Posisi Anda
Home > Bisnis > Tips Mencari Modal Usaha Musiman Ramadhan Bagi Pemula

Tips Mencari Modal Usaha Musiman Ramadhan Bagi Pemula

Mencari modal usaha

Bisnis – Mencari modal usaha untuk berbisnis musiman ketika datang bulan Ramadhan sebenarnya bisa di dapatkan dengan mudah.

Namun anda harus memikirkannya sejak awal sebelum bulan suci ramadhan tersebut menjelang. 4 Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Pedesaan ini bisa juga menjadi pilihan nantinya.

Sebuah usaha bisa didirikan dan dikembangkan jika ada modal. Sedangkan ketika anda mengalami kekurangan modal maka usaha akan cenderung menurun penjualannya.

Bahkan bagi anda yang masih pemula terasa sulit untuk membuka usaha jika tidak di topang dengan modal awal. Apalagi bisnis ramdhan ini sifatnya dadakan.

Meskipun rencana bisnis yang akan kita rintis bisa menguntungkan, namun modal menjadi esensi yang paling penting dalam bidang usaha. Untuk itu, anda bisa bersyukur karena sekarang ini meminjam atau mencari modal cukup mudah.

Berikut ini tips mencari modal usaha ketika anda ingin membuka bisnis khusus pada bulan ramadhan.

1. Menabung

Cara pertama yang biasa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha khusus di bulan ramadhan adalah menabung. Terutama untuk anda yang terbiasa menjadi pedagang dadakan saat ramadhan tiba, maka anda sudah tahu bagaimana menyiapkan dana untuk bisa membuka usaha anda yakni dengan menabung.

Baca Juga :   Mengenal Sistem Bisnis Joybiz Indonesia yang bakal Booming

Menabung merupakan cara yang mudah yang bisa anda lakukan, terutama jarak antara ramadhan tahun ini dengan tahun depan adalah 11 bulan.

Anda memiliki waktu sepanjang bulan tersebut untuk bisa menabung dan mengumpulkan modal. Sedikit demi sedikit namun ada target dan strategi untuk mencapainya. Misalnya mau buka usaha dalam waktu satu tahun ke depan.

2. Kerjasama

Selanjutnya modal bisa didapatkan dengan kerjasama. Sebagian orang merasa bahwa bisnis mereka menjanjikan, sehingga bisa mendulang keuntungan tinggi, tetapi tidak punya modal.

Jika anda terhambat dengan modal mengapa tidak kerjasama saja ? sebagian orang percaya dengan kerjasama maka akan meringankan modal untuk usaha.

Ketika anda mengundang orang lain untuk menanamkan modal maka anda harus terbuka dan juga jujur.

Berapa banyak uang yang dilibatkan, bagaimana keuntungan yang didapatkan dan seperti apa sistem bagi hasil yang nantinya akan diterima jika untung dan rugi. Agar orang lain tidak merasa kapok bekerja dengan anda.

Baca Juga :   Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dengan Modal Minim, Bahkan Tanpa Modal

3. Crowlending

Zaman sekarang sudah sangat canggih dan luar biasa. Termasuk dalam mencari tambahan modal untuk usaha. Salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas crowlending.

Dimana teknologi ini khusus untuk anda yang ingin mencari modal usaha dengan cara pinjaman dana via situs internet yang khusus menyediakan layanan sejenis. Seperti halnya GandengTangan, Investree, dan Modalku.

Situs diatas merupakan tempat pinjaman yang banyak digunakan di Indonesia dan terpercaya. Disana anda harus mengajukan semacam proposal yang menerangkan seperti apa usaha yang akan anda jalankan dan jumlah atau total dari kebutuhan modalnya.

Nantinya, keterangan tersebut akan muncul sebagai bahan pertimbangan. Meskipun online tetap ada tahapan seleksi untuk menghindari kerugian dan penipuan.

4. Kredit Multiguna

Selanjutnya merupakan cara penambahan modal khusus untuk anda yang ingin membuka usaha saat ramadhan dengan kategori modal besar.

Biasanya cara umum ini cukup sering diambil oleh masyarakat Indonesia. Dengan kredit multiguna, yaitu peminjaman modal dengan cara kredit yang diakses dengan cara memberikan agunan alias jaminan.

Umumnya pihak yang memiliki program ini adalah bank dan lembaga keuangan lainnya, seperti koperasi. Dan perlu diingat kembali bahwa cara ini harus di pikirkan sejak awal.

Baca Juga :   4 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

Besarnya pinjaman biasanya tergantung pada nilai jaminan yang kita berikan. Untuk urusan peminjaman Kredit multiguna maka pembayarannya bisa saja besar, anda harus bisa mendirikan bisnis sesuai yang di planning dan menguntungkan. Mengingat multi guna biasanya memberikan pinjaman hingga ratusan juta.

5. Menjual Aset

Anda merasa bisnis anda bisa mendatangkan keuntungan besar, maka menjual asset bisa menjadi solusi cara mendapatkan modal selanjutnya meskipun sebenarnya tidak dianjurkan.

Jika kemungkinan kebutuhan modal besar maka harus ada asset yang anda jual untuk usaha, misalnya emas, kendaraan bermotor dan lainnya. Namun perlu anda ingat, jangan sekali-kali menjual asset hanya untuk bisnis kecil-kecilan.

Itulah 5 tips Mencari modal usaha yang bisa anda lakukan jika ingin berbisnis di bulan puasa. Jalan terbaik memang dengan tidak menambah beban hutang dan anda bisa mendapatkannya dari menabung.

Jika anda sudah mempunyai modal untuk berusaha, Coba 7 Peluang Bisnis Ramadhan Ini Pasti Dibutuhkan Konsumen. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan Bisnis – Cara mengelola bisnis yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan usaha yang sedang anda jalani. Untuk itu manajemen bisnis perlu anda pelajari sebelum anda terjun untuk merintis bisnis an...
5 Ide Bisnis Kuliner Di Desa Yang Menjanjikan Selama Ramadhan Bisnis Desa – Bisnis Kuliner Di Desa biasanya mulai menjamur selama Bulan Ramadhan seperti halnya yang banyak terjadi di kota. Coba saja anda amati di simpang-simpang jalan di desa atau di depan ru...
Cara Memanfaatkan Embung Desa Menjadi Peluang Usaha Bumdes Bisnis – Memanfaatkan Embung Desa menjadi peluang usaha bagi Bumdes merupakan satu inovasi baru yang mulai banyak dikembangkan. Sejak tahun kemarin Pemerintah sangat menganjurkan pembangunan embung...
Memulai Peluang Usaha Baju Seragam Sekolah Bagi Pemula Bisnis - Peluang Usaha Baju seragam sekolah sangat cocok dilakukan ketika musim Tahun Ajaran baru tiba setelah libur panjang sekolah. Berbicara tentang anak sekolah, pada bulan Juli biasanya dimula...
5 Cara Membentuk Tim Kerja Bisnis yang Solid dan Kompak Cara Membentuk Tim Kerja yang solid harus dipelajari oleh seorang Manajer atau pimpinan agar bisa menghasilkan sebuah produk bisnis yang baik dan berkualitas. Bagaimana cara membentuk tim kerja (T...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top