Posisi Anda
Home > Lifestyle > Daftar Release Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun Ini

Daftar Release Terbaru 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun Ini

orang terkaya indonesia

Top Info Lifestyle – Orang terkaya Indonesia tak kalah tajirnya dengan para milyarder kelas dunia. Siapa saja mereka? Ini daftar releas terbarunya.

Menjadi orang terkaya sepertinya bukanlah suatu cita-cita? Tapi memang sudah Tuhan beri kelebihan rezeki kepada mereka.

Kalau anda ditanya apakah ada niat atau keinginan untuk menjadi orang paling kaya dan sukses di Indonesia? Mungkin anda akan menjawab Tidak.

Karena mungkin yang tergambar dalam pikiran kita ketika ditanya seperti itu, kita berfikir bagaimana caranya bisa dapat duit yang banyaknya ratusan triliun? Tidak mungkin saya bisa punya duit segudang dengan kondisi sekarang? Dan alasan lainnya.

Tapi kalau pertanyaannya, maukah anda jika ditakdirkan jadi orang terkaya se Indonesia? Pasti semua menjawab mau. Karena kalau sudah takdir Tuhan, tidak ada yang tidak mungkin.

Begitu kira-kira….he..he..he.. Tapi ada lho Anak-Anak Terkaya Dunia, Usia 8 Tahun Punya Kekayaan Lebih 300 Milyar.

Negara kita merupakan Negara yang kaya dengan sumber daya alam. Jadi sangat mungkin jika ada warga Indonesia yang memiliki harta hingga ratusan triliun atau bahkan ribuan triliun.

Menurut beberapa pendapat, yang namanya Milyarder atau orang kaya itu ya orang yang mempunyai harta kekayaan paling sedikit 1 milyar dolar AS. Kalau sekarang ini kira-kira 14 Triliun dengan kurs US $1 = Rp. 14.000.

Nah, melihat standar atau patokan jadi orang kaya itu kisaran 14 triliun keatas, mungkin warga Negara Indonesia banyak yang punya kekayaan sebanyak itu.

Tapi diantara mereka siapa kira-kira yang paling banyak?

Nah baru-baru ini daftar orang terkaya Indonesia telah di release oleh salah satu media Internasional BBC.com yang kemudian dilansir Tribunjabar.id edisi online Kamis (21/02/2019).

Kabarnya data urutan orang terkaya di Indonesia untuk tahun ini muncul sekitar bulan Desember Tahun 2018 lalu.

Nah, siapa saja yang masuk dalam nominasi Daftar 10 Orang Terkaya Indonesia Tahun Ini? Berikut urutannya :

1. Robert Budi dan Michael Hartono

Diurutan pertama orang paling kaya Indonesia adalah Robert Budi dan Michael Hartono dengan total kekayaan yang dimiliki yaitu US $35 Milyar.

Waduh… kalikan sendiri aja ya berapa kekayaan yang dimiliki Robert Budi Hartono ini. Mungkin 500 Triliun lebih. Jangan dibayangin seberapa banyaknya duit segitu, he..he…

Robert Budi Hartono memiliki nama Tionghoa Oei Hwie Tjhong. Ia lahir di Semarang pada 28 April 1940.

Robert adalah anak kedua pewaris perusahaan Djarum yang bernama Oei Wie Gwan.

Robert bersama kakaknya, Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang menjadi orang terkaya Indonesia saat ini dan pernah urutan ke-146 di dunia pada tahun 2012.

Mereka tidak hanya menguasai pabrik rokok Djarum. Tetapi juga pemilik saham terbesar di Bank Central Asia (BCA).

Juga pemilik lahan sawit seluas 65.000 Ha di Kalimantan Barat mulai tahun 2008 lalu.

Kerajaan bisnis lainnya adalah bidang elektronik dengan bendera Polytron, star up marketplace blibli.com dan juga situs forum Kaskus dan juga bisnis property dibawah bendera Grand Indonesia.

2. Susilo Wonowidjojo

Diurutan kedua ada Susilo Wonowidjojo. Total kekayaannya saat ini mencapai US$9,2 miliar atau setara Rp133 triliun.

Kekayaan yang dimilikinya merupakan warisan dari usaha ayahnya yang bernama Surya Wonowidjojo. Surya W meninggal pada tahun 1985 dan mewariskan perusahaan pabrik rokok PT. Gudang Garam.

Ditangan Susilo Wonowidjojo yang lahir pada 18 November 1956 ini, PT. Gudang Garam semakin melejit dengan berbagai inovasi yang dilakukannya.

Siapa yang tak kenal Gudang Garam. Karena perusahaan rokok ini sudah berdiri sejak tahun 1958 yang awalnya bernama Inghwie.

Baca Juga :   6 Manfaat Belajar Bahasa Inggeris Bagi Masyarakat Indonesia

Saat ini PT. Gudang Garam masih tetap eksis sebagai produsen rokok terbesar Indonesia yang bersaing dengan PT. Djarum.

