jadi kontennya campuran antara status cerita keseharian biasa dengan promosi bisnis.

– Atur waktu yang tepat untuk update status. Pilihlah menulis status ketika orang sedang ramai online. Biasanya antara jam 07.00 pagi sampai tengah hari dan jam 19.00 sampai 22.00 malam hari.

– Gunakan bahasa pasaran. Tulislah status pake bahasa keseharian, simple, dan tidak perlu formal seperti menulis artikel. Juga jangan terlalu panjang. Boleh juga posting status pake bahasa daerah masing-masing.

– Posting konten gambar. Gambar lebih menarik dan mudah di fahami. Gambar atau photo lucu biasanya banyak yang like. Jika anda menawarkan sebuah produk, buat foto selfie bareng produk tersebut.

– Pancing dengan pertanyaan. Sehingga teman anda terusik untuk menjawab atau membalas status anda. Dan selingi dengan promosi.

– Manfaatkan berita viral. Ini biasanya mudah di deteksi dari status-status yang sedang ramai dibicarakan orang di media social. Tentunya juga harus relevan dengan produk atau bisnis yang anda promosikan.

– Gunakan Tenaga ahli. Jika bisnis anda sudah besar dan bermodal, tidak ada salahnya untuk membayar tenaga yang ahli memposting status bisnis. Atau buat perjanjian kerjasama dengan mereka yang ahli promosi di media sosial untuk menjualkan produk anda.
Demikianlah beberapa tips cara mengelola bisnis melalui akun media social milik kita sendiri. Sebenarnya masih banyak trik-trik jitu lainnya menawarkan dan mengenalkan bisnis kita di jaringan medsos.

Disamping teknik penulisan status yang berkualitas dan menarik, tentu saja bisnis yang anda promosikan juga harus benar-benar memiliki produk yang mutunya terjamin dan layanan yang baik.

Karena salah satu efek negatif menjalankan bisnis di sosial media adalah jika pelanggan atau konsumen anda kecewa, mereka juga dengan mudah menceritakan keburukan dan kekurangan bisnis anda kepada masyarakat luas di dunia maya.

Oleh karena itu, jagalah kepercayaan pelanggan sebaik mungkin supaya bisnis kita bisa meningkat dan mampu bersaing secara kompetitif. Untuk itu perlu juga anda ketahui 7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Ide Budidaya Jamur Tiram Di Desa Sebagai Alternatif Jenis Usaha Bumdes Bisnis Desa – Budidaya Jamur Tiram bisa menjadi salah satu alternatif bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa untuk dijadikan sebagai jenis unit usaha Bumdesa. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha y...
Kuliner Gurih Roti Canai Bengkalis Terima Panggilan Pesta Bisnis, Bengkalis - Salah satu kuliner ‘Roti Canai Bengkalis’ bisa anda jadikan pilihan jika anda berkunjung ke kota Kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini. Kuliner Bengkalis yang gurih ini bisa...
Manfaat Media Sosial untuk Peningkatan Bisnis Bisnis – Manfaat media sosial untuk bisnis yang sedang kita jalankan akan membawa pengaruh signifikan bagi usaha kita ke depannya. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini masyarakat dunia tida...
Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati Bisnis, Pedekik.com - Ketika mulai membuka usaha, prinsip dasar bisnis tidak boleh anda tinggalkan. Karena itulah sejatinya modal bisnis anda. Yaitu prinsip atau sikap yang harus anda taati jika usaha...
Apa Sebab Ekonomi Tidak Meningkat ? Ternyata Karena Faktor Ini Bisnis - Setiap orang pasti mengharapkan punya penghasilan yang lebih, yang banyak dan mapan. Apalagi bagi yang sudah mempunyai tanggungan keluarga. Kebutuhannya semakin lama juga semakin tinggi. T...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top