Posisi Anda
Home > Lifestyle > Efek Buruk Makanan Manis Saat Sahur Yang Perlu Anda Tahu

Efek Buruk Makanan Manis Saat Sahur Yang Perlu Anda Tahu

Efek Buruk Makanan Manis

Lifestyle – Efek Buruk Makanan Manis juga bisa terjadi ketika bulan puasa, khususnya saat makan sahur. Oleh karena itu sebaiknya dikurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula agar puasa kita tetap sehat.

Saat bangun tidur dan harus sahur seringkali mulut terasa asam dan keinginan untuk makan tidaklah sebesar ketika anda berbuka.

Namun sahur merupakan kewajiban untuk umat muslim yang ingin menjalankan ramadhan, sehingga mengonsumsi makanan ketika sahur membantu menambah energi atau tenaga untuk berpuasa seharian.

Sayangnya beberapa orang tidak perduli dengan apa yang mereka konsumsi saat sahur ataupun berbuka. Terutama orang-orang mengonsumsi makanan manis saat sahur yang dimana ada dampak yang akan dirasakan jika anda mengonsumsi makanan manis saat sahur.

Dalam artikel ini akan diulas mengenai apa saja Efek Buruk Makanan Manis yang akan dirasakan jika anda mengonsumsi secara berlebihan ketika sahur :

1. Teh Menguras Tubuh

Kebiasaan mengonsumsi teh dan kopi di pagi hari memang dilakukan oleh banyak orang di Indonesia. Sayangnya hal ini terbawa ketika mereka mengonsuminya saat sahur di bulan puasa.

Padahal mengonsumsi kedua minuman manis ini akan berdampak buruk untuk tubuh, bukan semakin kuat anda justru akan semakin lemas.

Teh dan kopi merupakan dua minuman manis yang sifatnya berkebalikan dari air putih. Dimana teh dan kopi menguras kandungan air dalam tubuh sehingga akan semakin dehidrasi atau merasakan tubuh yang kering. Ketika anda mengonsumsi teh saat sahur maka ketika berbuka anda harus mengonsumsi 3 gelas air putih.

Baca Juga :   Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan ini

2. Mulut Bau

Ketika anda mengonsumsi makanan manis, maka akan masuk gula dalam tubuh. Dimana gula ini memang memberikan energi yang luar biasa bagi tubuh ketika ramadhan.

Namun gula ini memperburuk kondisi gigi anda, dimana kuman akan semakin berbahagia tinggal di area gigi yang penuh makanan manis.

Selain itu mulut akan semakin bau setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Terutama untuk minuman yang manis seringkali mengandung pemanis yang biasa diminum saat sarapan, misalnya susu teh dan kopi yang bisa membuat mulut asam dan semakin bau.

3. Ketidakstabilan gula darah

Efek buruk makanan manis secara berlebihan di konsumsi ketika waktu sahur yang paling tidak baik untuk kesehatan adalah pengaruh yang terjadi terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Gula darah berperan penting dalam tubuh anda, dimana gula bisa membantu tubuh anda untuk tetap sadar dan bisa mengerjakan berbagai kegiatan.

Namun sayangnya ketika makan gula saat sahur maka gula darah akan meningkat tajam dan saat berpuasa gula darah menurun dengan ekstrim.

Keadaan ini membahayakan tubuh dan menyulitkan tubuh untuk bisa beradaptasi dengan baik. Kebutuhan akan glukosa dalam tubuh kita memang penting, namun kadarnya haruslah stabil.

Karena jika terlalu tinggi maka gula akan berbahaya untuk tubuh namun terlalu rendah juga bisa kehilangan kesadaran dan tidak sehat.

4. Cepat haus

Meskipun energi anda meningkat dengan baik karena kadar gula, sayangnya tubuh harus bekerja keras dalam memproses makanan manis atau minuman manis anda dalam tubuh.

Baca Juga :   Cara Mengatur Olahraga saat Puasa Agar Tetap Aman

Sehingga tubuh akan merasa cepat haus dan anda akan mudah kelelahan. Sebab akan dibutuhkan banyak air dalam mencernanya dan otomatis akan mengambil kadar air yang ada di dalam tubuh kita.

Untuk itu mengonsumsi makanan manis dan minuman manis bisa menambah tubuh anda semakin haus dan bukan bertahan puasa seharian. Jika anda masih memiliki serangkaian kegiatan yang melelahkan sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman manis saat sahur.

5. Mengantuk

Ternyata kebanyakan mengonsumsi kadar gula saat sahur akan membuat kita mudah mengantuk dan bawaannya mau tidur terus.

Memang benar bahwa ketika berpuasa, tidur pun akan menjadi pahala berlimpah bagi yang melakukannya. Namun bukan berarti anda terus menerus tidur kan ?

Justeru yang ada tubuh anda akan terasa lemas atau terasa lelah. Karena saat tidur, tubuh dengan otomatis mengelola metabolisme dan makanan menjadi energi sehingga ketika bangun anda akan terasa semakin lapar dan haus.

Sah-sah saja jika anda ingin mengonsumsi makanan yang manis dan juga enak ketika sahur, namun anda harus mengetahui takaran normal. Ataupun lebih aman mengonsumsi makanan manis yang alami layaknya madu atau kurma yang menambah stamina dan tentunya rasa pada makanan anda.

Itulah beberapa efek buruk makanan manis dan minuman manis yang kita konsumsi ketika saat-saat akhir di waktu sahur. Agar ibadah kita maksimal dan tubuh kita tetap sehat sebaiknya perbanyak konsumsi sir putih. Kenapa? Ini Manfaat Minum Air Putih Hangat Dimalam Bulan Ramadhan. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Shireen Sungkar Diserang Fans Ayu Ting Ting, Begini ceritanya Lifestyle - Shireen Sungkar beberapa waktu lalu telah diserang oleh fans berat Ayu Ting Ting. Dia juga heran kok bisa terkait masalah polemik Ayu Ting Ting. Shireen menceritakan kisahnya saat diwaw...
Lowongan Kerja Jadi Admin Facebook, Gaji 79 Juta Per Bulan. Segera ! Lifestyle - Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Saat ini sedang dibuka lowongan kerja untuk menjadi admin atau pengelola akun facebook dengan penghasilan yang sangat fan...
Begini Cara Mengecek Keaslian ijazah dan Terdaftar di Kemenristekdikti Lifestyle, Pedekik.com - Mengecek keaslian ijazah sangat penting dilakukan karena banyak pemalsuan ijazah terjadi. Baik itu oleh perusahaan yang akan menerima karyawan, pendaftaran calon pimpinan atau...
Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan i... Lifestyle – Kolesterol dan gula darah naik bisa terjadi saat lebaran jika anda tidak berhati-hati mengonsumsi makanan khas hari raya. Lebaran merupakan momen yang dinanti umat muslim setelah 30 har...
Contoh Pengolahan Limbah Desa Yang Bernilai Ekonomis Lifestyle – Mulai saat ini Pengolahan limbah desa perlu menjadi perhatian bagi masyarakat desa dan pemerintahannya. Karena permasalahan limbah bukan lagi terjadi di kota-kota besar yang padat penduduk...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top