3. Eka Tjipta Widjaja

Orang ketiga yang masuk dalam nominasi Konglomerat terkaya di Indonesia ini memiliki harta kekayaan sekitar Rp 124 triliun. Atau setara dengan US$ 8,6 miliar.

Namun untuk tahun ini kekayaan Eka Tjipta Widjaja dikabarkan mengalami penurunan sebesar 500 juta dolar dibanding tahun sebelumnya. Sehingga pria yang kini berusia 95 tahun itu harus puas di peringkat ketiga.

Sumber utama pemasukan Eka Tjipta Widjaja banyak berasal dari grup perusahaan Sinar Mas yang dimilikinya.

Sinar Mas grup banyak bergerak dibidang industri kertas, agrobisnis, perusahaan telekomunikasi, property seperti real estate dan jasa layanan finansial.

4. Sri Prakash Lohia

Pria asal India ini berada di peringkat keempat dalam release terbaru Milyarder paling tajir se nusantara tahun ini.

Harta bendanya saat ini mencapai angka 7,5 Milyar dolar US. Kalo dihitung pake duit Indonesia sekitar Rp 108 triliun.

Menurut catatan Wikipedia, Lohia lahir dan besar di Kolkata India pada 11 Agustus 1952. Ia baru pindah ke Indonesia tahun 1973 setelah tamat dari Univesity of Delhi pada tahun 1971 dengan gelar Bachelor of Commerce.

Warga Negara keturunan ini meraih untung dari perusahaannya yang bergerak dibidang petrokimia dan tekstil dengan brand Indorama Corporation.

Walaupun Perusahaan Indorama berdomisili di Indonesia, namun kantor pusatnya berada di Singapura. Sementara Sri Prakash Lohia sendiri tinggal di London Inggeris.

Pada tahun 2006, Pria berumur 67 tahun ini melakukan akuisisi sebuah pabrik Olefin di Nigeria. Kabarnya sekarang menjadi perusahaan petrokimia terbesar kedua di benua Afrika sebagai produsen olefin.

Lohia memang sudah lama menjadi orang terkaya di Indonesia. Tahun 2013 posisinya berada di peringkat ke-6 milyarder tajir se Indonesia versi majalah Forbes.

Wajar saja jika Prakash Lohia saat ini dinobatkan pada peringkat ke-4 orang terkaya Indonesia tahun ini.

urutan orang kaya indonesia
Sri Prakash Lohia

5. Anthony Salim

Kekayaan Anthony Salim bersumber dari perusahaan-perusahaan milik Salim grup yang bergerak di bisnis investasi di Hongkong, bisnis perdagangan di China dan produsen makanan seperti Indofood.

Dengan menguasai lebih 50% saham Indofood, kekayaan Anthony Salim tahun ini menyentuh angka US $5,3 Milyar. Sebanding dengan 76,9 triliun jika dirupiahkan.

Namun begitu, orang nomor 5 terkaya di Indonesia ini dikabarkan asetnya mengalami penurunan hingga 1,6 Milyar dolar US.

6. Tahir

Nangkring pada urutan nomor 6 penduduk Indonesia paling kaya yaitu Tahir. Total harta kekayaannya mencapai 65 triliun rupiah (US $4,5 Milyar).

Pria yang kini berusia 66 tahun itu memiliki usaha dengan brand Mayapada Group dan Tahir Foundation yang bergerak dalam bisnis rumah sakit, perbankan dan property.

Dia juga memegang sebagian hak lisensi Forbes Indonesia yang mengeluarkan release daftar orang terkaya ini.

7. Chairul Tanjung

Diposisi ketujuh daftar orang terkaya di Indonesia tahun ini jatuh ditangan Chairul Tanjung.

Siapa yang tak kenal namanya. Karena selain sebagai konglomerat Chairul Tanjung juga beberapa kali menjadi pejabat publik.

Berikut profile singkat Chairul Tanjung yang kami kutip dari Wikipedia :

Nama Lengkap           : Chairul Tanjung, MBA

Tempat Tgl Lahir        : Jakarta, 16 Juni 1962

Alamat                        : Jl. Teuku Umar no. 50 Menteng, Jakarta Pusat

Isteri                            : Anita Ratnasari Tanjung

Baca Juga :   Inilah Manfaat Minum Air Putih Hangat Dimalam Bulan Ramadhan

Anak                            : Putri Indahsari Tanjung, Rahmat Dwiputra Tanjung

Orang Tua                   : Abdul Ghafar Tanjung dan Halimah

Pengusaha yang pernah menjadi Menteri Perekonomian di masa SBY ini, memulai karir bisnisnya sejak duduk dibangku kuliah.

Ia mulai belajar bisnis dengan berjualan kaos, buku kuliah stensilan dan fotocopy di kampus.

Setamat kuliah Chairul muda mencoba peruntungan nasibnya dengan mendirikan PT. Pariarti Shindutama dengan meminjam modal dari Bank Exim bersama temannya.

Jiwa bisnisnya terus membuahkan hasil hingga hari ini dengan total kekayaan US$3,5 miliar atau setara Rp 50,8 triliun.

