Posisi Anda
Home > Bisnis > Tips Menjalankan Bisnis Laundry Dan Cara Naikkan Omsetnya

Tips Menjalankan Bisnis Laundry Dan Cara Naikkan Omsetnya

Tips Menjalankan Bisnis Laundry

Bisnis – Tips Menjalankan Bisnis Laundry sebenarnya cukup mudah, namun banyak persaingan nya. Karena laundry merupakan bisnis jasa, maka yang paling penting adalah pelayanan kepada pelanggan.

Buka laundry juga tidak terbatas kepada masyarakat yang tinggal di perkotaan, tetapi usaha ini juga sudah banyak merambah hingga ke daerah perdesaan. Bahkan usaha laundry ini bisa jadi Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Pedesaan.

Bisnis laundry memang menarik untuk dilirik, mengingat cukup banyak orang yang merasa ingin simpel saja atau bahkan tidak punya waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian.

Sehingga laundry bisa jadi pilihan terbaik. Namun jasa laundry memang dikatakan mudah tidak sulitpun tidak, hanya saja butuh trik yang inovatif untuk menjalankan bisnis laundry sehingga mampu mendongkrak omsetnya.

Untuk anda yang tertarik melakukan jasa laundry, ada beberapa tips dan cara membuka usaha laundry yang menarik untuk anda terapkan.

Tips menjalankan bisnis laundry yang perlu anda ingat selamanya adalah jaga kemudahan dan kenyamanan pelanggan anda.

Dengan begitu mereka tidak akan lari dan bahkan mempercayakan kebersihan pakaian keluarga kepada anda.

Sehingga jika ada uang lebih, mereka pun tidak segan-segan untuk menambahkan tips atas jasa anda dari tarif standard nya.

Jadi anda pun tidak usah ribet-ribet memikirkan bagaimana cara mau menaikkan omset dari usaha jasa laundry ini.

Apalagi khusus untuk yang membuka laundry dalam bentuk besar, misalnya di ruko-ruko dengan sasaran pelanggan menengah hingga ke atas, maka kualitas, kenyamanan, kecepatan layanan menjadi hal yang prioritas.

Berikut ini tips menjalankan bisnis laundry yang harus anda pahami untuk menghasilkan keuntungan yang optimal :

• Tempat Strategis

Pertama yang harus anda pilih yakni tempat yang strategis, anda tidak bisa memilih sembarang tempat untuk berbisnis laundry.

Berbeda dengan menjalankan usaha di bidang makanan, bisnis ini harus mudah ditemukan dan berada di tempat yang ramai orang.

Namun ramai disini dalam artian tempat tinggal atau hunian, bukan tempat ramai karena banyak orang berkumpul seperti tempat wisata.

Agar omset bisnis laundry juga mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa membukanya di sekitar perumahan besar, yang memang membutuhkan laundryan dengan area tempat jalur lewat (jalan raya besar).

Sehingga mudah ditemukan, atau di dekat kampus dan area kos-kosan dan apartemen. Pasti akan ada banyak peminatnya. Itulah tempat strategis untuk bisnis laundry.

• Pelajari Kualitasnya

Ketika anda ingin menjalankan bisnis laundry maka yang anda jual adalah jasa dan hasil produk, jika ingin menaikkan omset dan menyasar orang-orang besar maka anda harus bisa mempelajari dan memberikan kualitas dan hasil yang bagus.

Perlu anda ketahui bahwa untuk jenis pakaian sendiri ada banyak sekali, dengan beragam ketebalan dan juga kualitas bahan. Untuk itu cobalah pelajari teknis mencuci, menjemur hingga menyetrika yang betul sesuai kondisi kain atau bahannya.

Jika anda tidak mempelajari kualitas dari pakaian dan bagaimana cara mencuci, menyetrika berbagai pakaian pelanggan, maka kualitas anda akan menurun dan efeknya akan menerima banyak komplain.

Jangankan mau menaikkan omset, yang ada malah bisnis anda akan bermasalah. Untuk itu hindari komplain dan tingkatkan kualitas pencucian dan pelayanan.

Baca Juga :   Manfaat Media Sosial untuk Peningkatan Bisnis

• Siapkan Promo atau Diskon

Ketika anda berbisnis, promo ataupun diskon sudah menjadi makanan sehari-hari untuk bisa menarik pelanggan. Tips memberikan promo dalam suatu usaha juga perlu dilakukan dengan teknik yang benar agar tidak rugi.

Tips memberikan potongan harga juga dibutuhkan dalam menjalankan bisnis laundry tentunya demi kelangsungan bisnis dan kepercayaan konsumen.

Biasanya harga layanan yang murah bisa menarik banyak konsumen dengan mudah tanpa mengurangi kualitas.