Perusahaan dan bisnis yang mengantarkannya menjadi orang kaya seperti sekarang ini antara lain : Bank Mega, Trans Corp, CT Global Resources, Bandung Mall dan lain-lain.

8. Boenjamin Setiawan dan keluarga

Nominasi peringkat ke- 8 Orang terkaya Indonesia tahun ini ditempati oleh keluarga Boenjamin Setiawan.

Perusahaan farmasi Kalbe Farma yang dibangunnya sejak tahun 1966 masih tetap eksis sampai sekarang.

Awalnya Kalbe Farma hanya bertempat di garasi rumahnya. Kini menjadi salah satu produsen farmasi terbesar di Indonesia.

Bahkan Dr. Boen (85 tahun) dan keluarganya kini membangun jaringan rumah sakit Mitra Keluarga yang juga menjadi sumber kekayaannya hingga mencapai US$3,2 miliar (Rp 46,4 triliun)

9. Jogi Hendra Atmaja

Total asetnya tahun ini berjumlah US$3,1 miliar atau sebanding dengan Rp 45 triliun.

Pria yang kini berusia 72 tahun itu harus puas di posisi ke- 9 nominasi konglomerat tanah air dengan sumber penghasilan terbesarnya dari Grup perusahaan Mayora.

Produk-produk makanan merek Mayora seperti kopi, permen, biskuit dan lainnya sudah merambah ke 90 negara di jagat raya dengan berhasil merekrut karyawan hingga 30.000 pekerja.

10. Prajogo Pangestu

Terakhir sebagai orang terkaya Indonesia urutan kesepuluh adalah Prajogo Pangestu. Ia lahir di Sambas Kalimantan Barat setahun sebelum Kemerdekaan, tepatnya tahun 1944.

Perjalanan karirnya tidak selamanya mulus. Pernah merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib namun kurang beruntung. Akhirnya balik kampung dan menjadi seorang sopir angkot.

Saat itulah ia bertemu pengusaha kayu Bong Sun On asal negeri jiran Malaysia. Pertemuan ini membawa berkah yang tak disangka.

Prajogo diajak bergabung dengan perusahaan Djajanti Group milik Bong Sun On alias Burhan Uray dari Malaysia ini sekitar tahun 1969.

Tujuh tahun bekerja, Prajogo diberi kepercayaan menjabat sebagai General Manager di pabrik Plywood Nusantara Gresik.

Setahun kemudian, berkat pengalaman bisnisnya Ia memutuskan untuk mandiri dengan membeli CV Pacific Lumber Coy yang sedang rugi.

Dengan kepiawaiannya Pacific Lumber berhasil mengatasi masalah keuangan dan sukses meningkatkan pendapatan hingga bekerjasama dengan keluarga Soeharto di masa orde baru.

Akhirnya Ia merubah Pacific Lumber Coy menjadi perusahaan ternama dengan brand PT. Barito Facific Indonesia yang bergerak dibisnis perkayuan, property dan minyak sawit mentah.

Tidak hanya itu, Prajogo pun mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan Chandra Asri untuk usaha keuangan seperti perbankan.

Dari hasil usahanya tersebut, Prajogo Pangestu (75 tahun) berhasil mengantongi kekayaan hingga Rp 43,5 triliun (US$3 miliar) dan menduduki posisi ke- 10 konglomerat Indonesia.

Itulah info terbaru daftar orang terkaya Indonesia tahun ini. Bagaimana rasanya menjadi milyarder yang bergelimang harta benda? Seperti pria yang punya Rumah Pribadi Termewah Dunia, Dijual Seharga Rp 5,6 Triliun, Mau Beli ? (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Inilah Anak-anak Terkaya Dunia, Usia 8 Tahun Punya Kekayaan Lebih 300 ... Lifestyle – Jika orang dewasa menjadi milyarder tentu kita sudah tidak heran lagi. Namun kalau usia anak-anak sudah menjadi orang terkaya, gimana ya rasanya? Penasaran siapa mereka? Inilah anak-anak t...
Lowongan Kerja Jadi Admin Facebook, Gaji 79 Juta Per Bulan. Segera ! Lifestyle - Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Saat ini sedang dibuka lowongan kerja untuk menjadi admin atau pengelola akun facebook dengan penghasilan yang sangat fan...
Apa Saja Jenis Makanan Berbahaya Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan... Lifestyle – Beberapa Jenis Makanan Berbahaya bagi tubuh anda jika tidak hati-hati dalam mengatur pola makan sehingga menjadi berlebihan. Berikut ini beberapa macam makanan yang justeru akan membaha...
Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa Lifestyle - Apa yang anda pikirkan mengenai puasa dan gaya hidup ? Keduanya memiliki relasi yang sangat erat. Ketika anda berpuasa selama 12 jam, apalagi jika anda sedang tinggal di luar negeri dan...
Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan i... Lifestyle – Kolesterol dan gula darah naik bisa terjadi saat lebaran jika anda tidak berhati-hati mengonsumsi makanan khas hari raya. Lebaran merupakan momen yang dinanti umat muslim setelah 30 har...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top