Jika dikhawatirkan tidak menutupi modal anda, maka usahakan memberikan promo tidak terlalu banyak dan sering.

Selain itu, dengan adanya promo ini memang usaha anda tidak langsung meningkat pesat dan menguntungkan.

Tetapi trik ini lebih kepada menjadikan bisnis yang terarah dan juga perlahan berkembang. Selain itu anda juga bisa menggabungkan strategi ini dengan beberapa inovasi dari layanan lainnya.

Seperti free satu pakaian, atau mendapatkan kupon yang nantinya ketika dikumpulkan bisa mendapat free laundry 1 kg gratis atau apapun ide anda.

• Fleksibel dan Mudah

Tips dalam menjalankan bisnis laundry yang utama adalah kepuasan pelanggan. Rasa puas konsumen terhadap jasa anda ini bisa juga di terapkan dengan pelayanan yang fleksibel dan mudah.

Seringkali banyak pelanggan ingin laundry banyak pakaian namun merasa malas mengantar atau pakaian terlalu berat.

Nah, jasa antar jemput bisa jadi solusi baik untuk anda yang ingin menjemput rezeki untuk bisa semakin laku.

Biasanya trik ini sering dijalankan oleh banyak jasa laundry dan berhasil menaikkan omset serta menambah jumlah konsumen dalam waktu sekejap.

Anda bisa memberikan jasa antar jemput laundry dengan memberikan nomor ponsel yang bisa dihubungi kapan saja. JIka perlu buat gruf WhatsApps (WA) khusus untuk komunitas konsumen anda.

Untuk menghindari kerugian, manfaatkan area dan jangkauan di sekitar laundry. Misalnya hanya bisa antar jemput maksimum area 5 KM saja dari tempat laundry anda.

• Promosi yang Gencar

Apakah laundry perlu promosi juga ? Tentu saja perlu. Bagaimanapun caranya coba anda promosikan bisnis anda kepada orang-orang yang sekiranya akan menjadi target pelanggan anda.

Bisa dengan brosur plus nomor telepon yang tertera ataupun dengan memberikan plastik khusus berlabel nama laundry anda sebagai promo dan pengingat banyak pelanggan untuk kembali lagi menikmati jasa laundry anda.

Gruf WA, Instagram, Messenger merupakan cara yang tepat dan cepat untuk berkomunikasi dan bisa dimanfaatkan sebagai tips promosi dan memperkenalkan usaha laundry anda.

Itulah beberapa tips cara menjalankan bisnis laundry jika anda berminat membuka usaha jasa kebersihan pakaian dan keluarga ini.

Juga perlu anda ingat bahwa cara naikkan omset bisnis laundry ini salah satunya adalah dengan memperbanyak kenalan serta menjaga komunikasi yang baik dalam kehidupan sosial kepada masyarakat di sekitar anda.

Bahkan tips ini akan menciptakan sebuah peluang baru bidang bisnis lainnya karena banyaknya koneksi dan relasi anda yang sudah percaya dan sudah membuktikan komitmen anda dalam bekerja.

Bisa saja terbuka kesempatan untuk membuka bisnis catering misalnya, usaha warung makan, kue camilan keluarga dan jenis usaha makanan lainnya.

Tertarik Berbisnis Makanan ? Berikut Cara Menaikkan Omset Saat Ramadhan. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Apa Sebab Ekonomi Tidak Meningkat ? Ternyata Karena Faktor Ini Bisnis - Setiap orang pasti mengharapkan punya penghasilan yang lebih, yang banyak dan mapan. Apalagi bagi yang sudah mempunyai tanggungan keluarga. Kebutuhannya semakin lama juga semakin tinggi. T...
Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini Bisnis, Pedekik.com - Memiliki bisnis sendiri tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Mulai dari membuka usaha sendiri, menarik pelanggan, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan layanan dan lainn...
Kreatifitas Pengolahan Bonggol Pisang Jadi Peluang Bisnis Di Desa Bisnis Desa – Pengolahan Bonggol Pisang menjadi berbagai macam produk yang bisa mendatangkan uang masih terasa asing oleh sebagian masyarakat desa. Padahal pohon pisang sendiri paling banyak kita dapa...
Model Kaos Olahraga Terbaru, Desainnya Paling Keren Bisnis – Pertumbuhan bisnis di Indonesia tak pernah ada matinya. Walaupun perkembangan nya relatif naik turun mengikuti trend perkembangan ekonomi dunia. Para pelaku bisnis akan selalu berinovasi demi...
Peluang Usaha Bisnis Joybiz Bakal Heboh Tahun 2018, Daftar Sekarang ! Bisnis – Jika anda mencari jenis usaha yang diperkirakan akan booming pada tahun 2018, maka peluang bisnis joybiz adalah salah satunya. Oleh karena itu segera ambil kesempatan ini sekarang juga. Karen...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top